Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak

Author


Yuliana Nasrullah(1Mail), Zarina Akbar(2), Asep Supena(3),
Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 535KB]

Published : 2021-07-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 753 times PDF Downloaded: 380 times

Abstract


Kesiapsiagaan bencana banjir penting dilakukan untuk meningkatkan pemahaman anak tentang cara melindungi diri ketika terjadi bencana banjir. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik terhadap pemahaman kesiapsiagaan bencana banjir anak usia 7-8 tahun di Kabupaten Sidrap. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE Penelitian ini diawali dengan kelompok uji kecil yang melibatkan 5 orang anak dan kelompok uji besar melibatkan 10 orang. Berdasarkan hasil uji efektivitas thitung sebesar 10,793 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai 0,001 < 0,05. Dengan demikian penggunaan media Komik Aku Pintar Siaga Bencana Banjir efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman kesiapsiagaan bencana banjir pada anak usia 7-8 tahun


Keywords


kesiapsiagaan bencana; banjir; media komik

References


Agustin, M. N., Yasbiati, Y., & Sumardi, S. (2020). Media Komik Papertoon Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 121-129. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26675

Aji, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Bandang Di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

Akbar, E. (2015). Pembelajaran Siaga Bencana Anak Usia Dini. Duta Media Publishing.

BNPB. (2012). Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Mengahadapi Bencana, 22, 256-265. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Cecep, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Faqih. (2019). Sungai Tanru Tedong Meluap, Tiga Kecamatan di Sidrap ... https://www.merdeka.com/Peristiwa/Sungai-Tanru-Tedong-Meluap-Tiga-Kecamatan-Di-Sidrap-Sulsel-Terendam-Banjir.Html

Fuller, S. C. (2014). The Effect of Prenatal Natural Disaster Exposure on School Outcomes. Demography, 51(4), 1501-1525. https://doi.org/10.1007/s13524-014-0310-0

Juliati, A. D. (2014). Peningkatan Motivasi Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Komik. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 125-131.

Kurniati, E., Adriany, V., Mirawati, M., El-Seira, R. M., & Winangsih, I. (2020). Identifikasi Kesiapsiagaan Guru PAUD sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.388

Li, Y., Li, H., Decety, J., & Lee, K. (2013). Experiencing a Natural Disaster Alters Children's Altruistic Giving. Psychological Science, 24(9), 1686-1695. https://doi.org/10.1177/0956797613479975

Nugroho. (2017). 497 Jiwa Terdampak Langsung Banjir Bandang dan Longsor di Sidrap.

Proulx, K., & Aboud, F. (2019). Disaster risk reduction in early childhood education: Effects on preschool quality and child outcomes. International Journal of Educational Development, 66, 1-7. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.01.007

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Rachmat, A. R., & Pamungkas, A. (2014). Faktor-Faktor Kerentanan yang Berpengaruh terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Teknik Pomits, 3(2), C178-C183. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/7263%0Ahttps://ejurnal.its.ac.id

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rahmawati, I. Y. (2018). Komik Sebagai Inovasi Dalam Pengenalan Keterampilan Menulis Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Audi, 2(2). https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1970

Syamsuddin. (2019). 400 Rumah Terendam Banjir di Wettee Kabupaten Sidrap Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "400 Rumah Terendam Banjir di Wettee Kabupaten Sidrap ", https://regional.kompas.com/read/2019/06/12/12481491/400-rumah-terendam-banjir-di-wettee-kabu.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231-240. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.04

Warliah, W., Listianti, F., Hasanah, T. I., & Maimuna, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Widya Wisata. Duta Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.