Abstract


Hasil Observasi menunjukkan bahwa hanya 40 persen saja Guru menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe dalam keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pegembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa dari 30 anak yang mengikuti tes, secara klasikal sebanyak 26 orang anak atau sebesar 86,7 persen yang tuntas dan sebanyak 4 orang atau 13,3 persen yang tidak tuntas. Selanjutnya, dilihat dari kualitas media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe hasil pengembangan ini secara keseluruhan termasuk pada kategori Baik, yang meliputi aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Jadi, penelitian ini telah dapat menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan telah mampu meningkatkan hasil belajar anak pada pada kegiatan IPA pada materi Keberagaman Makhluk Hidup Lingkunganku

Keywords


model addie; sparkol videoscribe; hasil belajar