Author
Karmila P. Lamadang(1), Mamat Supriatna(2), Sapriya Sapriya(3), Nana Supriatna(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Indonesia(1)
Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)
Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia,
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-31
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 38 times PDF Downloaded: 15 timesAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat hasil implementasi pendidikan karakter berbasis Tumpe, yang merupakan sebuah model pendidikan karakter yang dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya yang terdapat pada masyarakat kerajaan Banggai. penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD-IT) Madani, dengan melibatkan kelas B dengan rentan usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni kualitatif yakni dengan pengamatan dan wawancara baik kepada peserta didik maupun kepada guru. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter berbasis tumpe cukup berhasil. Hal ini disebabkan model pendidikan karakter ini sejalan dengan kurikulum yang diterapkan disekolah.
Keywords
References
Afrizon, R., Ratnawulan, R., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada mata pelajaran IPA-fisika menggunakan model problem based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/598
al-Ghazali. (2011). Ihya’ ’Ulumuddin 3 : Akhlak Keseharian.
Allport, G. W. (1937). Personality: A psychological interpretation.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi instruksional: prinsip-teknik-prosedur Bandung: Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.
Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media.
Bandura, Albert. (1971). Social Learning Theory,.
Budu, S., Laali, S. A., & Lamadang, K. P. (2023). Penanaman nilai agama dan moral melalui metode demonstrasi pada kelompok a di TK. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 461–466. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4872
Elisah, T., Amri, S., & Jauhari, A. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Elmubarok, Z. (2009). Menumbuhkan pendidikan nilai.
ES, W. N. (2016). Identifikasi Karakteristik Konselor Efektif Berdasarkan Tokoh Punakawan Bagong. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.29210/14400
Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v3i1.3091
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, jilid 1, edisi milenium. Jakarta: Prehallindo.
Lamadang, K. P. (2020). Strategi bisa membaca tanpa diajar.
Lamadang, K., & Supriatna, M. (2022). Value of Education in Malabot Tumpe in Batui Indigenous People of Banggai Regency. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220402.003
Miles, M., Huberman, A., & Saldaña, J. (n.d.). Qualitative data analysis. A methods sourcebook (rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Narni. (2015). Modeling.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Pappers dan Roggers. (2004). kepercayaan.
Samani, D. R. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan .
Sulistyowati, E. (2012). Implementasi kurikulum pendidikan karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama, 12.
Sutanto, O., & Nurrachman, N. (2018). Makna kewirausahaan pada etnis Jawa, Minang, dan Tionghoa: Sebuah studi representasi sosial. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 86–108.
Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap siswa usia 5-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265
Refbacks
- There are currently no refbacks.