Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari

Author


Hartono Hartono(1Mail), Eny Kusumastuti(2), Ratih Ayu Pratiwinindya(3), Anggun Widya Lestar(4),
Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)
Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 257KB]

Published : 2022-08-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1214 times PDF Downloaded: 631 times

Abstract


Penanaman literasi budaya dan kreativitas melalui pembelajaran tari untuk lebih mencintai kebudayaannya sendiri bagi anak usia dini. Untuk itu, tujuan artikel ini, menjelaskan proses penanaman literasi tari dan kreativitas melalui pembelajaran tari pada anak usia dini. Motede penelitian ini kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan selama proses pengumpulan data dengan menarik kesimpulan dari fokus penelitian. Hasil yang ditemukan proses penananaman literasi tari melalui pembelajaran tari, anak menjadi lebih memahami berbagai gerak dan lagu-lagu daerah, menghargai berupa melakukan gerak dan menyanyikan lagu daerah lain, melakukan analisis terutama berkaitan dengan teknik, secara tidak disadari bagi anak telah menerapkan pengetahuan tentang kebudayaan dalam kehidupannya. Hasil penelitian berkaitan dengan kreativitas, bagi anak usia dini menjadi terampil dan lancar dalam menari, luwes, pengekspresian, dan keterampilan merinci urutan gerak, serta kemampuan berimajinasi


Keywords


anak usia dini; kreativitas; literasi budaya

References


Ahsani, L. F. (2021). Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmiah Hasil Penelotian Dan Pemikrian Kritis, 11, 7-16.
https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Harlistyarintica, Y., Kuffa, R. N., Apriyanto, S., Susi, S., & Cholimah, N. (2018). Implementasi Program Literasi Budaya Melalui Sanggar Dongeng Anak Di Desa Mororejo Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 24-29. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24442

Hartini, Y. F. dan S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreatifitas Seni Anak Ditaman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143-1155.

Hartono, Cahyono, A., & Kusumastuti, E. (2021). Warok dance: A medium of child aesthetic fulfillment. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 242-249. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090212

Juniasih, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Gerak Melalui Kegiatan Tari Pendikan Berbasis Cerita ( Tarita ). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 319.

Karwati, L. (2020). Upaya Pengelola Pkbm Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Baca Melalui Taman Bacaan Masyarakat. Jendela PLS, 5(1), 51-58. https://doi.org/10.37058/jpls.v5i1.2674

Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, R. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 11-16. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.2

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative Data Analysis atau Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa'adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muniroh, M. S., Khasanah, N., & Irsyad, M. (2020). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini Di Sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Lentera Anak, 1(01), 81-91.

N, A. D. A., Putri, F. A., & Siregar, F. R. (2020). Literasi Budaya Melalui Take And Give Picture Menggunakan Anjungan Kearifan Lokal. SMP Swasta Putri Cahaya Medan.

Nofianti, R. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar dalam upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan. Jurnal Iliah Abdi Ilmu, 12(2), 112-118. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5366

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Rohidi. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara.

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 147-161.

Sari, D. A., & Supriyadi, S. (2021). Penguatan literasi budaya dan kewargaan berbasis sekolah di sekolah menengah pertama. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 13. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.19409

Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247

Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240

Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (Qualitative Research Methodology: Theoretical Basis and Its Application in Research). Universitas Sebelas Maret Surakarta Press.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92-105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Triyono, T. (2019). Pentingnya Literasi Budaya di Desa Seni Jurang Blimbing. Anuva, 3(1), 77-85. https://doi.org/10.14710/anuva.3.1.77-85


Refbacks

  • There are currently no refbacks.