Abstract


Proses pembelajaran pada anak harus menyenangkan, tidak membosankan dan anak bebas berekspresi untuk meningkatkan kreativitas serta kemampuan dalam penyelesaian masalah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan merdeka belajar, pemanfaatan media loose part pada anak usia dini. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan observasi langsung pada anak dan guru, kemudian melakukan wawancara secara terstruktur kepada guru pengajar. Hasil penelitian ini, masing-masing anak didik mampu berkreasi dan menghasilkan karya yang beragam dari bahan-bahan yang telah tersedia di lingkungan mereka, dengan pendampingan dari guru pengajar. selama observasi, anak terlihat bahagia serta aktif bergerak dan bertanya selama pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan merdeka belajar dengan media pembelajaran berbahan loose part dapat membuat anak merasa senang dan tidak bosan, sehingga meningkatkan kreativitas dan membuat anak bebas berekspresi serta dapat memicu untuk menyelesaikan permasalahan. Saran dari peneliti untuk mengoptimalkan kemerdekaan belajar pada anak usia dini yaitu penggunaan bahan-bahan loose part yang bervariasi, partipasi guru dalam membangun komunikasi, kebebasan 


Keywords


anak usia dini; media loose part; merdeka belajar