Author
Muhammad Thoha Ainurrohman(1), Minsih Minsih(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-09-29
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 438 times PDF Downloaded: 261 timesAbstract
Banyaknya perubahan yang muncul pada peserta didik terkait dalam hal karakter disiplin selama pandemi ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana strategi guru dalam revitalisasi karakter disiplin era adaptasi kebiasaan baru siswa SD Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan data. Hasil penelitian ini menunjukan strategi guru dalam revitalisasi karakter disiplin antara lain dengan pemberian batas waktu pengumpulan tugas, pembiasaan menerapkan protokol kesehatan, koordinasi aktif dengan orang tua, pemberian contoh kepada peserta didik, dan pemberian punishment
Keywords
References
Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 43. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378
Akhwani, A., & Afwan Romdloni, M. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31381
Apriyanti, M. E. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. IX(April 2020), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346
Arto, S., & Wakhudin, W. (2021). The Role of Teachers in Improving the Discipline Character of Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 71. https://doi.org/10.30595/dinamika.v13i2.11552
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Fadilah, S. N., & F, N. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317
Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1), 17–24. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/859
Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward and Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5595
Ma’ruf, H., & Mumtazah, D. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin pada Ekstrakurikuler Drum Band di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 21–37. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349
Markus Oci, M. P. . (2020). Implementasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.
Minsih. (2015). Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Muhammadiyah Program Khusu Kota Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 112–120. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1646
Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. FUNDADIKDAS: Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294
Pramesiana, Y. E., Fitriani, A., & Nugroho, A. (2020). Pentingnya Menumbuhkan Kedisiplinan Dalam Mencintai Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 74–79. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11615
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Rahardja, B., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Suhuf, 29(2), 108–124. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/5639
Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11610
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Ristianingsih, Zuni, et al. (2021). Edukasi Covid-19 Dengan Menerapkan Cara Mecuci Tangan Yang Benar Dan Penerepan New Normal Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 558–563. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/655
Setiawan, J. A., Suparno, Sahabuddin, C., Tasrif, & Ramadhan, S. (2020). The role of parents on the character education of kindergarten children aged 5-6 years in bima. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 779–784. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080307
Sunarni, D. H., & Rosita, T. (2018). The parent role in early childhood character building (descriptive study at SPS Dahlia Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kab. Sukabumi). Jurnal Empowerment, 7(September), 320. https://doi.org/10.22460/empowerment.v7i2p319-327.993
Surachman, S., & Achdiyat, M. (2019). Kedisiplinan Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 145–154.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.183
Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958
Wahyono, H., Nufus, A. B., & Widiyanto, D. (2021). Strategi Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 159–163. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/abdipraja/article/view/4362
Wicaksono, A., & Nurfianti, A. (2021). Penggunaan Masker pada Saat Aktivitas Fisik di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 191. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39579
Yasin, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab Dan Rasa Hormat Di Min 05 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung http://repository.radenintan.ac.id/5030
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yuningsih, T. T. (2021). Implementation Of Reward And Punishment In Forming. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 04(2), 27–38. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.12164
Refbacks
- There are currently no refbacks.