Penanaman Karakter Toleran di dalam Keluarga Kristen pada Anak Sejak Usia Dini

Author


Clara Raflesiane Misahapsari(1), Kalis Stevanus(2Mail),
Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Indonesia(1)
Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 339KB]

Published : 2023-03-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 410 times PDF Downloaded: 181 times

Abstract


Di tengah berbagai persoalan maraknya tindakan intoleran yang menyebabkan membudayanya tindak kekerasan, anarkisme, radikalisme di masyarakat Indonesia, tanggung jawab untuk merawat keharmonisan relasi persaudaraan antar umat beragama maka solusi dengan cara menanamkan dan membentuk karakter toleran pada anak sejak usia dini di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi keluarga Kristen dalam upaya menanamkan dan membentuk atau internalisasi karakter toleran pada anak sejak usia dini.  Metode penelitian ini adalah metode kualitatif secara deskriptif. Sumber data diperoleh melalui kajian literatur dengan cara menyeleksi dan menganalisis beberapa hasil penelitian tentang pembentukan karakter toleran pada anak sejak usia dini di dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter toleran di dalam keluarga merupakan sarana efektif untuk menumbuhkembangkan karakter peduli, bela rasa dan empati pada anak sejak usia dini.  Karakter toleran menjadi kunci untuk membangun relasi sosial yang harmonis antar umat beragama di Indonesia. Peran keluarga sangat signifikan untuk melahirkan generasi yang toleran sehingga dapat hidup berdampingan harmoni dengan yang berbeda agama.


Keywords


anak usia dini; karakter toleran; keluarga Kristen

References


Ahmad, A. (2012). Refleksi Historis Pendidikan Rasulullah Potret Untuk Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jurnal Theologia, 23(1), 237–250. https://doi.org/10.21580/teo.2012.23.1.1804

Amin, M. (2020). Merebaknya Intoleransi (Hate Speech dan Hate Crime) dalam Politik Indonesia. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 87–99. https://doi.org/10.52166/madani.v12i1.1902

Arifianto, Y. A., & Stevanus, K. (2020). Membangun Kerukunan Antar umat Beragama dan Implikasinya bagi Misi Kristen. Huperetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.46817/huperetes.v2i1.44

Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 125–132. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/1426

Babuta, Y. Y. I., & Wahyurini, O. D. (2014). Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 3(1), 28–32. https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/6060

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Gramedia.

Chang, A. E. K. W. (2014). Multikulturalisme - Kekayaan dan Tantangannya di Indonesia. Obor.

D. S. Pasuhuk, N. D. S. (2018). Pendidikan Keluarga Yang Efektif. Kurios, 2(1), 70. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.23

Gulo, R., & Hendi, H. (2021). Konsep Belas Kasihan Menurut Injil Matius 18:23-35. Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 195–213. https://doi.org/10.46558/bonafide.v2i2.70

Haris, M. (2016). Agama Dan Keberagamaan: Sebuah Klarifikasi Untuk Empati. Al’Adalah: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 16(2), 2017–2224. http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/aladalah/article/view/160

Herdiansah, A. G., -, J., & Ismiati, H. (2017). Sentimen Politik-Agama Dan Dinamika Keamanan Nasional Di Indonesia Pasca 2014. Jurnal Wacana Politik, 2(1). https://doi.org/10.24198/jwp.v2i1.11480

Khotimah, K. (2013). Toleransi Beragama. Jurnal Ushuluddin. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/928

Lesmono, P., & Ari Prasetya2, B. E. (2020). Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Prososial Pada Bystander Untuk Menolong Korban Bullying. Psikologi Konseling, 17(2), 789. https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22091

Macarau, K. S. V. V. V. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Era 4.0. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 14(2), 117–130. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i3.89

Muditeshawari, M. (2013). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Empati Pada Remaja Kristen Di Surabaya [Untag 17 Agustus 1945]. http://repository.untag-sby.ac.id/1595

Nasrullah, A. (2015). Agama dan Konflik Sosial Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme dan Konflik Antar umat Beragama. CV.Pustaka Setia.

Novalina, M., Nixon, G., Sabdono, E., Eli Zaluchu, S., & Christabella Phuanerys, E. (2021). Nostra Aetate: Sebuah alternatif menuju keharmonisan di tengah suburnya intoleransi dan diskriminasi. Kurios, 7(2). https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.340

Oktiningrum, A. S. (2021). Hubungan Antara Empati Dengan Kecenderungan Relational Bullying pada Peserta Didik Kelas XI dan XII di SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021 [Universiatas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/86186/Hubungan-Antara-Empati-Dengan-Kecenderungan-Relational-Bullying-pada-Peserta-Didik-Kelas-XI-dan-XII-di-SMK-Kristen-1-Surakarta-Tahun-Ajaran-20202021

Panuntun, D. F., & Paramita, E. (2020). Hospitalitas Kristen Dan Tantangannya Di Tengah Pandemi Covid-19. Harmoni, 19(1), 67–84. https://doi.org/10.32488/harmoni.v19i1.426

Phang, B. (2019). Tergeraklah Hatinya oleh Belas Kasihan Belajar dari Perumpamaan Orang Samaria yang Murah Hati (Luk 10:25-37) dalam Mengasihi Embrio Manusia sebagai Sesama. Studia Philosophica et Theologica, 19(1), 57–79. https://doi.org/10.35312/spet.v19i1.87

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prawiromaruto, I. H., & Stevanus, K. (2022). Pendidikan Karakter Kristen Melalui Pengutamaan Formasi Rohani. Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 543–556. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.926

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

RAS, M. G. A. P. H. (2017). Tindak Pidana Penodaan Agama oleh Pemeluknya Melalui Media Internet Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 16(3), 139–148. http://paramarta.web.id/index.php/paramarta/article/view/48

Rohmah, S. N. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H. Abdul Wahid Hasyim Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4397/1/Skipsi Siti Nur Rohmah.pdf

Sambo, Y. (2019). Pengembangan Kajian Pendidikan Iman Dalam Keluarga Kristen. https://osf.io/y6rnm

Sihombing, R. U., & Sarungallo, R. R. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen. Journal Kerusso, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.33856/kerusso.v4i1.104

Stevanus, K. (2016). Menjadi Orang tua Bijak : Solusi Mendidik Dan Melindungi Anak Dari Pengaruh Pergaulan Buruk. Yayasan Pusataka Nusatama.

Stevanus, K. (2020a). Bukti Keilahian Yesus Menurut Injil. Jurnal Teruna Bhakti, 2(2), 82–96. https://doi.org/10.47131/jtb.v2i2.49

Stevanus, K. (2020b). Memaknai Kisah Orang Samaria yang Murah Hati Menurut Lukas 10:25-37 sebagai Upaya Pencegahan Konflik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.34307/b.v3i1.99

Stevanus, K. (2022). The Strategic Role of Theological School in Efforts to Formation of Excellent Indonesian Human Resources. GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies, 1(2), 64–81. https://grafta.stbi.ac.id/index.php/GRAFTA/article/view/17

Stevanus, K., & Sitepu, N. (2020). Strategi Pendidikan Kristen dalam Pembentukan Warga Gereja yang Unggul dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 10(1), 49–66. https://doi.org/10.46495/sdjt.v10i1.84

Stevanus, K., & Yulianingsih, D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 15–30. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.27

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Susanta, Y. K. (2019). Tradisi Pendidikan Iman Anak dalam Perjanjian Lama. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 139–150. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.127

Susanta, Y. K. (2020). Gereja Sebagai Persekutuan Persahabatan Yang Terbuka Menurut Jürgen Moltmann. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 105–126. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i1.86

Wahab, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Loyalitas Pegawai Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala. Jurnal Ekonomi Trend, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.31970/trend.v8i1.181

Wicaksana, A. (2020). QILIN: Toleransi Keberagaman Sebagai Ide Penciptaan Karya Keramik Seni. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2), 134. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.809

Zega, M., & Indrawan, Y. (2021). Belaskasihan Membebaskan Dari Penghakiman Menurut Yakobus 2:13 Dan Implikasinya Bagi Kehidupan Orang Percaya Masa Kini. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 4(2), 132–143. https://doi.org/10.47457/phr.v4i2.191

Zulfah. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5803


Refbacks

  • There are currently no refbacks.