Abstract


Menstimulasi Pendidikan karakter bagi anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran salah satunya adalah menggunakan project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan project based learning dapat meningkatkan  nilai-nilai Pendidikan karakter pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra-pendahuluan, tahap lapangan, dan  tahap pengolahan data. Pengambilan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap pengolahan data yaitu reduksi data, display data, analisis data, deskripsi hasil penelitian, dan penyimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Khoir Surakarta dikarenakan TK tersebut merupakan salah satu sekolah penggerak di Surakarta dan telah melaksanakan Kurikulum Merdeka yang kegiatan pembelajarannya berbasis metode proyek serta memiliki kurikulum karakter. Subjek penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa project based learning yang dilaksanakan di TK Al Khoir Surakarta melalui kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat meningkatkan nilai Pendidikan karakter pada siswa antara lain pada nilai toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, dan tanggungjawab. Oleh karena itu Lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Dini perlu memperbanyak kegiatan pembelajaran yang menggunakan Project Based Learning.


Keywords


pembelajaran berbasis proyek; pendidikan karakter; anak usia dini