Author
Wildiani Lathifah(1), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-08-31
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 688 times PDF Downloaded: 306 timesAbstract
Sehubungan dengan kebijakan penerapan pembelajaran jarak jauh sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 menjadikan guru harus mampu mempersiapkan pengelolaan kelas dengan sebaik mungkin pada pembelajaran seni. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan keterampilan guru melakukan pengelolaan kelas saat pembelajaran seni selama pandemi ini. Penelitian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di TK Islam SAFA tahun ajaran baru 2021/2022 berlangsung melalui tiga program pembelajaran yaitu pembelajaran online, pembelajaran tatap muka, dan program kunjungan. Guru sudah memiliki keterampilan mengelola kelas, perihal ini ditunjukkan dengan membuat lingkungan belajar yang nyaman, mendisiplinkan anak, menyediakan media yang merangsang minat dan perhatian anak, menata meja dan kursi untuk menciptakan suasana kelas yang baru, memulai pelajaran dengan materi yang menyenangkan dapat membantu mengembangkan seni pada anak usia dini di kelas TK Islam SAFA.
Keywords
References
Dewi, J. K. (2020). Gerak dasar tari untuk anak usia dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan kemampuan kerja sama melalui kegiatan kerja kelompok pada anak kelompok a tk kartika salo kabupaten kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47
Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, fungsi dan strategi pembelajaran seni bagi peserta didik usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109-123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Hafinda, T., & Armanisah. (2021). Keterampilan guru mengelola kelas: upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 167-182. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i02.699
Hasbi, M., Wahyuni, M., & Yuliantina, I. (2020). Rencana pelaksanaan pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/253526-1610173147.pdf
Kadir, S. F. (2014). Keterampilan mengelola kelas dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Jurnal Al-Ta'dib, 2, 16-36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i2.315
Khasanah, K., & Handayaningrum, W. (2021). Pengenalan seni tari pada anak usia dini sebagai upaya menangkal kecanduan gadget di sanggar seni kartika budaya kab. jember. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 140-153. https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p140-153
Maryani, K. (2020). Penilaian dan pelaporan perkembangan anak saat pembelajaran di rumah di masa pendemi covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795-2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Mulyani, N. (2016). Pendidikan seni tari anak usia dini (1st ed.). Gava Media.
Nabila Hilmy Zhafira, Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.
Nursyam, R., Setiawati, R., & Haerudin, D. (2020). Ekspresi diri berbasis gerak maknawi melalui penciptaan karya tari lenggang meniti asa. Senakreasi: Seminar Nasional Kreativitas dan Studi Seni, 2, 79-97).
Pahrul, Y., Joni, J., & Marlina, L. (2021). Kemampuan guru dalam mengelola kelas selama pembelajaran covid-19 pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2168-2174. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1807
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Tafhim Al-'Ilmi, 11(2), 266-275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755
Parwathi, P. L. S., Santiyadnya, N., & Adiarta, A. (2017). Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di sma negeri 1 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11106
Permataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2022). Pembelajaran nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode montessori selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693-703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2
Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif di taman kanak-kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.