Sikap Kebahasaan Guru sebagai Pemodelan Pendidikan Bahasa Anak Usia Dini

Author


I Ketut Wardana(1Mail), Putu Sri Astuti(2), Niluh Sukanadi(3),
Pendidikan Bahasa Inggris,, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Indonesia(1)
Pendidikan bahasa Inggris, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 461KB]

Published : 2022-11-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 362 times PDF Downloaded: 147 times

Abstract


Pemodelan sikap berbahasa guru dalam pendidikan anak usia dini dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan karakter, kognisi, serta motorik anak. Sehingga, strategi berbahasa guru PAUD yang tepat dapat membentuk anak menjadi berkarakter, cerdas dan trampil. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sikap kebahasaan guru dapat memaksimalkan tujuan afektif, kognitif, dan psikomotorik bahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi fenomenologi. Data dikumpulkan dari 20 guru PAUD di Kecamatan Mengwi melalui tes unjuk kerja mengajar dalam vidio dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil membangkitkan olah rasa bahasa, mengaktivasi realisasi bahasa, dan membangkit nalar kebahasaan Anak. Tingkat kompleksitas kalimat guru dikategorikan Sedang dengan jenis kata sederhana. Dari unsur prosodik, tempo ujaran guru bervariatif mulai dari Pelan ke Sedang dengan penggunaan gestur dan kontak mata yang tepat. Dengan demikian, penelitian ini menyatakan bahwa pemodelan verba pedagogi, guru dapat mengoptimalkan perkembangan sikap, nalar, dan realisasi bahasa anak dengan baik


Keywords


sikap kebahasaan; pedagogi verba; model pendidikan

References


Adell, J., Bonafonte, A., & Escudero, D. (2005). Analysis of prosodic features: towards modelling of emotional and pragmatic attributes of speech. Procesamiento Del Lenguaje Natural, 35, 277–283. https://www.redalyc.org/articulo.oa?id=515751735034

Ag, K. M., & Amelia, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik. Prenada Media.

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan model pendidikan karakter peduli sosial melalui metode bermain peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195

Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 181–197. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 46–55. https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/104

Bass, J. A., & Chambless, M. (1994). Modeling in Teacher Education: The Effects on Writing Attitude. Action in Teacher Education, 16(2), 37–44. https://doi.org/10.1080/01626620.1994.10463197

Burnkrant, R. E., & Page, T. J. (1988). The structure and antecedents of the normative and attitudinal components of Fishbein’s theory of reasoned action. Journal of Experimental Social Psychology, 24(1), 66–87. https://doi.org/10.1016/0022-1031(88)90044-3

Camilli, G., Vargas, S., Ryan, S., & Barnett, W. S. (2010). Meta-Analysis of the Effects of Early Education Interventions on Cognitive and Social Development. Teachers College Record, 112(3), 579–620. https://doi.org/10.1177/016146811011200303

Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., Avicenna, A., Salim, N. A., Karwanto, K., & Kato, I. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative Research Designs: Selection and Implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390

Ghenghesh, P. (2010). The motivation of learners of Arabic: Does it decrease with age. Journal of Language Teaching and Research, 1(3), 235–249. https://doi.org/10.4304/jltr.1.3.235-249

Giorgi, A. (1994). A Phenomenological Perspective on Certain Qualitative Research Methods. Journal of Phenomenological Psychology, 25(2), 190–220. https://doi.org/10.1163/156916294X00034

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Kridalaksana, H. (2001). Wiwara: pengantar bahasa dan kebudayaan Jawa. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2017). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1023

Lase, F., & Zega, A. (2021). Sikap Kepribadian Guru PAUD yang Menarik dan Disukai Peserta Didik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2107–2126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1960

Lupyan, G., & Lewis, M. (2019). From words-as-mappings to words-as-cues: The role of language in semantic knowledge. Language, Cognition and Neuroscience, 34(10), 1319–1337. https://doi.org/10.1080/23273798.2017.1404114

Marienda, W., Zainuddin, M., & Hidayat, E. N. (2015). Kompetensi dan Profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271

Mayasari, D., & Ardhana, N. R. (2018). Publikasi Bentuk Fungsi dan Kategori SintaksisTuturan Masyarakat Manduro sebagai Pendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.7

Moustakas, L. (2022). A Bibliometric Analysis of Research on Social Cohesion from 1994–2020. Publications, 10(1), 5. https://doi.org/10.3390/publications10010005

Oktarina, S. (2015). Aplikasi kesantunan berbahasa berbasis karakter dalam perangkat pembelajaran pada PAUD di kota Palembang Universitas Sriwijaya. Jurnal Logat, 2(2), 77–90. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/logat/article/view/125

Pontoh, W. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).

Praditya, D. (2022). Pemakaian Bahasa Non Verbal Guru dan Peserta Didik di Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.318

Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater, Dan Pembelajaran Yang Humanis. Indocamp.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 1–14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051

Rahayu, D. (2022). Model Pembelajaran Sentra Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Anak Usia Dini Di Paud Nusa Indah Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 164–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/42374

Riwayati Zein, Z., & Vivi Puspita, P. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581

Rosyada, A., Retnomurti, A. B., & Ramadhianti, A. (2020). Implemented Positive Language to Build Positive Characters of Children as Cultural Heritage. 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 245–249. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoflex-19/125950150

Saudah, S. (2014). Bahasa Positif Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Moral Anak. Al-Ulum, 14(1), 67–84. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/229

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48

Suminah, & Ristiana, Y. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak di Tk Annisa Segene Balik Kabupaten Aceh Tengah. Ta’dib, 11(2), 92–95. https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/68

Triani, L., Hartati, S., & Meilani, R. S. M. (2021). Tueak Serembeak: The Role of Parenting in Early Character Development and Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 281–299. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.05

Widyastuti, A. (2018). Bahasa Positif Guru Dalam Bimbingan dan Konseling Membentuk Karakter Positif Anak Usia Dini. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 107–115. https://doi.org/10.26638/jfk.525.2099

Wijayanti, S. H., Darmoyo, S., & Dhian, Y. C. (2015). Sikap Bahasa Guru Sekolah Dasar Terhadap Bahasa Indonesia Ragam Tulis Baku. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 28–43. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12144

Xuan, Z., & Yihong, G. (2017). Language Attitude Education as ICC Facilitation: An Explorative Class. 40(1), 3–20. https://doi.org/doi:10.1515/cjal-2017-0001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.