Abstract


Pembelajaran daring saat ini masih belum sesuai dengan apa yang kita harapkan, masih belum berjalan secara optimal. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini, agar prodi PIAUD FITK UIN Walisongo Semarang mengetahui pembelajaran daring yang diharapkan oleh mahasiswa. Analisa data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menerapkan metode kualitatif yang akan dijabarkan secara deskriptif. Intrumen yang digunakan peneliti yaitu berupa kuisioner dalam bentuk google form yang disebarkan kepada mahasiswa PIAUD serta wawancara secara langsung pada mahasiswa. Informasi dari mahasiswa tersebut dijadikan bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar oleh para dosen prodi PIAUD FITK UIN Walisongo Semarang. Hasil data dari mahasiswa didiskusikan dengan dosen PIAUD berupa FGD (Focus Grup Discussion), sebagai bahan evaluasi perkuliahan yang selama ini berlangsung secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidik dan peserta didik dapat mengetahui solusi agar pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dapat berjalan secara optimal.


Keywords


persepsi mahasiswa piaud; perkuliahan daring; anak usia dini