Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Author


Fatma Hajar Lu'luah Azizah(1Mail), Junita Dwi Wardhani(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 323KB]

Published : 2022-10-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 865 times PDF Downloaded: 352 times

Abstract


Kreativitas sangat penting bagi perkembangan anak terlebih untuk meningkatkan kualitas hidup dan memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang, oleh sebab itu kreativitas harus diasah sejak dini agar menjadi karakter yang melekat dalam diri anak. Kreativitas anak dapat dikembangkan dengan pemberian stimulasi oleh guru ketika anak sedang berada di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pemberian stimulasi terhadap kreativitas anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah guru TK B. Sampel diambil dengan teknik random, terpilih ada 20 TK. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menyiapkan pedoman pertanyaan untuk di ceklis pada 35 responden di 20 dan observasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian stimulasi yang diberikan guru terhadap kreativitas anak usia dini. secara efektif variabel sumbangan efektif pada variabel pemberian stimulasi memberikan sumbangan sebesar 59,4 persen terhadap kreativitas anak. Dari sini diketahui bahwa pemberian stimulasi oleh guru dapat mempengaruhi kreativitas anak, maka dari itu guru harus memberikan stimulasi dengan tepat dan benar.


Keywords


Stimulasi; Kreativitas; Anak Usia Dini

References


Ara Monica, F. M. (2019). Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kreativitas AUD. Jurnal Pendidikan Tumbusai, 3, 1217–1221. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/345

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Chamidah, A. N. (2009). Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak. Tumbuh Kembang Dan Kesehatan Anak, 1–7. https://doi.org/10.22219/jk.v1i1.390

Chandra, A. (2022). Daycare dan Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4181–4188. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2498

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Dere, Z. (2019). Investigating the Creativity of Children in Early Childhood Education Institutions. Universal Journal of Educational Research, 7. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302

Eliyanti, Y. (2020). Development Of Relations With Child Stimulating Children In Public Health Center Sawah Lebar Bengkulu City. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.33369/jvk.v3i1.11425

Insani, A. A., Nurdiyan, A., Yulizawati, Y., Bustami, L. E., Iryani, D., & Fitrayeni, F. (2017). “Berpikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan. Journal of Midwifery, 1(2), 21. https://doi.org/10.25077/jom.1.2.21-30.2016

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Journal of Dehasen Educational Review, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1402

Maghfiroh, N. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Seni Hasta Karya Di TA Al-Maanar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13467

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, (1–8). https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/154

Maulana, M. F. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tumbusai, 3, 1141–1149. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/333

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Pertiwi, B. R., Purwantini, D., Virgianto, F. A., & Eva, N. (2021). Pengaruh Stimulasi Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. April, 214–218. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1245

Rahmiyati Dhani, R. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1). 45–50. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.251

Siswina, T., Shahib, N., & Rasyad, A. S. (2016). Terhadap Perkembangan Kecerdasan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(2), 27–33. https://e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/7

Syafdaningsih, & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336

Taher, S. M. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al- Muthi’in Yogyakarta. 2, 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Penguasaan Standar Perkembangan Terhadap Kemampuan Menstimulasi Anak Di Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. In Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1561–1565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365


Refbacks

  • There are currently no refbacks.