Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak

Author


Syamsuardi Saodi(1Mail), Muhammad Akil Musi(2), Arifin Manggau(3), Noviani Noviani(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(2)
Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 322KB]

Published : 2021-04-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1553 times PDF Downloaded: 571 times

Abstract


Kemampuan menyimak dan berbicara anak merupakan bagian terpenting dalam menunjang perkembangan anak, dimana memiliki keterkaitan dengan aspek kognitif, social dan emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak dan keterampilan berbicara anak melalui metode storytelling dengan musik instrumental pada taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design, model nonequivalent control group design. Penelitian diawali dengan melakukan tes awal, kemudian diberikan perlakuan (treatment). Setelah pemberian tindakan, diakhiri dengan memberikan tes akhir (postest) kepada kedua kelompok. Penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kemampuan menyimak dan berbicara anak pada kelompok yang diberikan perlakuan dalam hal ini, rata- rata hasil skor kemampuan menyimak dan berbicara anak yang mengikuti pembelajaran dengan metode storytelling menggunakan musik instrumental mengalami peningkatan pada skor hasil pengukuran posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunana metode storytelling menggunakan musik instrumental dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak dan menjadi pemicu perkembangan aspek lainnya

Keywords


storytelling; musik instrumental; menyimak dan berbicara

References


Afdalipah, R., Ummah, S. S., & Prastyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Excelencia Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2975

Atabik, A. (2018). Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270

Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan melalui Metode Storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan budaya literasi pada anak usia dini di era digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550

Barker, R. T., & Gower, K. (2010). Strategic application of storytelling in organizations: Toward effective communication in a diverse world. Journal of Business Communication. https://doi.org/10.1177/0021943610369782

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705

Fekonja-Peklaj, U., Marjanovi?-Umek, L., & Kranjc, S. (2010). Children's storytelling: The effect of preschool and family environment. European Early Childhood Education Research Journal. https://doi.org/10.1080/13502930903520058

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763

Hermoyo, P. (2014). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan. Membentuk Komunikasi Efektif.

Hesti Resmi, S. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265

Janah, S. N., Nurhayati, T., & Masdudi. (2016). Penerapan Terapi Musik Instrumental Klasik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ips Di Smpn 1 Talun Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos.

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary.

Kurniawati, L. P. R., Tirtayani, L. A., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B di PAUD Gugus Anggrek Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1). https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15185

Lenny, Z., Firman, F., & Desyandri, D. (2018). The effect of using quantum teaching and motivation in learning toward students achievement. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. https://doi.org/10.24036/4.32143

Lisenbee, P. S., & Ford, C. M. (2018). Engaging Students in Traditional and Digital Storytelling to Make Connections Between Pedagogy and Children's Experiences. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0846-x

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida'.

Mohammed Al-Amri, H. (2020). Digital Storytelling as a Communicative Language Teaching Based Method in EFL Classrooms. Arab World English Journal. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no1.20

Mualifah, M. (2013). Storytelling sebagai Metode Parenting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam. https://doi.org/10.18860/psi.v10i1.6364

Nurmiyati, N., & Suyata, P. (2014). Keefektifan paired storytelling dan jigsaw dalam peningkatan kompetensi berbicara siswa kelas viii smp negeri 3 sleman. LingTera, 1(2), 210. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2597

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Roden, I., Kreutz, G., & Bongard, S. (2012). Effects of a school-based instrumental music program on verbal and visual memory in primary school children: A longitudinal study. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2012.00572

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students' Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.