Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini

Author


Indah Wahyuni(1Mail),
Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 278KB]

Published : 2022-09-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1914 times PDF Downloaded: 1634 times

Abstract


Gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung kemampuan literasi numerasi yang dapat memudahkan dalam proses pembelajaran dan berkomunikasi. Setiap anak mempunyai gaya belajar sendiri-sendiri dan tidak dapat dipaksakan untuk menggunakan gaya belajar yang seragam, sehingga kemampuan numerasi anakpun juga berbeda. Penelitian ini mengkaji kemampuan numerasi berdasarkan gaya belajar pada anak usia dini. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian sebanyak 15 orang anak kelompok B (usia 5-6 tahun). Teknik pengumpulan data melalui tes bergambar dan wawancara.  Analisis data kualitatif yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi anak dengan gaya belajar visual ketika diberi soal tes bergambar, langsung merespon dengan cepat dan jawaban yang diberikan lengkap. Sedangkan anak dengan gaya belajar auditori tidak langsung merespon, anak tipe gaya belajar ini merasa tidak percaya diri. Sedangkan anak dengan gaya belajar kinestetik tidak senang jika diberi soal tes bergambar, dia lebih suka berjalan-jalan dari bangku ke bangku temannya, sehingga jawaban yang dihasilkannya pun tidak lengkap


Keywords


numerasi; anak usia dini; gaya belajar

References


Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku Pemecahan Masalah Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 346–352. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.211

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7294

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

Dantes, N., Handayani, N. N. L (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283. https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138

Hutabarat, R. M. (2021). Kegiatan Literasi Di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 55-60. http://digilib.unimed.ac.id/41221

Khasanah, B. L., & Dimyati, D. (2021). Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 631–641. https:/doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1016

Krisnasari, S., Suhermah, D., & Latifah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1730–1734. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.635

Mufidah, L. L. N.. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. In Martabat :Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 246–259. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260

Pape, S. . (2012). Middle School Children ’ s Behavior : A Cognitive Analysis from a Reading Comprehension Perspective. Education Journal, 35(3). https://doi.org/10.2307/30034912

Ratnasari, E. M. (2020a). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287

Ratnasari, E. M. (2020b). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. hufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 249-259. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093

Saputri, I. A., & Afifah, D. R. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B Tk Margobhakti Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Researsh and Education), 6(2), 30–34. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3943

Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04

Suryaningrum, C. W., Misyana, M., & Jatmikowati, T. E. (2021). Playing Mathematics in Early Childhood Based on Semiotics. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 601–610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1341

Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Anak Menggunakan QR Code Pada Materi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1976–1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882

Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 41-50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33.

Zahro, I. F., Andrisyah, & Aprianti, E. (2022). Penyuluhan Literasi Anak Usia Dini sebagai Pembelajaran Abad 21 pada Guru PAUD di Desa Paas Kabupaten Garut. Nusantara Berdaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8. https://www.lekantara.com/journal/index.php/nusaraya/article/view/46


Refbacks

  • There are currently no refbacks.