Abstract


Penulis mengangkat judul ini berdasarkan kondisi di lapangan bahwa banyak peserta didik berprestasi akademik cenderung sudah menemukan gaya belajar yang tepat sesuai dengan karakteristik diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar dari peserta didik berprestasi akademik di SDN Kedawung 1. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik berprestasi akademik peringkat 1,2, dan 3 pada kelas bawah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada konsep Milles dan Huberman yaitu model interaktif, dengan menganalisis data dalam langkah seperti reduksi data, penyajian data, dan dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peserta didik dominan menggunakan karakteristik gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (VAK). Tetapi karakteristik gaya belajar VAK yang digunakan setiap peserta didik memiliki proporsi yang berbeda-beda. Sehingga gaya belajar VAK bukanlah pengaruh utama prestasi akademik yang dicapai, tetapi terdapat faktor lain yang mendukung seperti faktor dorongan keluarga, faktor genetik, faktor guru, dan lain-lain


Keywords


gaya belajar; prestasi akademik; visual auditori kinestetik (vak)