Author
Amrina Amrina(1), Wedra Aprison(2), Zulfani Sesmiarni(3), Iswantir M(4), Adam Mudinillah(5),
Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(4)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia(5)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-11-26
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1010 times PDF Downloaded: 660 timesAbstract
Ilmu parenting merupakan dasar bagi orang tua agar mampu melindungi dan menjaga anaknya. Saat ini minimnya pengetahuan terkait ilmu perenting ini sehingga terdapat berbagai kasus kekerasan, perlakuan menyimpang, dan penelantaran anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenal lebih tentang program sekolah ramah anak, mengetahui apa saja hal yang menjadi tantangan dalam menegakkan program sekolah ramah anak, dan mengetahui seberapa besar peluang program sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter siswa di era globalisasi. Metode yang dipakai untuk menggali informasi penelitian adalah metode kajian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian dijelaskan bahwa sekolah ramah anak adalah program yang didirikan untuk melindungi hak-hak yang harus diterima oleh anak secara umum. Hak anak yang dimaksud berupa hak untuk tumbuh kembang, hak didengarkan pendapatnya, hak mendapatkan identitas, hak beribadah, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan pelayanan kesehatan, hak diasuh oleh orang tuanya sendiri, hak dilindungi dari kekejaman bidang hukum dan hak mendapatkan perlindungan khusus.
Keywords
References
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975
Ambarsari, L., & Harun, H. (2018). Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6111
Artadianti, Kiki, R., & Subowo, A. (2019). Implementasi Sekolah Ramah Anka (SRA) Pada Sekolah Percontohan Di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16683
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Ahmad Khoiri. (n.d.). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.
Dirsa, A., Batubara, A. K. S., Jalal, N. M., Rahmawati, R., Risan, R., Priyantoro, T., Aji, S. P., Pratiwi, E. Y. R., G, H., & Ichsan. (2022). Pendidikan Karakter. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Priwantoro, S. W., Setyawan, F., Khasanah, U., & Dewi, R. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan matematika). UAS Press.
Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
Idayu, A. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Bayumedia Publishing.
Idi, W. (2021). Pendidik Inspiratif. Deepublish
Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.
KPPPAI RI. (2015) Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
KPAI. (2017). Bank Data Perlindungan Anak 2011-2016. https://bankdata.kpai.go.id
Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257
Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, Areli, A. J., Agustina, M., Kafarisa, R. F., Saputra, A. G., Diana, N., Agustina, E., Oktarina, R., & Hisri, T. B. (2011). Inovasi Pendidikan. Media Komunikasi SMP dan MTs (Issue 9). Wade Group.
Mansur, M. (2020). Membangun karakter siswa melalui kearifan lokal (Suatu tinjauan di Halmahera Barat). Jurnal Pusat Studi Sejarah Arkeologi Dan Kebudayaan (PUSAKA), 1(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pusaka/article/view/1540
Masmuri, M. (2019). Membangun Karakter Ramah Lingkungan Pada Komunitas Belajar Anak Usia Sekolah Melalui Pendekatan Behavioritik. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 105. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5491
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Muthmainah, muthmainah. (2022). Peran guru dalam melatih anak mengelola emosi. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–76. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/12469
Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Nagimah, S. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Kelompok Bermain Anggrek Bulan Dusun Kalangan Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan. repo.apmd.ac.id. http://repo.apmd.ac.id/1724/1/SITI NANGIMAH 18510016.pdf
Nani, P. S., Hartatik, A., Karimah, U., Arahman, M. A. H., & Hafiyah, H. (2020). Keterkaitan antara Perkembangan Peserta Didik dengan Faktor Teman Sebaya. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 34–38. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1009
Nidawati. (2019). Strategi Dan Arah Pembinaan Akhlak Anak Di Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 105–120. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6231
Rahayu, L. S. (2019). Kasus Kekerasan Anak Masih Tinggi, KPAI Minta Sekolah Ramah Anak Diperkuat Baca artikel detiknews, Kasus Kekerasan Anak Masih Tinggi, KPAI Minta Sekolah Ramah Anak Diperkuat. https://news.detik.com/berita/d-4533094/kasus-kekerasan-anak-masih-tinggi-kpai-minta-sekolah-ramah-anak-diperkuat
Rahmatullah, R., & Jumadi, J. (2020). Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1697
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019
Ro’fah, N. (n.d.). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di RA Al Makmur Cikarang Utara (Dalam Perspektif Manajemen …. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Safutra, H. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Zakiah Daradjat dan Thomas Lickona (Studi komparasi tentang metode). repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/6095/1/SKRIPSI.pdf
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Napitupulu, M. S. D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.
Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789
Yaqin, M. A. (2008). Pendidikan Multi Kultural. Multikultural.
Refbacks
- There are currently no refbacks.