Abstract


Pembelajaran di tingkat PAUD tentunya memerlukan interaksi sosial yang berlangsung secara terus menerus baik dengan pendidik atau guru maupun teman. Keterbatasan keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak ASD akan menghambat seluruh proses kegiatan anak di sekolah apabila tidak ditangani dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak ASD di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menganalisis beberapa sumber yang memiliki keterkaitan tema. Teknik pengumpulan data menggunakan tinjauan lietratur sistematis dengan mengikuti prosedur PRISMA. Sebanyak 2.295 database yang diambil dari Science Direct dan Google Scholar. Proses akhir seleksi berdasarkan inklusi dan eksklusi, menghasilkan hasil akhir database yang berjumlah 8 artikel dan 3 tesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai bentuk strategi dalam meningkatkan keterampilan sosial anak ASD, diantaranya yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran, terapi, dan pemberian dukungan sosial. Strategi guru yang dilakukan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial anak ASD di sekolah inklusi.


Keywords


strategi guru; keterampilan sosial; anak autis