Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Masganti Sit(1Mail), Raisah Armayanti Nasution(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 519KB]

Published : 2021-08-07

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 749 times PDF Downloaded: 502 times

Abstract


Orang tua mempunyai banyak peran, diantaranya yaitu sebagai pendidik dan pembina sikap pada anak. Namun tidak semua orang tua memahami materi pembinaan sikap yang dibutuhkan anak pada usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan model alternatif parenting Islami di lembaga PAUD yang valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berbentuk buku panduan. Penelitian dilakukan selama 6 (enam) bulan. Uji coba produk dilakukan di RA Milda Wiranti, RA An Nida dan TK IT Bunayya 7. Penelitian ini telah menghasilkan produk berbentuk buku panduan sebagai model alternatif parenting Islami pada lembaga PAUD. Dari hasil penelitian, buku panduan terbukti valid sehingga dapat disosialisasikan pada 20 sekolah PAUD/ sederajat yang berada di wilayah kabupaten Deli Serdang dan kota Medan. Buku panduan model alternatif parenting Islami dinilai sangat dibutuhkan orang tua, siswa ataupun pihak lembaga PAUD, khususnya lembaga PAUD berbasis Islam

Keywords


karakter Islami; parenting Islami; pendidikan anak usia dini

References


Ainiyah, Q. (2017). Social Learning Theori dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Hukum, 2(1), 91-104. https://doi.org/10.22515/al-ahkam.v2i1.789

Al-Jawi, A.-A. A.-S. M. N. (2016). Tafsir Al-Munir Jilid 6. Bandung: Sinar Baru.

Annisa, Y. N. (2016). Home-Start Parenting Program untuk Meningkatkan Fungsi Emosi Ibu dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1096

Ariyati, T. (2016). Parenting di PAUD sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.30595/jkp.v9i2.1065

Baswedan, A. R. (2016). Guru Mulia Karena Karya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cathy, & Bennett. (2013). Group-Based Parenting Program For Improving Dan Psychosocial Functioning: A Systematic Review. Journal of the Society for Social Work and Research, 4(4). https://doi.org/10.5243/jsswr.2013.20

Chrismayanti, P. A. R., Tegeh, I. M., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Kedisiplinan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8770

Erica, D. (2016). Penerapan Parenting Pada Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Sudut Pandang Islam. Cakrawala: Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 16(2). https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1286

Faizah, S. N. (2018). Implementasi Parenting Class Dalam Menunjang Pendidikan Akhlak di PAUD Wafdaa Kids Center Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN Salatiga.

Fuadi, S. I., Antika, R., & Rofiudin, N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Keluarga: Kajian QS. al-Taghabun ayat 14-15. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1). https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2256

Gitterman, A. (2004). Interactive Andragogy. Journal of Teaching in Social Work, 24(3-4), 95-112. https://doi.org/10.1300/J067v24n03_07

Gottlieb, S. E. (1995). Keys to Parenting Your Three Year Old. New York: Barron's Educational Series, Inc.

Grindal. (2016). The added impact of parenting education in early childhood education programs: A meta-analysis. Https://Www.Sciencedirect.Com/Science/Journal/01907409, Volume 70, 238-249. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.09.018

Guskey, T. R. (1980). Mastery learning: Applying the theory. Theory Into Practice, 19(2), 104-111. https://doi.org/10.1080/00405848009542882

Haniah, Ikhwan, W. K., Fatmawati, I., Nurul, F., & Sulaiman. (2012). Bahasa Indonesia Kontekstual. Surabaya: Pustaka Radja.

Hasibuan, H. B., Nasution, Z., & Zannah, M. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam. Jurnal Raudhah, 9(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943

Ismaniar, & Sunarti, V. (2018). Buku Ajar Pelatihan Parenting. Universitas Negeri Padang.
https://doi.org/10.31227/osf.io/c62sw

Kenkre, J., & Young, E. (2013). Home Start Support and Friendship For Families. Building Resilience: Volunteer Support for Families with Complex Circumstances And Needs.

Kohlberg, L., & Hersh, R. H. (1977). Moral development: A review of the theory. Theory Into Practice, 16(2), 53-59. https://doi.org/10.1080/00405847709542675

Kurniyati, E., Sutarjo, A., & Wulan, N. S. (2016). Peranan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Infantia (PGPAUD Serang), 4(2).

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Manap, J., & Baba, S. (2016). Al-Ghazali's Parenting Skills Attributes Model (Model Atribut Kemahiran Keibubapaan Al-Ghazali. Jurnal Hadhari, 8(1).

Miller, S., & Sambell, K. (2003). What do Parents Feel they Need? Implications of Parents' Perspectives for the Facilitation of Parenting Programmes. Children and Society, 17(1), 32-44. https://doi.org/10.1002/chi.726

Muji, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Pancaran Pendidikan, 3(4), 1-14.

Mukid, A. (2009). Self-Efficacy: Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v4i1.247

Muslikhah, M.-, Kamil, M., & Kamarubiani, N. (2018). The Implementation of Adult Learning Assumption Readiness Relationships in Improving the Effectiveness of Learning Process. Journal of Nonformal Education, 4(2), 141-150. https://doi.org/10.15294/jne.v4i2.15995

Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting di Lembaga PAUD Kecamatan Basa Ampek. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 44-49. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.99-104

Nurpitasari, D. W., Wahyuni, S., & Widianto, E. (2018). Parenting Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua Dan Anak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(1). https://doi.org/10.17977/um041v13i1p1%20-%209

Raraswati, P. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Robbiyah, Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan (Education Psychology) (D. Angelica (ed.)). Jakarta: Salemba.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al Lubab Jilid 3. Tangerang: Lentera Hati.

Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. PORTAL JURNAL: Universitas, Edisi Khus(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Suwaid, M. N. A. H. (2018). Prophetic Parenting. Jakarta: Pro U Media-Pustaka Aysha.

Suwartini, S. (2016). Teori Kepribadian Social Cognitive: Kajian Pemikiran Albert Bandura Personality Thery Social Cognitive: Albert Bandura. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1). https://doi.org/10.20414/altazkiah.v5i1.1325

Widyanti, A., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Efektivitas Konseling Kognitif Sosial Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Self Afiliasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 73-81. https://doi.org/10.23887/jibk.v10i2.23284


Refbacks

  • There are currently no refbacks.