Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi

Author


Amrina Amrina(1), Wedra Aprison(2), Zulfani Sesmiarni(3), ‪Iswantir M(4), Adam Mudinillah(5Mail),
Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Insitut Agama Islam Negeri Bukittingi, Indonesia(4)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 356KB]

Published : 2022-11-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1010 times PDF Downloaded: 660 times

Abstract


Ilmu parenting merupakan dasar bagi orang tua agar mampu melindungi dan menjaga anaknya. Saat ini minimnya pengetahuan terkait ilmu perenting ini sehingga terdapat berbagai kasus kekerasan, perlakuan menyimpang, dan penelantaran anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenal lebih tentang program sekolah ramah anak, mengetahui apa saja hal yang menjadi tantangan dalam menegakkan program sekolah ramah anak, dan mengetahui seberapa besar peluang program sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter siswa di era globalisasi. Metode yang dipakai untuk menggali informasi penelitian adalah metode kajian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian dijelaskan bahwa sekolah ramah anak adalah program yang didirikan untuk melindungi hak-hak yang harus diterima oleh anak secara umum. Hak anak yang dimaksud berupa hak untuk tumbuh kembang, hak didengarkan pendapatnya, hak mendapatkan identitas, hak beribadah, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan pelayanan kesehatan, hak diasuh oleh orang tuanya sendiri, hak dilindungi dari kekejaman bidang hukum dan hak mendapatkan perlindungan khusus.


Keywords


sekolah ramah anak; tantangan dan peluang sekolah ramah anak; pembentukan karakter siswa

References


Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Ambarsari, L., & Harun, H. (2018). Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6111

Artadianti, Kiki, R., & Subowo, A. (2019). Implementasi Sekolah Ramah Anka (SRA) Pada Sekolah Percontohan Di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16683

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327

Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Ahmad Khoiri. (n.d.). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.

Dirsa, A., Batubara, A. K. S., Jalal, N. M., Rahmawati, R., Risan, R., Priyantoro, T., Aji, S. P., Pratiwi, E. Y. R., G, H., & Ichsan. (2022). Pendidikan Karakter. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026

Priwantoro, S. W., Setyawan, F., Khasanah, U., & Dewi, R. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan matematika). UAS Press.

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180

Idayu, A. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Bayumedia Publishing.

Idi, W. (2021). Pendidik Inspiratif. Deepublish

Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

KPPPAI RI. (2015) Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

KPAI. (2017). Bank Data Perlindungan Anak 2011-2016. https://bankdata.kpai.go.id

Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, Areli, A. J., Agustina, M., Kafarisa, R. F., Saputra, A. G., Diana, N., Agustina, E., Oktarina, R., & Hisri, T. B. (2011). Inovasi Pendidikan. Media Komunikasi SMP dan MTs (Issue 9). Wade Group.

Mansur, M. (2020). Membangun karakter siswa melalui kearifan lokal (Suatu tinjauan di Halmahera Barat). Jurnal Pusat Studi Sejarah Arkeologi Dan Kebudayaan (PUSAKA), 1(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pusaka/article/view/1540

Masmuri, M. (2019). Membangun Karakter Ramah Lingkungan Pada Komunitas Belajar Anak Usia Sekolah Melalui Pendekatan Behavioritik. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 105. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5491

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Muthmainah, muthmainah. (2022). Peran guru dalam melatih anak mengelola emosi. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–76. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/12469

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nagimah, S. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Kelompok Bermain Anggrek Bulan Dusun Kalangan Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan. repo.apmd.ac.id. http://repo.apmd.ac.id/1724/1/SITI NANGIMAH 18510016.pdf

Nani, P. S., Hartatik, A., Karimah, U., Arahman, M. A. H., & Hafiyah, H. (2020). Keterkaitan antara Perkembangan Peserta Didik dengan Faktor Teman Sebaya. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 34–38. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1009

Nidawati. (2019). Strategi Dan Arah Pembinaan Akhlak Anak Di Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 105–120. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6231

Rahayu, L. S. (2019). Kasus Kekerasan Anak Masih Tinggi, KPAI Minta Sekolah Ramah Anak Diperkuat Baca artikel detiknews, Kasus Kekerasan Anak Masih Tinggi, KPAI Minta Sekolah Ramah Anak Diperkuat. https://news.detik.com/berita/d-4533094/kasus-kekerasan-anak-masih-tinggi-kpai-minta-sekolah-ramah-anak-diperkuat

Rahmatullah, R., & Jumadi, J. (2020). Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1697

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019

Ro’fah, N. (n.d.). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di RA Al Makmur Cikarang Utara (Dalam Perspektif Manajemen …. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Safutra, H. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Zakiah Daradjat dan Thomas Lickona (Studi komparasi tentang metode). repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/6095/1/SKRIPSI.pdf

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Napitupulu, M. S. D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789

Yaqin, M. A. (2008). Pendidikan Multi Kultural. Multikultural.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.