Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19

Author


Arini Dwi Cahyani(1Mail), Wiwin Yulianingsih(2), MV. Roesminingsih(3),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 296KB]

Published : 2021-08-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1745 times PDF Downloaded: 845 times

Abstract


Banyak orang tua beranggapan tanggung jawab pendidikan ada pada pendidik dimasa pandemi saat ini, sehingga orang tua tidak mau ikut bersinergi dengan pendidik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan sinergi orang tua dengan pendidik di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Harapan Kota Baru Driyorejo Gresik dalam mendampingi belajar anak selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pendidik dan orang tua KB Kuncup Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstuktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sinergi orang tua dengan pendidik KB Kuncup Harapan dalam pendampingan belajar anak usia dini. KB Kuncup Harapan memiliki program parenting, sebab peran orang tua sebagai demonstraktor, modelling, mentoring, organizing yang berkaitan dengan peran pendidik sebagai motivator, mediator, fasilitator dan evaluator. Bentuk kegiatan parenting KB Kuncup Harapan selama pandemi Covid-19, yaitu keterlibatan belajar di rumah, komunikasi, volunteer, dan pengambilan keputusan pendidikan anak

Keywords


peran orang tua; peran pendidik; sinergi, belajar dari rumah; Covid-19

References


Alfiana, E. N. (2013). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak dalam Keluarga Pada Bidang Pendidikan di Dusun Pandaan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta.

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454-1463.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Astuti, S. L. (2020). Orang Tua Sebagai Mentoring. Hasil Wawancara Pribadi.

Christina, E. A. (2020). Orang Tua Sebagai Teaching. Hasil Wawancara Pribadi.

Damsy, Y. J., & Rivaei, W. (n.d.). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2).

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Endah, C. (2020a). Pendidik Sebagai Evaluator. Hasil Wawancara Pribadi.

Endah, C. (2020b). Pendidik Sebagai Mediator. Hasil Wawancara Pribadi.

Endah, C. (2020c). Pendidik Sebagai Motivator. Hasil Wawancara Pribadi.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. KENCANA.

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Karmilawati. (2020). Orang Tua Sebagai Mentoring. Hasil Wawancara Pribadi.

Khotimah, K. (2020). Pendidik Sebagai Fasilitator. Hasil Wawancara Pribadi.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lai, C.-C. C., Shih, T.-P. P., Ko, W.-C. C., Tang, H.-J. J., & Hsueh, P.-R. R. (2020). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges. International Journal of Antimicrobial Agents, 55(3), 105924. https://doi.org/10.1016/j.ijantimicag.2020.105924

lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga,. Jakarta:Prenada Media Group, 50.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Maeliah, M. (2012). Peran Guru dalam Menyiapkan Kompetensi Kerja Siswa Sesuai Tuntutan Dunia Kerja di Industri Busana. Prosiding APTEKINDO, 6(1).

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Mattewakkang, A. J. (2020). Arah Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Refleksi Hari Pendidikan Nasional). Takalarterkini.Com.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat, Y. (2019). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258-265.

Mujayana, I. (2020a). Antusias Anak Dalam Belajar. Hasil Wawancara Pribadi.

Mujayana, I. (2020b). Pendidik Sebagai Demonstraktor. Hasil Wawancara Pribadi.

Mulyana, D. (2004). Komunikasi efektif: suatu pendekatan lintasbudaya. Remaja Rosdakarya.

Mustofa, B. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah. Parama Ilmu.

Muttakhidah, R. R. I. (2016). Pergeseran Perspektif "Human Mind" John Locke Dalam Paradigma Pendidikan Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(1).
https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4761

Nasution. (2010). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara.

Natalia. (2020). Pemberian Motivasi. Hasil Wawancara Pribadi.

Nurani, Y. S. (2009). Konsep Dasar PAUD. Indeks.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Puspita, W. A. (2010). Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Model Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 5(2), 209-215. https://doi.org/10.21009/JIV.0502.9

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Retno, A. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 43-49. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9240

Rohmah, E. Z. (2014). Manajemen Peserta Didik Anak Jalanan di Sanggar Alang-Alang Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, T. N. (2020). Orang Tua Sebagai Organizing. Hasil Wawancara Pribadi.

Satgas Covid-19. (2021). Data Sebaran Pasien Positif Covid-19 di Indonesia.

Septiani, A. (2019). Peranan Guru Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Sriwijaya Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11-27.

Sisdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rinek a Cipta.

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan; Untuk Program Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.

Susilowati, S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Literasi Dini.

Utami, M. T. (2020). Orang Tua Sebagai Modelling. Hasil Wawancara Pribadi.

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.451

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT. Bumi Aksara.

Winarsih. (2020). Orang Tua Berkomunikasi Dengan Pendidik.

Yanti, M. M., & Rivaie, W. (2013). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Yanto, M., & Syaripah, S. (2017). Penerapan Teori Sosial Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 65-85. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.221

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya.

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, Vol. 3, No(5), 61. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422


Refbacks

  • There are currently no refbacks.