Abstract


Kemajuan teknologi akses untuk membuka game menjadi lebih mudah terutama game mobile, dengan adanya game mobile akses game lebih mudah dan menyebabkan kebanyakan anak-anak sering berkata-kata kasar seperti saat mereka bermain game. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu menganalisis bagaimana pengaruh positif dan negatif dari game mobile untuk kepribadian sosial di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada 20 responden, dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner dan wawancara, dengan instrumen penelitian menggunakan handphone sebagai dokumentasi dan merekam. Pada Teknik analisis data menggunakan rubik penilaian akan dihitung rata-rata dari setiap indikator sebagai satu angka yang mewakili keseluruhan data set. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh baik dari bermain game mobile kepada kepribadian sosial meliputi beberapa hal yaitu : kerja sama/teamwork dan rasa belas kasihan (simpati). Pengaruh negatif dari game mobile kepada kepribadian sosial yaitu Mengumpat, pembangkang, berkelahi, dan juga mengganggu peserta didik lain. Dampak negatif lebih dominan jika dibandingkan dampak positif. Dengan adanya penelitian pembaca dapat mengetahui dampak baik dan buruk dari game mobile.


Keywords


anak usia dini; game mobile; kepribadian sosial