Abstract


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis terhadap permasalahan di Pendidikan Anak Usia Dini yaitu terkait kemampuan pada motorik kasar anak yang kurang optimal dalam keterampilan aktivitas fisik motorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi efektivitas media pembelajaran melalui berbagai jenis permainan dengan menggunakan karet gelang yang dinamakan Kinds of Rubber Rope Games (Kiorroga). Dalam perkembangan motorik kasar pada anak terdapat keterampilan yang meliputi aktivitas otot besar untuk meningkatkan kekuatan, koordinasi, kecepatan, dan keseimbangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design, dimana sampelnya adalah TK B1 yang berjumlah 8 anak / n=(8), ditentukan berdasarkan Cluster Random Sampling, serta dilakukan treatmen sebanyak 14 kali pertemuan dengan menerapkan serangkaian permainan dengan menggunakan media Kiorroga. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Kiorroga efektif dalam meningkatkan skor kemampuan motorik kasar pada anak usia dini yang dibuktikan dari peningkatan keterampilan yang terlihat pada aktivitas gerak yang digunakan melalui permainan Kiorroga


Keywords


anak usia dini; kinds of rubber rope games; media pembelajaran; motorik kasar