Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar

Author


Iswatiningrum Iswatiningrum(1Mail), Panggung Sutapa(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 354KB]

Published : 2022-02-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 814 times PDF Downloaded: 329 times

Abstract


Kemampuan motorik kasar anak usia dini memiliki peran penting bagi perkembangan pribadi secara keseluruhan. Kemampuan motorik kasar ini dapat dikembangkan melalui beberapa cara, salah satunya menggunakan gerakan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria terhadap kemampuan motorik kasar pada anak TK kelompok B. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain one group-pretest-posttest design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada enam TK dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 153 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa latihan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak TK. Hal ini berimplikasi bahwa guru TK kelompok B dapat menggunakan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.


Keywords


senam si buyung; senam irama ceria; motorik kasar

References


Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(1), 14-21.

Claudia, S., Widiastuti, A. A., Kurniawan, M., Paud, P. G., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. 2(2), 143-148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Eriani, E., & Dimyati. (2020). Stimulasi Kreativitas Gerak Anak Melalui Senam Si Buyung. Mitra Ash-Shibyan, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 88-97.
https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.159

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2021). Permainan Karpet Engkle : Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2), 1187-1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

Hartina, W. O., & Abubakar, S. R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(1).
https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8309

Hayati, S. (2020). Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Pustaka pelajar.

Isabela, N. I., Dwiyanti, L., & Ridwan. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui permainan jump and crawl. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 7, 1-10.

Kustati, U., Hartiwan, & Supriyono. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Senam Ritmik Si Buyung Menggunakan Lagu Potong Bebek Angsa Kelas 1 SD Negeri 1 Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2016. Journal of Physical Education, Health and Sport, JPEHS, 3(1), 32-42.

Lastari, A. A. I. I. A., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2016). Penerapan Pembelajaran Gerak Dan Lagu BerbantuanAudiovisual Untuk Meningkatkan KecerdasanKinestetik Pada Anak Kelompok B. E-JournalPendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, JurusanPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1-10.

Marischa, S. (2017). Analisis Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-5 Tahun. J Agromed Unila, 2(4), 452-455.

Martini. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Fantasi Di Taman Kanak Kanak Al Hikmah Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol.1.No.1., 1(1), 1-12.

Mawarti, S., Sukamti, E. R., & Prasetyo, Y. (2010). Pembuatan Paket Senam Si Buyung untuk Guru-guru TK. UNY.

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. 5(2), 1313-1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849

Nirwana, & Hiliani, R. (2021). Peningkatkan kemampuan motorik kasar melalui latihan senam irama dengan alat. Yasmin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-7.
https://doi.org/10.23960/jiip.v2i1.21785

Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6-12.
https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Nuryanti, Roni, R., & Ismail, H. (2015). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria. Cakrawala Dini, 5(2), 101-111.

Pradipta, G. D., & Sukoco, P. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 130-141.
https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2569

Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Gerak dan Lagu Neurokinestetik ( GELATIK ) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 162-171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 66-78.
https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10233

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Litera Prenada Media Group.

Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini Abstrak Abstract : 4(1), 172-180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298

Subhan, & Irfah, A. (2019). Kreasi Senam Ceria Pada Taman Kanak-Kanak Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Berbasis Gerak dan Lagu. Jurnal Tunas Cendekia, 2(2), 70-78.

Sukma, T., & Wafi, A. (2018). Peningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Down Syndrome melalui Senam Ceria. 4, 43-47.
https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p043

Syafril, S., Kuswanto, C. W., & Muriyan, O. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Upmk, 5(1), 104-113.
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2517

Tsaliska, S., & Maghfiroh. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Care, 8(1), 40-47.

Ubaedah, D., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui senam irama binatang. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(1), 29-40.

Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 5(2), 1844-1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini : Pengembangan Fundamental Movement Skill ( FMS ) pada Anak Abstrak. 5(1), 404-413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605

Verawati, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Tambi-Tambian Penelitian Tindakan Pada Kelompok A di TK Nasional KPS Balikpapan Tahun 2018. Jurnal PAUD Agapedia, 2(1), 66-75.
https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24389

Wijayanti, A., Wijayanti, A., & Laksono, B. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-14.
https://doi.org/10.23960/jiip.v2i1.21785

Wulandari, M., & Asmawi, M. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. 5(2), 1706-1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965

Zakaria. (2014). Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B RA Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zulfah, U. (2019). Penerapan Gerakan Senam Ceria Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Kegiatan Fisik Motorik Kelompok B di Pos Paud Terpadu Kartini Kota Surabaya. Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), 3(1), 7-14.
https://doi.org/10.31090/m.v3i1.868


Refbacks

  • There are currently no refbacks.