Author
Isabella Yusuf(1), Sofia Hartati(2), Tjipto Sumadi(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2021-08-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 814 times PDF Downloaded: 1104 timesAbstract
Pendidikan entrepreneurship sebaiknya dikembangkan pada usia awal atau anak usia dini. Usia dini merupakan tahap yang paling ideal dalam memperkenalkan entrepreneurship untuk mempersiapkan masa depan anak. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran entrepreneurship di Taman Kanak-kanak khususnya TK School Of Universe, yaitu: melatih kemandirian dan keberanian anak, pembelajaran entrepreneurship merupakan praktik langsung setiap program dan disesuaikan dengan tema, evaluasi penerapan pembelajaran entrepreneurship dirangkum menjadi rapot. Implementasi pembelajaran entrepreneurship menjadi hal yang penting dikembangkan di Taman Kanak-kanak. Selain membuat anak belajar mandiri dan berani, entrepreneurship yang dikenalkan sejak usia dini akan memberikan pengalaman yang penting untuk masa depan anak nantinya.
Keywords
References
Aprilianti, R., Saraswati, G., & Azis, W. A. (2021). Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 97-108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.834
Axelsson, K., Hägglund, S., & Sandberg, A. (2015). Entrepreneurial Learning in Education Preschool as a Take-Off for the Entrepreneurial Self. Journal of Education and Training, 2(2), 40. https://doi.org/10.5296/jet.v2i2.7350
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Bhakti. (2015). Upaya Meningkatkan Entrepreneurship Anak Melalui Cooking Class Pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo Jurnal Pendidikan Dan PembelajaranAnak Usia Dini, 2, 105-116. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2607
Dahlstedt, M., & Hertzberg, F. (2012). Schooling entrepreneurs: Entrepreneurship, governmentality and education policy in Sweden at the turn of the millennium. Journal of Pedagogy / PedagogickĂ˝ Casopis, 3(2), 242-262. https://doi.org/10.2478/v10159-012-0012-x
Ehrlin, A., Insulander, E., & Sandberg, A. (2015). Perspectives on entrepreneurial learning in the early years of education. Journal of Education and Human Development, 4(3), 151-159. https://doi.org/10.15640/jehd.v4n3a16
El Khuluqo, I. (2017). Early Childhood Entrepreneurship Education: a Brief Description of an Ideal Entrepreneurship Learning for Middle Childhood. IMC 2016 Proceedings, 1(1), 818-827.
Fithriyana, R. (2016). Peningkatan Kewirausahaan melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Media Budidaya pada Anak Usia Dini di TK Taqifa Bangkinang Kota Tahun 2016. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.39
Miles, M., & Huberman, M. (2007). Analisis Data Kualitatif. UI Press.
Nasir, N., Rahmawati, R., & Adam, A. (2019). Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Memperkuat Rasa Persatuan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 371. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.336
Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 62-66. https://doi.org/10.29210/127300
Rohmah, L. (2017). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 15-26. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1354
Smith, W., & Chimucheka, T. (2014). Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(14), 160-168. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n14p160
Suharyoto, L. S. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83-90. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861
Suzanti, L., & Maesaroh, S. (2018). Entrepreneurship Learning for Early Childhood. January 2017, 403-410. https://doi.org/10.5220/0006887004030410
Taulany, H. (2019). Keefektifan Simulasi Kewirausahaan Anak (SIKADI) untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Anak Usia Dini di TK Al Hidayah Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 8. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.135
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263-278.
Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462
Wiwik Sri Utami, A. K. (2018). Pendalaman Materi Geografi Modul 8 Negara Maju dan Berkembang. RISTEKDIKTI. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.46
Refbacks
- There are currently no refbacks.