Author
Dewi Mulyani(1), Dinar Nur Intem(2), Helmi Aziz(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-11-03
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 420 times PDF Downloaded: 226 timesAbstract
Program literasi seiring perkembangan zaman di Abad 21 telah berkembang menjadi multiliterasi. Menumbuhkan pribadi literat dimulai sejak dini dari ruang-ruang keluarga. Mengingat sosok anak yang unik maka perlu pendekatan dan model yang cocok bermakna dan menyenangkan. Dalam kesempatan ini ditawarkan salah satu model multiliterasi ibu dan anak Candaria - bercerita sambil berkarya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen melalui pendekatan pre-post test with control group design. Pada tahap awal, dilakukan studi Pustaka dan studi pendahuluan. Berikutnya analisis kebutuhan inovasi dan merancang model. Selanjutnya, penentuan sampel penelitian dan penerapan model. Evaluasi dilaksanakan setelah keseluruhan kegiatan berakhir. Hasil penelitian terlihat bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan kreativitas orangtua dalam kegiatan multiliterasi melalui Candaria pada taraf kepercayaan 95 persen. Dengan demikian Candaria dapat dipergunakan sebagai model menumbuhkan multiliterasi ibu dan anak di masa usia dini.
Keywords
References
Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Bunanta, M. (2004). Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. KPBA.
Dewayani, S. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Dezuanni, M. (2019). Children’s minecraft multiliteracy practices and learning through peer pedagogies. In Multiliteracies and Early Years Innovation: Perspectives from Finland and Beyond (pp. 183–198). https://doi.org/10.4324/9780429432668-11
Ekasari, N. F. (2018). Bunga Rampai GLS: Praktik Baik Pembelajaran Dan Penumbuhan Budaya Literasi (S. Dewayani (ed.); Cetakan 1). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Inten, D. N., Mulyani, D., Alhamuddin, & Neneng Permatasari, A. (2016). Kearifan Lokal Sebagai Media Pendidikan Karakter Antikorupsi pada Anak Usia Dini Melalui Strategi Dongkrak. Jurnal Integritas, 02(1), 135. https://doi.org/10.32697/integritas.v2i1.128
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486
Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah [Guide to school literacy movement]. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kervin, L., & Mantei, J. (2017). Children Creating Multimodal Stories About a Familiar Environment. Reading Teacher, 70(6), 721–728. https://doi.org/10.1002/trtr.1556
Kumoro, I. (2015). Analisis Urgensi Metode Pembelajaran Bercerita Bagi Perkembangan Empati Anak di TK Dharma Wanita Kendal Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 1(1), 129–131. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7535
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Moreno-Leon, J., Robles, G., & Roman-Gonzalez, M. (2016). Comparing computational thinking development assessment scores with software complexity metrics. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 10-13-Apri, 1040–1045. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2016.7474681
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72
Musfiroh, T. (2005). Cerita untuk Perkembangan Anak. Navila.
Pamungkas, M. I., Mulyani, D., & Inten, D. N. (2019). Literation of Al-Quran for Early Age with Playing Techniques. Proceedings of the Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018). https://doi.org/10.2991/sores-18.2019.3
Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. SIARAN PERS Nomor: 397/Sipres/A5.3/XII/2019, 4–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Pentury, H. J. (2018). Penggunaan Media Cerita Anak Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dwibahasa Guru Taman Kanak-Kanak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.1905
Permatasari, A. N., & Inten, D. N. (2020). Hariring Indung Sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi, 12(2), 231. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8642
Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2017). Literasi Dini Dengan Teknik Bercerita. FamilyEdu, 3(1), 20–28. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/5887
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2019). Literasi Dini. Mediamore.
Purwasi, N., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). Pengembangan literasi sains anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10531
Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 5879–5882. https://ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0120-29387
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Rasi, P., Kangas, M., & Ruokamo, H. (2019). Promoting multiliteracy in the Finnish educational system. Introduction to the Finnish educational. https://doi.org/10.1163/9789004394278_007
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Hilda Zahra Lubis. (2006). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Pertama, Vol. 5, Issue 2). Perdana Publishing.
Sudarma, T. F. D., Wahya, Citraresmana, E., Indira, D., Muhtadin, T., & Lyra, H. M. (2018). Upaya Pemertahanan Bahasa-Budaya Sunda di Tengah Pengaruh Globalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1–6. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20408
Wentzel, K. R., Russell, S., & Baker, S. (2016). Emotional support and expectations from parents, teachers, and peers predict adolescent competence at school. Journal of Educational Psychology, 108(2), 242–255. https://doi.org/10.1037/edu0000049
Yelland, N. J. (2018). A pedagogy of multiliteracies: Young children and multimodal learning with tablets. British Journal of Educational Technology, 49(5), 847–858. https://doi.org/10.1111/bjet.12635
Yulianisa, Rizal, F., Oktaviani, & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: SMK Negeri 2 Solok). Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(3), 1–8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/102505
Refbacks
- There are currently no refbacks.