Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini

Author


Muh. Shaleh(1), Batmang Batmang(2), Laode Anhusadar(3Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri Kendari Kendari, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 359KB]

Published : 2022-06-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 729 times PDF Downloaded: 405 times

Abstract


Perkembangan keaksaraan anak usia dini perlu diberikan stimulus sejak dini tidak hanya oleh pendidik atau orang tua tetapi perlu kolaborasi antar orang tua dan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolabarasi orang tua dan pendidik dalam menstimulus perkembangan keaksaraan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada KB Sultan Qaimuddin Kendari. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021-Maret 2022, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan orang tua peserta didik pada KB Sultan Qaimuddin Kendari. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan orang tua dan pendidik dalam memberikan stimulus perkembangan keaksaraan anak usia dini adalah merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian, dan mengenalkan lambang huruf.


Keywords


Anak Usia dini; Keaksaraan; Kolaborasi

References


Anisa, A., & Faqihatuddiniyah, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga pada Anak Kelompok B RA Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 33. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4698

Anisyah, N., Indrawati, Hafizotun, L., Marwah, S., Yumarni, V., & Annisa DN, N. (2021). Orang Tua Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Parenting. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 34-43. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.26

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20-27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47

Arya, A. J. (2022). Pengembangan Game Edukasi Membaca dan Menulis untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun dalam Hal Keaksaraan di TK Islam Bhakti 5 YPBWI Gresik. Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC), 4(1), 1-18. https://doi.org/10.30587/jieec.v4i1.3720

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fajri, Z., Toba, R., Muali, C., Ulfah, M., & Zahro, F. (2022). The Implications of Naturalist Illustration Image Media on Early Childhood Learning Concentration and Motivation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3278-3290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2092

Fitri, P. A. R. J. (2020). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Sebelas Maret dengan anak memiliki efek positif motivasi anak dalam melakukan. Jurnal Kumara Cendekia, 8(3), 253-263. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.42603

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital "Bermain Keaksaraan" pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36-49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Hayati, T., Hidayat, H., & Nuri, N. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 58-68. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.16

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174-186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62-68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856

Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-63.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kemdikbud.

Khoiriyah, K., & Rachman, A. U. (2019). Bercakap-cakap sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 38. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.567

Lailatul Mufridah, G., & Mufarochah, S. (2021). Peran Guru dalam Mengembangkan Keenam Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Memakai Media Balok di RA Lukman Al Hakim Lidah Wetan Lakarsantri Surabaya. Al-Abyadh, 4(2), 110-115. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.366

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Raudhah, 06(02), 1-26.

Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak PAUD Berbantuan Media Gambar melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800

Mandasari, N. D., Gading, I. K., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Mengukur Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Instrumen Penilaian. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 63. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.36223

Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34-42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Mastuti, D. (2014). Kesiapan Taman Kanak-Kanak Dalam Penyelenggaraan Kelas Inklusi Dilihat Program Kegiatan Pembelajaran. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1).

Meliawati, M., Heryana, N., & Sutrisno, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Paud Sentosa Pontianak. Eksistensi, 3(1), 1-7.

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Novita, C. C., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan Mainan Kartu Kata Membaca Berputar Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(3), 132-138. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i3.82

Nurjanah, S., Nurrohmah, E., & Zahro, I. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 393. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p393-398

Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39.

Sari, A. M. F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Berbagai Metode Dengan Kegiatan Yang Bervariasi Pada Kelompok B Ra Al-Fityah Pekanbaru. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5490

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316

Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 18-21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.

Wahyuseptiana, Y. I., & Nuryanto, S. (2021). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Literasi Awal Pada Guru Taman Kanak-Kanak Aisyah Cekel Karangturi. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.