Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence)

Author


Asla De Vega(1Mail), Hapidin Hapidin(2), Karnadi Karnadi(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 512KB]

Published : 2019-07-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 14298 times PDF Downloaded: 9289 times

Abstract


Kepercayaan diri merupakan kemampuan individu dapat memahami dan yakin akan kapasitas dirinya, yakin mencapai tujuan yang diharapkan, tidak cemas dalam bertindak, hangat dan sopan dalam berinteraksi dan percaya akan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan kekerasan verbal terhadap kepercayaan diri pada anak sekolah dasar kota Jakarta Utara. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1), kekerasan verbal (X2), dan kepercayaan diri (Y). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan studi kausal. Jumlah sampel dalam penelitian ini 106 orang dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh langsung positif terhadap kepercayaan diri, kekerasan verbal berpengaruh langsung negatif kepercayaan diri, dan pola asuh berpengaruh langsung negatif terhap kekerasan verbal.


Keywords


pola asuh; kekerasan verbal; kepercayaan diri (self-confidence)

References


Armiyanti, Khusnul, A. (2017). Pengalaman Verbal Abuse oleh Keluarga pada Anak Usia Sekolah di Kota Semarang. 12(1).

Cooper Julia Marie. (2016). Bullying: A performance piece addressingemotional and verbal abuse between children. University of Wyoming.

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23. https://doi.org/10.22202/mamangan.1878

Kochar, R., Ittyerah, M., & Babu, N. (2015). Verbal Abuse and Cognition in the Developing Mind. Journal of Agression, Maltreatment and Trauma, (August 2013). https://doi.org/10.1080/10926771.2015.982236

Loh, J. M. I., Calleja, F., & Restubog, S. L. D. (2011). Words That Hurt : A Qualitative Study of Parental Verbal Abuse in the Philippines. https://doi.org/10.1177/0886260510383031

Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Siswa. 3(1).

Mackowicz Jolanta. (2013). Verbal Abuse in Upbringing As The Cause of Low Self-Esteem in Children. European Scientific Journal, 2.

Mohammadi, Y., Kazemi, S., Development, E., Sciences, M., Planning, C., Management, G., Branch, B. (2017). the relationship of parenting style, self confidence and students acaemic achievement. Future of Medical Education Journal, 913.

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Nuraini, F. (2016). Model Penyadaran Orangtua Menggunakan Pendekatan Interaksi dalam Upaya Meminimalisir Terjadinya Kekerasan pada Anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, X(1).

Ramadhani Asri Maulida. (2017). Jenis Kekerasan Verbal yang Diterima oleh Siswa di Lingkungan Sekolah Dasar, Respon Balik yang Diberikan, serta Program untuk Mengatasinya. 293297.

Salwen, J. K., Hymowitz, G. F., Leary, K. D. O., Pryor, A. D., & Vivian, D. (2014). Childhood Verbal Abuse : A Risk Factor for Depression in Pre-Bariatric Surgery Psychological Evaluations. https://doi.org/10.1007/s11695-014-1281-3

Sari, P. S. (2018). Hubungan Verbal Bullying dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD. 3(1), 1928.

Sarwar, S. (2016). influence of parenting style on children behaviour. Journal of Education and Education Development, 3(2), 222249.

Surbakti. (2012). Parenting Anak-anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Teicher, M. (2014). Wounds That Time Wont Heal: The Neurobiology of Child Abuse. In celebrum:the dana forum on brain science.

Vanaja, Y., & Geetha, D. (2017). a Study On Locus of Control and Self Confidence Of. 5, 598602. https://doi.org/10.5281/zenodo.841186

Zakeri, H., & Karimpour, M. (2011). Social and Parenting Styles and Self-esteem. Inenational Conference on Education and Education Psychology. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.302


Refbacks

  • There are currently no refbacks.