Implementasi Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis bagi Anak Usia Dini melalui Program Parenting

Author


Zulfadhly Mukhtar(1Mail), Na'imah Na'imah(2), Issaura Dwi Selvi(3), Nurkamelia Mukhtar AH(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 507KB]

Published : 2023-04-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 594 times PDF Downloaded: 498 times

Abstract


Penggunaan metode yang monoton (klasikal) dalam menghafal Hadis membuat anak-anak tidak antusias dan cepat merasa bosan. Ditambah lagi kurangnya keterlibatan orang tua untuk bersama-sama anak dalam menghafal Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode gerakan untuk menghafal Hadiś bagi anak usia dini melalui program parenting. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif pada lingkup studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan model Miles & Huberman yang meliputi: reduksi data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode gerakan yang digunakan adalah gerakan anggota tubuh (tangan dan ekspresi wajah). Proses implementasi metode gerakan untuk menghafal Hadiś bagi anak usia dini melalui program parenting dilakukan dengan 3 tahapan yaitu: tahap perencanaan yang meliputi persiapan sarana dan prasarana, sosialisasi, dan teknis kegiatan; pada tahap pelaksanaan meliputi kegiatan menghafal Hadis dengan metode gerakan secara mandiri di rumah, dan pemberian penguatan pada kegiatan parenting; dan pada tahap evaluasi meliputi melakukan tes (penilaian) kepada orang tua, dan pemberian reward.


Keywords


metode gerakan; menghafal hadis; anak usia dini; program parenting

References


Azizah, A. N. I., Marhumah, M., & Sufa, F. F. (2021). Talaqqi Method: Children’s Language Development in Tahfidzul Al-Qur’an Program During Covid-19 Pandemic. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 74–87. https://doi.org/10.14421/joyced.2021.12-03

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia

Husain, M. (2007). Agar Anak Mandiri. Irsyad Baitus Salam.

Husna, L., & Ma’ruf, A. (2019). Implementasi Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Dan Inggris (di Taman Kanak-kanak PesantrenAnak Sholeh Al-Ihlas Capang). Mafhum, 4(1), 43–60. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/1611

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Juliana, J. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Menghafal Hadits melalui Metode Gerakan. Afālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 59–63. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.923

Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orang tua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Lestari, N. G. A. M. Y (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Malikhah, F., & Rohinah. (2019). Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-03

Nana Sudjana. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Nilsen, A. C. E. (2017). The expansion of early childhood development services and the need to reconceptualize evidence. Contemporary Issues in Early Childhood, 18(3), 269–280. https://doi.org/10.1177/1463949117731021

Rosada, R., & Sasmanda, S. (2018). Pembiasaan Cinta Al-Qur’an Dan Hadist Pada Anak Usia Dini Untuk Membentuk Karakter Islami Siswa Pada Paud Nur Al-Banna Gerung. Paedagoria | FKIP UMMat, 6(1), 70. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.144

Sanders, M. R. (2012). Development, Evaluation, and Multinational Dissemination of the Triple P-Positive Parenting Program. Annual Review of Clinical Psychology, 8(1), 345–379. https://doi.org/10.1146/annurev-clinpsy-032511-143104

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Sudrajat. (2008). Pengertian, Pendekatan, Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran. Refika.

Supria, S., Herumurti, D., & Khotimah, W. N. (2016). Pengenalan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Fitur Statis Dan Fitur Dinamis Lmc Berbasis L-GCNN. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 14(2), 217. https://doi.org/10.12962/j24068535.v14i2.a574

Walton, P. (2014). Using Singing and Movement to Teach Pre-reading Skills and Word Reading to Kindergarten Children: An Exploratory Study. Language and Literacy, 16(3), 54. https://doi.org/10.20360/G2K88J


Refbacks

  • There are currently no refbacks.