Revitalisasi Karakter Disiplin Era Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Author


Muhammad Thoha Ainurrohman(1Mail), Minsih Minsih(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 252KB]

Published : 2022-09-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 438 times PDF Downloaded: 261 times

Abstract


Banyaknya perubahan yang muncul pada peserta didik terkait dalam hal karakter disiplin selama pandemi ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana strategi guru dalam revitalisasi karakter disiplin era adaptasi kebiasaan baru siswa SD Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan data. Hasil penelitian ini menunjukan strategi guru dalam revitalisasi karakter disiplin antara lain dengan pemberian batas waktu pengumpulan tugas, pembiasaan menerapkan protokol kesehatan, koordinasi aktif dengan orang tua, pemberian contoh kepada peserta didik, dan pemberian punishment


Keywords


era adaptasi baru; karakter disiplin; revitalisasi

References


Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 43. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378

Akhwani, A., & Afwan Romdloni, M. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31381

Apriyanti, M. E. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. IX(April 2020), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Arto, S., & Wakhudin, W. (2021). The Role of Teachers in Improving the Discipline Character of Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 71. https://doi.org/10.30595/dinamika.v13i2.11552

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026

Fadilah, S. N., & F, N. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1), 17–24. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/859

Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward and Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5595

Ma’ruf, H., & Mumtazah, D. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin pada Ekstrakurikuler Drum Band di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 21–37. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349

Markus Oci, M. P. . (2020). Implementasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.

Minsih. (2015). Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Muhammadiyah Program Khusu Kota Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 112–120. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1646

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. FUNDADIKDAS: Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304

Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294

Pramesiana, Y. E., Fitriani, A., & Nugroho, A. (2020). Pentingnya Menumbuhkan Kedisiplinan Dalam Mencintai Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 74–79. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11615

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rahardja, B., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Suhuf, 29(2), 108–124. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/5639

Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11610

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Ristianingsih, Zuni, et al. (2021). Edukasi Covid-19 Dengan Menerapkan Cara Mecuci Tangan Yang Benar Dan Penerepan New Normal Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 558–563. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/655

Setiawan, J. A., Suparno, Sahabuddin, C., Tasrif, & Ramadhan, S. (2020). The role of parents on the character education of kindergarten children aged 5-6 years in bima. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 779–784. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080307

Sunarni, D. H., & Rosita, T. (2018). The parent role in early childhood character building (descriptive study at SPS Dahlia Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kab. Sukabumi). Jurnal Empowerment, 7(September), 320. https://doi.org/10.22460/empowerment.v7i2p319-327.993

Surachman, S., & Achdiyat, M. (2019). Kedisiplinan Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 145–154.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.183

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Wahyono, H., Nufus, A. B., & Widiyanto, D. (2021). Strategi Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 159–163. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/abdipraja/article/view/4362

Wicaksono, A., & Nurfianti, A. (2021). Penggunaan Masker pada Saat Aktivitas Fisik di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 191. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39579

Yasin, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab Dan Rasa Hormat Di Min 05 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung http://repository.radenintan.ac.id/5030

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yuningsih, T. T. (2021). Implementation Of Reward And Punishment In Forming. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 04(2), 27–38. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.12164


Refbacks

  • There are currently no refbacks.