Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Maria Liliana Yohanis(1Mail), Lara Fridani(2), Tjipto Sumadi(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 257KB]

Published : 2021-02-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 784 times PDF Downloaded: 434 times

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh disebut pembelajaran jarak jauh (distance learning), untuk membedakan dengan sistem pembelajaran jarak dekat atau pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua pada PJJ; menganalisis pengaruh faktor demografi terhadap keterlibatan orang tua dalam PJJ; serta menganalis uji perbedaan antara orang tua pada siswa TK-A dan TK-B. Metode penelitian kuantitatif. Sampel peneltian adalah orang tua siswa pada TK-A dan TK-B di TK Tarakanita, Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data melalui survei, dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dengan menggunakan ordinary least square (OLS) dengan perangkat lunak IBM SPSS, serta uji beda dengan menggunakan Kruskal-Willis Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan orang tua pada PJJ sudah relatif baik; faktor demografi mempengaruhi keterlibatan orang tua; serta tidak terdapat perbedaan keterlibatan orang tua pada TK-A dan TK-B di TK Tarakanita, Jakarta Timur

Keywords


pembelajaran jarak jauh; keterlibatan orang tua; faktor demografi

References


Anzani, D. R., Zaeni, I. A. E., Nuqul, F. L., & ... (2020). Relationship Between Parents Education Level and Parental Engagement in The Pandemic Period of Covid-19. Revolution in Post , 3038. http://conference.um.ac.id/index.php/ksdp/article/view/101

Bacher-Hicks, A., Goodman, J., & Mulhern, C. (2021). Inequality in household adaptation to schooling shocks: Covid-induced online learning engagement in real time. Journal of Public Economics, 193, 132. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2020.104345

Borup, J., Graham, C. R., & Davies, R. S. (2013). The Nature of Parental Interactions in an Online Charter School. American Journal of Distance Education, 27(1), 4055. https://doi.org/10.1080/08923647.2013.754271

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orangtua dalam menerapkan pembejalaran di rumah saat pandemi Covod-19. Jurnal Golden Age, 04(1).

Cooper, D.R., & Schindler, P. . (2014). Business Research Methods (Twelfth ed). McGraw-Hill International Edition.

degli Espinosa, F., Metko, A., Raimondi, M., Impenna, M., & Scognamiglio, E. (2020). A Model of Support for Families of Children With Autism Living in the COVID-19 Lockdown: Lessons From Italy. Behavior Analysis in Practice, 13(3), 550558. https://doi.org/10.1007/s40617-020-00438-7

Enterprise, J. (2014). MySQL untuk Pemula. In Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. PT. Elex Media Komputindo.

Fedina, N. V., Burmykina, I. V., Zvezda, L. M., Pikalova, O. S., Skudnev, D. M., & Voronin, I. V. (2017). Study of educators and parents readiness to implement distance learning technologies in preschool education in Russia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 84158428. https://doi.org/10.12973/ejmste/80802

Fogler, J. M., Normand, S., ODea, N., Mautone, J. A., Featherston, M., Power, T. J., & Nissley-Tsiopinis, J. (2020). Implementing group parent training in telepsychology: Lessons learned during the COVID-19 pandemic. Journal of Pediatric Psychology, 45(9), 983989. https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsaa085

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 490.

Hoover-Dempsey, K. V., & Sandler, .H.M. (2014). The social context of Parental involvement: A path to enchanced achievement. Final performance report for OERI grand. 12. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud: Orang Tua Memegang Peran Penting dalam Pelaksanaan Belajar dari Rumah. SIARAN PERS Nomor: 147/Sipres/A6/VI/2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/kemendikbud-orang-tua-memegang-peranan-penting-dalam-pelaksanaan-belajar-dari-rumah

Kemendikbud, & Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan- pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Liu, F., Black, E., Algina, J., Cavanaugh, C., & Dawson, K. (2010). The validation of one parental involvement measurement in virtual schooling. Journal of Interactive Online Learning, 9(2), 105132.

OBrien, J. (2001). The Production of Reality: Essay and Reading on Sosial Interaction. Pine Forge Press.

Palmer, AG and Potter, P. (2007). Simple Guides Takanan Darah Tinggi. EGC.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270290. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. PT Elex Media Komputindo.

Sekaran, U., B. (2016). Research Method for Business: A Skill Buiding Approach (Seventh er). John Wiley & Sons Ltd.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Ddaring dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). MUTAKALILIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1121. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3573

Stevens, M., & Borup, J. (2015). Parental engagement in online learning environments: A review of the literature. Advances in Research on Teaching, 25, 99119. https://doi.org/10.1108/S1479-368720150000027005

Wardhani, T.Z.Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orangtua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 4859.

Widarjono, A. (2013). Analisis Multivariat Terapan Dengan Program SPSS (Edisi Kedu). UPP STIM YKPN.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019. World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 11381150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


Refbacks

  • There are currently no refbacks.