Author
Du Xiaomei(1), Cepi Triatna(2), Li Xuemei(3),
Bahasa Indonesia, Universitas Normal Qujing, Yunnan; Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, China(1)
Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Bahasa Thai, Universitas Normal Qujing, Yunnan, China(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-01-16
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 281 times PDF Downloaded: 203 timesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan nilai-nilai guru bahasa Indonesia di China, mencari solusi untuk memajukan pendidikannya di China. Pendalaman ekonomi pasar internasional China dan Indonesia semakin banyak komunikasi dalam politik, ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, dll.,Keperluannya guru terus meningkat. Metode penelitian literatur: dengan membaca karya buku lain, melakukan kesimpulan dan mengambil informasi kunci buat penyusunan artikel ini; Metode pengalaman: Sebagai seguru Bahasa Indonesia, penulis mengamati dan mengumpulkan informasi penting untuk penyusunan artikel ini. Berdasarkan teori peran guru dan penelitian guru bahasa asing di China, dari perspektif guru bahasa Indonesia, hubungan internal antara subjek guru bahasa Indonesia, lingkungan budaya pendidikan dan presentasi peran guru dianalisis dari tiga aspek, yaitu: esensi, guru dan peran, peran guru bahasa asing di China membawa beban budaya, sosial dan disiplin. Peran guru bahasa Indonesia sangat penting, tetapi jumlahnya tidak mencukupi. Khusus guru bahasa non-universal di Asia Tenggara
Keywords
References
Batmanlusy, D. E., & Kurniawan, M. (2020). Pengembangan Reading Domino sebagai Media Belajar Membaca Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 698. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.615
Duan, G. (2017). Situasi dan Prospek Pendidikan Sarjana untuk Jurusan Bahasa Indonesia di China Saat Ini. http://www.qikan.com.cn
Han, L. (2014). Kajian atas Pengajaran Bahasa Asia ASEAN. HAI WAI YINGYU.
Hengjing, L. (2009). Situasi dan Perkembangan Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Guru Bahasa Asing China Saat Ini. http://www.qikan.com.cn
Liqun, J. (2019). Pengajaran Bahasa Asing dan Pengembangan Bakat Internasional. http://www.qikan.com.cn
Meishen, W. (2018). Penelitian Talenta Indonesia Dalam Rangka Satu Sabuk, Satu Jalan.
Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit IIIParts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657
Ping, L. (2013). Menumbuhkan Jalur China untuk Pengembangan Bahasa Asia Tenggara. http://www.qikan.com.cn
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Qiaoying, L. (2009). Penyelidikan Awal ke Seni Pengajaran Bahasa Asing. https://wenku.baidu.com/view/5fe6826858eef8c75fbfc77da26925c52cc591ab.html?fr=sogou&_wkts_=1673693388488
Qiufang, W. (2019). Perbatasan Penelitian Pendidikan Bahasa Asing. 4. https://wenku.baidu.com/view/fc0b4be8a68da0116c175f0e7cd184254b351b06.html?fr=sogou&_wkts_=1673692244415
Taisheng, L. (2009). Pelatihan Bakat dan Penanggulangan untuk Bahasa Non-umum. https://www.doc88.com/p-907857802913.html?s=rel&id=3
Wenzhong, H. (2001). Analisis Perencanaan Pengajaran Bahasa Asia China. Analisis Bahasa Asing. https://wenku.baidu.com/view/fb284e6fb52acfc788ebc95a.html?fr=sogou&_wkts_=1673705346215
Wibowo, A. P. (2021). Sejarah dan Perkembangan Komunitas Tionghoa di Kecamatan Losari Brebes Tahun 1966-1998 [IAIN Syekh Nurjati Cirebon]. http://repository.syekhnurjati.ac.id/5261
Xiantian, Z. (2013). Penelitian atas Pelaksanaan Pengajaran Berbasis Micro-Lecture. JIAO XUE YUE KAN. https://wenku.baidu.com/view/b34d7ae8aef8941ea76e0559.html?fr=sogou&_wkts_=1673702992066
Yan, Z. (2019). Orientasi Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Asing dan Identitas Guru Bahasa Asing. http://www.qikan.com.cn
Yingying, F. (2016). Masalah-masalah dalam Penerjemahan Bahasa Non-umum. Jurnal Teknologi Dan Inovasi. https://wenku.baidu.com/view/583f843db7daa58da0116c175f0e7cd18425187e?fr=sogou
Refbacks
- There are currently no refbacks.