Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini

Author


Maulidya Ulfah(1Mail), Maemonah Maemonah(2), Sigit Purnama(3), Nur Hamzah(4), Elfann Fanhas Fatwa Khomaeny(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 476KB]

Published : 2021-09-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1085 times PDF Downloaded: 447 times

Abstract


Penggunaan teknologi yang tidak semestinya mengakibatkan adanya digital kidnapping, cyberbulllying, child grooming, kecanduan gawai, pornografi, bahaya kesehatan dan radiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar digital parenting sebagai strategi perlindungan anak. Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (RND) mengacu pada model pengembangan 4-D (define, design, develop dan desseminate). Produk divalidasi pakar media dan pakar ahli materi serta diuji cobakan kepada 15 orang tua anak selama 1 bulan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis tahap pertama dengan analisis deskriptif dan teknik analisis kualitas produk adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengembangan isi buku yaitu bahaya dunia online, konsep digital parenting, pengasuhan anak, bersahabat dengan media digital dan sinergi peran dari orang tua dan sekolah dalam melindungi anak. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa buku yang dinyatakan layak digunakan dengan hasil dari ahli media 85%, ahli materi 82%, pengguna 88,3% dan nilai rata-rata 85,1%.


Keywords


digital parenting; perlindungan anak; bahaya dunia online

References


Adelman, A. J., & Adelman, A. J. (2018). Parenting in the digital age. Psychoanalytic Reflections on Parenting Teens and Young Adults, October, 7-37. https://doi.org/10.4324/9781351262767-2

Agung, A. P. D., Sepud, I. M., & Dewi, A. A. S. L. (2020). Sanksi Pidana terhadap Pelaku Penculikan Anak. Jurnal Preferensi Hukum, 1(2), 195-195. https://doi.org/10.22225/jph.1.2.2388.195-195

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Barbour, I. G. (2002). Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama. Mizan.

Basiang, M. (2016). The Contemporary Law Dictionary. Gramedia Pustaka Utama.

Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 907. https://doi.org/10.2307/1126611

Beshir, M. R., & Ekram. (2014). Parenting Skill: Based on The Qur'an and Sunnah. Amana Publications.

Bronfenbrenner, U. (1994). Ecological Models of Human Development. In In International Encyclopedia of Education (Vol. 3, Issue 2). Elsevier.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan guru dalam Mengajar. Gava Media.

Donnyanggoro, K. Y., Gogor Bangsa, P., & Malkisedek, M. H. (2018). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Dampak Negatif Penggunaan Gadget Secara Berlebihan terhadap Tubuh. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 1-9.

Fatonah, R., Setiawan, A., & Andrisman, T. (2019). Analisis Perlindungan Hukum terhadap Anak Korban Penculikan oleh Tenaga Pendidik di Lampung Selatan. Jurnal Poenale, 7(3).

Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883-1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713

Hayati, F., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Buah Hati, 1(2), 30. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V1I2.523

Hughes, D. A., & Baylin, J. (2012). Brain-Based Parenting The Neuriscience of Caregiving for Healthy Attachment. Norton Professional Book.

Kuswanti, E. P., Yuliantina, I., Nurfadillah, Handayani, I., & Susilowat, T. (2017). Layanan Perlindungan dan Kesejahteraan. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran Digital Parenting Terhadap Perkembangan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Bunayya Giwangan. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.4012

Manik, N. L. A., & Widhiyaastuti, I. G. A. A. D. (2019). Penanganan Korban TIndak Pidana Penculikan terhadap Anak di Wilayah Polda Bali. Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum, 8(12), 1-15.

Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Marzuki. (n.d.). Prinsip Dasar Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Maulidya Ulfah, Ery Khaeriyah, N. B. S. (2018). Implementasi Program Parenting dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Unisa Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2).

Nesbit, J. C., & Leacock, T. L. (2007). A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources. Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 44-59.

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Oladumiyte, E. B. (2014). Graphics Communication an Appraisal of an Art of Learning in Contemporary Nigerian Education. Art and Design Review, 02(03), 29-39. https://doi.org/10.4236/adr.2014.23005

Others, A., Thiagarajan, & Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE). National Center for Improvment of Educational System (DHEW/OE).

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 2 tahun 2011 tentang Pedoman Penanganan Anak Korban Kekerasan. (n.d.).

Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif. (n.d.).

Pertiwi, M. S., Sanubari, T. P. E., & Putra, K. P. (2018). Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1), 28-34. https://doi.org/10.30651/jkm.v3i1.1451

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha AH-PIECE. Al Hikmah Proceedings an Islamic Early Childhood Education.

Purnama, S., 'Aziz, H., Nurhusna, L., & Ulfah, M. (2020). The Concept of Fitrah for Children in Ibn Katsir's Qur'an Exegesis: A Pedagogical Implication in Early Childhood Islamic Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.14421/jpi.2020.91.79-104

Purnama, S., Syukriyah, N., Ulfah, M., Arifuddin, A., & Aziz, H. (2021). Augmented Reality in Education in Era 4.0. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304649

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students' online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143-161.

Ratulia, M. (2015). Digital Parenthink Tips Mengasuh Kids Zaman Now. Noura Book.

Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. (2014). In Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2019). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak untuk Mengurangi Kekerasan pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448-462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322

Rochmawati, N. I., & Susilo, A. B. (2019). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 111. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2679

Setiani, R. E. (2016). Pendidikan Anti Kekerasan untuk Anak Usia Dini: Konsepsi dan Implementasinya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 39-56. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-04

Setyawan, D. (2019). KPAI Sebut Pelanggaran Hak Anak Terus Meningkat. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Siegel, D. J. (2014). Parenting from the Inside Out. The Penguin Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Ulfa Maulidya, S. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak dari Bahaya Digital? (N. Hamzah (Ed.)). Edu Publisher.

Ulfah, M., Khaeryah, E., & Sakinah, N. B. (2018). Implementasi Program Parenting dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), 3(2), 173-182.
https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17469

Undang-Undang RI No. 35 tahun 2014. (2014). Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Wahyuni, V., & Pransiska, R. (2019). Perilaku Bullying pada Anak Usia 5-6 Tahun Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 160-166. https://doi.org/10.5281/zenodo.2650150

Yani, A., Khaeriyah, E., & Ulfah, M. (2017). Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 153-174. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1464


Refbacks

  • There are currently no refbacks.