Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Author


Sri Yunimar Ningsih(1Mail), Nenny Mahyuddin(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang,

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 488KB]

Published : 2021-04-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 704 times PDF Downloaded: 399 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemik dan kemajuan teknologi yang berkembang pesat di era rovolusi 4.0 yang menuntut pendidik memiliki kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aikenns V. Hasil uji validasi materi e-module oleh ahli materi dan oleh ahli media dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji praktikalitas e-module dinyatakan praktis. Hasil persentase efektifitas e-module dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan desain e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak dinyatakan valid, praktis dan efektif


Keywords


e-module; tematik; kesantunan berbahasa; anak usia dini

References


Al-Tabany, T. I. B. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI: Implementasi Kurikulum 2013. In Kencana Prenada Media Group PSIKOLOGI.

Branch, R. M. (2019). Robert Maribe Branch - Instructional Design (The ADDIE Approach). In Journal of Chemical Information and Modeling.

Brown, P., & Levinson, S. C. (1988). Politeness: Some Universals in Language Usage. Interactional Sociolinguistic, 4. https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085

Burdelski, M. (2010). Socializing politeness routines: Action, other-orientation, and embodiment in a Japanese preschool. Journal of Pragmatics, 42(6), 1606-1621. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2009.11.007

Ferdianto, F., Setiyani, & Nurulfatwa, D. (2019). 3D page flip professional: Enhance of representation mathematical ability on linear equation in one variable. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012043

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2017). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1023

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121-123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575

Mahyuddin, M.Pd, D. N., & Rozimela, Ph, d, P. D. Y. (2019). Polite Language Learning Model through Interactive Learning CDs at Bukittinggi Kindergarten. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.133

Mahyuddin, N., Rozimela, Y., & Yaswinda. (2018). Model Pembelajaran Berbahasa Santun Melalui CD Pembelajaran Interaktif di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pariaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(II), 49-54.

Mahyurianti, & Mahyuddin, N. (2020). The Application of Audio Visual Media Based on Minangkabau Folklore to Develop Children's Speaking Ability in Kindergarten Kartika 1-7 Padang. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.026

Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah, 8(1), 7-13.

Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362-368. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624

Situmorang, M., Yustina, Y., & Syafii, W. (2020). E-Module Development using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 4(4), 834. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.834-848

Sofyan, H., Anggereini, E., Muazzomi, N., & Larasati, N. (2020). Developing an electronic module of local wisdom based on the area learning model at Kindergarten Jambi city. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), 216-231.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133-140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Supriatna, D., & Mulyadi, M. (2009). Konsep dasar desain pembelajaran. In Bahan ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Suryana, D. (2016). Stimulasi & aspek Perkembangan Anak Usia Dini. In Kencana. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qQRBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA245&dq=sejarah+pendidikan+anak+usia+dini+&ots=LzpgmobKlv&sig=OnHqhjOdsYYP0tRVyo3jmCa7pS8&redir_esc=y#v=onepage&q=sejarah pendidikan anak usia dini&f=false

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67-82. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05

Tipping, J., & Tennenbaum, J. (1993). The use of focus groups as a tool for CME program evaluation. Journal of Continuing Education in the Health Professions, 13(1), 117-122. https://doi.org/10.1002/chp.4750130106

Triyono, M. B. (2015). The Indicators of Instructional Design for E- learning in Indonesian Vocational High Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204, 54-61. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.109

Tung, K. Y., & Alissa, A. (2021). Flipperentiated Learning in Biology Class to Improve Cognitive Learning Outcomes, Problem-Solving Skill, and Motivation. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(1), 183. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.1p.183

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran - Dr. Muhammad Yaumi, - Google Buku. In Prenata Media Group. https://books.google.co.id/books?id=2uZeDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pengertian+media+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiZ4c7fhZLvAhXUSH0KHcQ4BQMQ6AEwAnoECAQQAg#v=onepage&q=pengertian media pembelajaran&f=false%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=2uZe

Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 44. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.898

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK, 6(2), 39-52. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950

Zhang, L., & Yan, R. (2012). Impact of Immersion Teaching on English Sociopragmatic Awareness of Chinese Kindergarten Children: A Polite Study. International Education, 41(2), 33-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.