Pemanfaatan Media Kopi dalam Kegiatan Seni Anak Usia Dini

Author


Silfia Novita Rizki(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 384KB]

Published : 2023-03-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 431 times PDF Downloaded: 223 times

Abstract


Media pembelajaran yang digunakan di lembaga pendidikan anak usia dini memiliki banyak keragaman salah satunya yaitu media alam termasuk penggunaan media kopi. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi upaya pemanfaatan media kopi dalam aktivitas seni dalam pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan serta menggunakan verifikasi data.  Subjek pada penelitian ini adalah 4 guru dan kepala sekolah serta sebagian orang wali murid. Penelitian ini mendeskripsikan realitas di taman kanak-kanak tentang pemanfaatan media kopi dalam kegiatan seni. Hasil kegiatan melalui pemanfaatan tanaman kopi sangat beragam yaitu; mengecap dengan biji kopi, membuat mahkota dari daun kopi, kolase dengan kulit biji kopi, melukis dengan ampas kopi, menempel dengan daun kering, dan mengenalkan permainan tradisional dengan menggunakan biji kopi.


Keywords


anak usia dini; aktivitas seni; bahan ajar; bahan alam kopi

References


Arianti, E. A., & Ismiatun, A. N. (2022). Stimulasi kemampuan berpikir logis anak kelompok A melalui media bahan alam selama pembelajaran daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 215. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10418

Barfod, K., Stevenson, M. P., & Bentsen, P. (2020). Outdoor Learning in Early Childhood. In Encyclopedia of Teacher Education (Vol. 28, Issue 2, pp. 1–5). https://doi.org/10.1007/978-981-13-1179-6_360-1

Creswell, J., & Poth, C. (2018). Qualitative inguiry research design: choosing among five approaches. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Dabis, Y., Arifin, I. N., Gorontalo, U. N., Desember, D., Maret, D., Alam, B., & Belajar, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B. Student Journal of Early Childhood Education, 2(1), 46–54. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE/article/view/994

Departement of education training and Employement. (2012). Everyday and natural materials. Information correct at time of printing. https://currimundiss.eq.edu.au/Supportandresources/Formsanddocuments/Documents/Prep resources/ac_-_everyday__natural_materials.pdf

Fazalani, R., & Saputra, N. (2022). Kain Perca Batik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Paud Al-Karimah. On Teacher Education, 3(2), 127–138. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3285

Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i2.943

Fox, J. E., & Schirrmacher, R. (2014). Art and creative development for young children. Cencgae Learning.

Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions Of Loose Parts In Early Childhood Outdoor Classrooms : A scoping review. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 37–52. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1225658.pdf

Herr, J. (2013). Creative resoursces for the early childhood classroom (6th ed.). Wadsworth Cencage Learning.

Kaufman, J. C., & Sternberg, R. J. (1982). The cambridge handbook of creativity. Cambridge University Press.

Kellogg, R. (1979). Children’s drawing/children’s minds. Avon Books.

Khoiri, A. (2021). Meningkatkan kemampuan matematika dasar pada anak usia dini melalui pemanfaatan media alam. Al-Athfal: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 181–207. https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/al-athfal/article/view/216

Kiewra, C., & Veselack, E. (2016). Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Classrooms. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 70. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1120194.pdf

Lestari, M. O., & Safitri, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Anak Usia Dini Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), 3. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/1160

Mabagala, S., & Mabagala, D. L. (2007). The importance of play during childhood: the lesson for care givers, parents and pre-schools in tanzania. Huria - Journal of the Open University of Tanzania, 11(1), 111–126. https://www.ajol.info/index.php/huria/article/view/86065

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. In Remaja Rosdakarya.

Mulyati, S., & Sumeriwati, H. (2021). The Implementation of Learning Natural Materials Centers in an Effort to Improve Early Chilhood 5-6 Years Science Skills in Kindergarten Al –Azhar Diniyyah Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 370. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.235

Muzayyanah, Anam, N., & Rahman, F. (2022). Development Of Non-Uptitude Creativity In Early Childhood Through Waste, Natural And Synthetic Media (Loose Parts) In Ra Mamba’ul Hikmah Jember. Proceedings International Conference On Humanity Education And Social, 1(1), 35–43. http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/iches22/article/view/159

Oman, F. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(1), 10. http://103.20.188.221/index.php/assibyan/article/view/1334

Pratini, R., & Erhamwilda. (2021). Pengaruh Permainan Beklen Biji Kopi terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Paud X Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 86–94. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.388

Priyanti, N., & Jhoni Warmansyah. (2021). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239–257. https://doi.org/10.21009/jpud.152.03

Saputra, E. (2008). Kopi dari Sejarah, Efek bagi Kesehatan Tubuh dan Gaya Hidup. In Yogyakarta: harmoni, Grafindo. Harmoni.

Sholihah, M., Sukartiningsih, W., & Bachri, B. S. (2018). The Influence of Learning Models of Natural Materials on the Cognitive and Motoric Development of Children in Group B in Kindergarten. Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 212, 710–714. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.161

Sidabutar, R. R., & Siahaan, H. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Afālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.930

Sriyanto, A., & Lestari, P. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan bermain kreasi loose part TK ABA 1 Pandean Karanganyar Ngawi. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 86–111. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/allubab/article/view/4345

Sugiartiningsih, Siti Hikmawati, Any Handriyani, Windah Yunan Kristianawati, & Eroh Rohayati. (2022). Penciptaan Sumber Daya Manusia Berkualitas Jenjang Usia Dini Melalui Kreativitas Wisata Edukasi Ibu dan Anak. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i1.147

Sulastri, A. T. (2012). Peningkatan keterampilan Motorik halus melalui kegiatan mosaik pada anak kelompok B di TK Pamardisiwi Muju-muju Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S1 Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/119

Supriyadi, H. (2014). Budidaya Tanaman Kopi Untuk Adaptasi Dan Mitigasi Perubahan Iklim. In Perspektif (Vol. 13, Issue 1, pp. 35–48).

Temiz, Z., & Karaarslan Semiz, G. (2018). Combining art activities and nature in pre-school education. Erken Çocukluk Çalışmaları Dergisi, 2(3), 556–570. https://doi.org/10.24130/eccd-jecs.1967201823103

Ulfadilah, N., Mulyana, E. H., & Muslihin, H. Y. (2021). Pemanfaatan Media Permainan Sains untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 49–58. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.6605

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347


Refbacks

  • There are currently no refbacks.