Abstract


Pendidikan karakter membutuhkan metode dan pendekatan yang sinkron dengan potensi atau kepribadian anak didik. Perangkat kepribadian genetik STIFIn dapat membantu guru memahami potensi anak didik sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu membangun karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji peranan STIFIn dalam pendidikan karakter dan mengidentifikasi bagaimana strategi dalam mengimplementasikannya. Penelitian dilakukan di di PAUD Lare Alit Bandung, dengan menggunakan teknik wawancara mendalam untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah strategi yang diperlukan dalam mengimplementasikan STIFIn. Tahapannya berupa persiapan guru terhadap pendekatan STIFIn dan mengidentifikasi kepribadian genetik peserta didik. Tahap kedua yaitu menentukan pendekatan dan metode yang tepat berdasarkan kepribadian genetik peserta didiknya, mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan evaluasi bekerjasama dengan orangtua di rumah. Penelitian ini menunjukkan implementasi STIFIn dapat membantu guru dalam mengidentifikasi potensi anak didik dan mengoptimalkannya.


Keywords


karakter; pendidikan karakter; pembentukan karakter anak usia dini