Abstract


Pengenalan awal huruf kepada anak-anak sangatlah penting karena memfasilitasi kemampuan mereka mengenali huruf, sehingga mempersiapkan mereka untuk memperoleh keterampilan membaca dan menulis. Terdapat korelasi positif antara mahirnya kemampuan pengenalan huruf pada anak dengan kemampuan membacanya. Tujuan utama penelitian ini adalah menggunakan teknologi pohon pintar dan media digital interaktif untuk mengevaluasi keterampilan generasi muda dalam pengenalan huruf. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian tindakan kelas yang mengikuti paradigma Kemmis dan Taggart. Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi merupakan proses berurutan dalam pendekatan tersebut di atas. Dua puluh anak, dengan rentang usia lima hingga enam tahun, digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan informasi mencakup pencatatan terperinci dan observasi metodis. Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pengumpulan dan analisis data. Studi menunjukkan bahwa keterampilan pengenalan huruf anak meningkat drastis setelah terpapar media pohon pintar. Fokus penelitian ini adalah pada peningkatan keterampilan pengenalan huruf anak melalui metode pengajaran yang lebih menarik dan efektif.


Keywords


kemampuan mengenal huruf; pohon pintar; anak usia dini