Author
H Herman(1), Laode Anhusadar(2),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-01-26
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 690 times PDF Downloaded: 541 timesAbstract
Keywords
References
Ali, M. (2017). Mengkomunikasikan Pendidikan dan Melestarikan Kearifan Lokal Orang Bajo. INFERENSI, 11(1), 187. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.187-206
Anisyah, N., Indrawati, Hafizotun, L., Marwah, S., Yumarni, V., & Annisa DN, N. (2021). Orang Tua Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Parenting. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 34-43. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.26
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 112-122. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Dai, F. H., & Manahung, R. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat Suku Bajo Studi Etnografi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Praktek Ritual Keagamaan di Desa Bajo Kecamatan Tilamuta. Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(1), 41-57.
Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2
Hewi, L. (2015). Kemandirian Usia Dini Di Suku Bajo (Studi Kasus pada Anak Usia 4-6 Tahun di KB Nur' Ain Mola Selatan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2015). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini UNJ, 9(1), 75-92. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.05
Hewi, L. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Golden Age, 3(02), 73. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1644
Ikhsan, A. M., Hasriyanti, H., & Syarif, E. (2020). Pendidikan Formal Anak Dalam Perspektif Nelayan Suku Bajo di Kampung Bajo. LaGeografia, 18(3), 269. https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i3.13606
Katutu, A. (2016). Persepsi dan Tingkat Partisipasi Suku Bajo Terhadap Pedidikan Islam. Al-Qalam, 20(1), 151. https://doi.org/10.31969/alq.v20i1.169
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69-82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1).
Machmud, H. (2021). Membingkai Kepribadian Anak dengan Pola Asuh pada Masa Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 44-55. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.24
Machmud, H., Alim, N., & Ulviya, L. (2020). Keterampilan Sosial Anak Suku Bajo di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 787. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459
Manguntara, L., & Iba, L. (2015). Strategi Penanganan Anak Putus Sekolah pada Suku Bajo Melalui Optimalisasi Peran Komite Sekolah di Kecamatan Tiworo Kabupaten Muna. ETNOREFLIKA, 4(3), 934-946. https://doi.org/10.33772/etnoreflika.v4i3.230
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Mastuti, D. (2014). Kesiapan Taman Kanak-Kanak Dalam Penyelenggaraan Kelas Inklusi Dilihat Program Kegiatan Pembelajaran. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1). https://doi.org/10.15294/BELIA.V3I1.3274
Musya'Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556
Nurhaliza, W. S., & Suciati, T. N. (2019). Potret Sosial Budaya Masyarakat Suku Bajo Sampela di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(2), 341-356. https://doi.org/10.10358/jk.v5i2.671.g639
Obie, M. (2016). Perubahan Sosial Pada Komunitas Suku Bajo Di Pesisir Teluk Tomini. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 153. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v16i1.377
Poelinggomang, E. L. (2016). Makassar abad XIX (Studi tentang Kebijakan Perdagangan Maritim). Kepustakaan Populer Gramedia.
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82-95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139
Suryadi, S., & Tinus, A. (2015). Paradigma Pendidikan Masyarakat Muslim Suku Bajo Wuring Kabupaten Sikka. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i2.11560
Suryanegara, E., Suprajaka, & Nahib, I. (2015). Perubahan Sosial Pada Kehidupan Suku Bajo: Studi Kasus Di Kepulauan Wakatobi , Sulawesi Tenggara ( Social Change on Bajo Tribe : Case Study in Wakatobi Islands , Southeast Sulawesi ). Majalah Globe, 17(1), 67-78.
Syefriyeni, S., & Rosie, T. A. S. (2020). Nilai-Nilai Leluhur Suku Bajo dalam Membangun Sikap Bertoleransi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 179-192. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5648
Tanjung, R. (2020). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 64-73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18
Refbacks
- There are currently no refbacks.