Strategi Pembelajaran yang Efektif pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dari berbagai Negara

Author


Dewi Mayangsari(1Mail), Nur Ainy Fardana(2), Nono Hery Yoenanto(3),
Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia(2)
Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 239KB]

Published : 2022-07-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 658 times PDF Downloaded: 1210 times

Abstract


Tujuan penelitian: (a) mengukur Strategi pembelajaran pada anak usia dini apa saja yang efektif digunakan selama masa pandemi Covid-19? dan (b) Faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan telaah literatur secara sistematis menggunakan proses Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA) dengan menetapkan kriteria inklusi yakni artikel yang dipublikasikan mulai tahun 2019-2020 karena mulai tahun 2019 pandemi covid 19 timbul, dan menerapkan strategi pembelajaran selama masa pandemi COVID-19. Kriteria eksklusinya adalah ketika literatur bukan merupakan peer-reviewed. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada penerapan strategi pembelajaran di masing-masing negara, kesemuanya menggunakan strategi pembelajaran online. Namun yang banyak digunakan dalam pembelajaran online adalah penggunaan apalikasi Zoom disertai dengan bantuan video. Faktor pendukung strategi pembelajaran diantaranya bersumber dari guru, orang tua dan rasio guru dan anak sedangkan faktor penghambatnya bersumber dari keterbatasan waktu, kemampuan orang tua dalam menggunakan teknologi yang terbatas.


Keywords


strategi; pembelajaran; efektif, berbagai negara; covid-19

References


Afida, N. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA AL-Islam Krian. Statistika. Jurnal Ilmiah Dan Aplikasi Statistika, 6(1).
https://doi.org/10.36456/jstat.vol6.no1.a301

Asrizal. (2016). Penanganan Anak Autis dalam Interaksi Sosial. Jurnal PKS, 15(1), 1-2.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bin-Tahir, S. Z., Tenriawali, A. Y., Umanailo, M. C. B., Iye, R., Hasyim, M., Latjuba, A. Y., & Abbas, A. (2021). Designing English teaching model at the remote area schools of Maluku in Covid-19 pandemic situation. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069-1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067

Iye, R., Sudipa, I. N., & Simpen, I. W. (2022). Konsep Filsafat Betrand Russell (Betrand Russell ' s Philosophy Concept). Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 3(April), 111-120.

Kim, J. (2020). Learning and teaching online during Covid-19: experiences of student teachers in an early childhood education practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145-158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., Bugis, R., & Azwan, A. (2021). Pemanafaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148-158. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.914

Marwa, dkk. (2020). The Teachers Role in Increasing The Learning Interest of Class IV Students in The Covid-19 Pandemi Era. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215-227. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126-150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (1997). Macro Economy (Fourth). Erlangga.

Sofyana & Abdu. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81-86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Susiati, S., Iye, R., & S. (2019). Hot Potatoes Multimedia Applications in Evaluation of Indonesian Learning In SMP Students in Buru District. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 2(4), 556-570. https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i4.8455

Syaiful N, Rudiyansyah, and S. L. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa). Jurnal Pendidikan, 11(1), 86-92.
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539

Szente, J. (2020). Live Virtual Sessions with Toddlers and Preschoolers amid COVID-19: Implications for Early Childhood Teacher Education. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 373-380.

Tam, P.-C. (2020). Response to COVID-19 'Now I send you the rays of the sun': a drama project to rebuild post-COVID-19 resilience for teachers and children in Hong Kong. The Journal Applied Theatre and Performnce, 25(5), 631-637. https://doi.org/10.1080/13569783.2020.1816816

Wantara, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2), 12-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.