Kepemimpinan Transformasional dalam Menumbuhkan Motivasi Inspirasi pada Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Suratman Suratman(1Mail),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 272KB]

Published : 2022-10-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 364 times PDF Downloaded: 289 times

Abstract


Penelitian ini akan mengungkap bagaimana kepemimpinan trasnsformasional melakukan perubahan dengan memberikan motivasi inspirasi agar menjadi prestasi nyata. Tujuan riset ini untuk menganalisis kepemimpinan transformasional dalam menumbuhkan motivasi insipirasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam peneletian ini yaitu kepala sekolah, tata usaha, guru dan perwakilan orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles Huberman. Hasil riset membuktikan bahwa kepemimpinan trasnsformasional dalam menumbukan motivasi inspirasi dilakukan melalui penjabaran visi, misi sekolah untuk mencapai tujuan. Motivasi inspirasi dapat menumbuhkan semangat kerja kepada pendidik, tenaga pendidik, dan menciptakan berbagai macam inovasi, perubahan organisasi, untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka menjawab tuntutan masyarakat global

Keywords


anak usia dini; kepemimpinan transpormasional; motivasi inspirasi

References


Abouraia, M. K., & Othman, S. M. (2017). Transformational Leadership, Job Satisfaction, Organizational Commitment, and Turnover Intentions: The Direct Effects among Bank Representatives. American Journal of Industrial and Business Management, 07(04), 404–423. https://doi.org/10.4236/ajibm.2017.74029

Afif, N., Ayuningrum, D., Imran, A., & Qowim, A. N. (2022). Inovasi Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Saintifik Untuk RA/PAUD di Provinsi Banten. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 79–102. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2244

Andini, Z. I. (2019). Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Dharma Indria 2 Jember. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103625

Anisa, D. L. N., & Maunah, B. (2022). Pembinaan terhadap Semangat Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 62–77. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.62-77

Annisa, S., Raharja, S. J., & -, R. (2022). Peran Teknologi bagi Perubahan Organisasi: Studi Bibliometrik. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2232

Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Bakker, A. B., Hetland, J., Kjellevold Olsen, O., & Espevik, R. (2022). Daily transformational leadership: A source of inspiration for follower performance? European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.04.004

Burhanudin, H., Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2022). Kreativitas guru ditinjau dari kepemimpinan tranformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal. Jurnal Manajemen Pedidikan, 10(1), 030–036. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5062

Fauzi Fahmi & Rahmi Wardah Ningsih. (2020). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230

Fitriana, D. (2021). Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan semangat kerja guru di SMA se Kabupaten dan Kota Mojokerto/DIta Fitriana [PhD Thesis]. Universitas Negeri Malang.

Gulo, A., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 339–343. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.452

Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99–110. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2095

Handayani, S. (2022). Peningkatan Semangat Kerja Guru TK Melati Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Kepala Sekolah Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 3(2), 34–41. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/1318

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pademi Covid-19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256–279. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/99

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Ilise, R. N., & Santi, N. (2022). Kreativitas guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 paud selama pandemi covid 19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(5), 817–826. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2431

Jakiyah, A., Sumardi, S., & Hidayat, R. (2018). Peningkatan produktivitas kerja guru melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 663–671. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.793

Karwanto, K. (2022). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5 tahun 2022), 1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44927

Kasmiati, K. (2018). Eksistensi ibu sebagai pendidik anak usia dini dan dampaknya bagi kualitas pendidikan anak. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.9

Katini, S. P. (2021). Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Pengawas Sekolah Di TK Sinar Putra Desa Nawangan Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(2), 1–7. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/925

Khasanah, A., & Werdiningsih, W. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Pencapaian Visi Lembaga (Studi Kasus Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo). Edumanagerial, 1(1), 64–81. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/493

Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam manajemen pendidikan islam. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=SivZDwAAQBAJ

Kim, H., I'm, J., & Shin, Y. H. (2021). Transformational leadership and commitment to change impact restaurant employees’ quality of work life during a crisis. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48, 322–330. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.07.010

Kurniawati, N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2021). Memadukan Inovasi dan Kearifan Lokal dalam Pengajaran Literasi pada Anak Usia Dini: Pendampingan Gerakan Literasi. JE (Journal of Empowerment), 2(1), 125–138. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1229

La, H., & Saleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Lilik, L., Baity, L. N., & Khoiri, A. (2022). Implementasi visi, misi, dan tujuan sekolah untuk mencapai sekolah bermutu di smp istiqomah sambas purbalingga. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–11. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/108

Lupi, N. Z. N. (2017). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 31. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3563

Mulyadi, Y. B. (2018). Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri berbasispola asuh demokratis orang tua. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/274

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Penyuluhan model pembelajaran inovatif paud holistik integratif melalui aplikasi canva untuk guru paud. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/10339

Nursita, L., & Purwanto, B. S. E. (2022). Aplikasi Service Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendesain Visi Misi Sekolah dengan Canva. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 69–76. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.170

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Primayana, K. H. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya/article/view/428

Rabiul, M. K., & Yean, T. F. (2021). Leadership styles, motivating language, and work engagement: An empirical investigation of the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 92, 102712. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102712

Rahaju, A. (2022). Model kepemimpinan pengelola pos paud miana v. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 312–321.

Rasyid, M. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja pegawai pada dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata kabupaten tabalong. JAPB, 3(1). https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/255

Saputra, A. R. (2021). Analisis perubahan struktur organisasi terhadap kepuasan kerja kepemimpinan dan komitmen organisasi. STIE Yapan Surabaya. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/140

Sari, S. Y., & Nugroho, A. D. (2019). Pembentukan karakter pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(2), 56-62. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50

Scuotto, V., Nespoli, C., Tran, P. T., & Cappiello, G. (2022). An alternative way to predict knowledge hiding: The lens of transformational leadership. Journal of Business Research, 140, 76–84. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.11.045

Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209

Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 204–215. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1694

Suhaini, S. (2020). Erumusan visi, misi, tujuan dan program paud di tkit salsabila al-muthi’in yogyakarta. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). http://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/QURROTI/article/view/84

Sulhan, M., Abdurohim, N., & Hafiz, M. (2022). Korelasi Kepemimpinan Transformasional Dengan Kepuasan Kerja Dosen di Bandung. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 32–44. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.229

Sunardi, S., Sunaryo, W., & Laihad, G. H. (2019). Peningkatan keinovatifan melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan efikasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 740–747. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.959

Suprianto, D., & Agustina, R. (2021). Peningkatan kreatifitas dan inovasi pada guru tk dan paud di desa ngadirejo malang dengan metode problem base solving. JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 4(2). https://doi.org/10.51213/jmm.v4i2.95

Syamsudin, M. A. (2021). Eksistensi permainan tradisional yang memiliki manfaat bagi aspek perkembangan anak usia dini di ra kecamatan tegaldlimo. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 077-083. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/725

Tabiin, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244

Tanjung, H. P., Supriyanto, A., & Sunandar, A. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Penginternalisasian Nilai-nilai Kewirausahaan di Lembaga PAUD Swasta. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1405–1413. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14101

Trisnadewi, K. (2021). Tantangan pembelajaran daring pada pendidikan anak usia dini. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1930

Tuwo, C. L. D. (2022). Peranan kepala sekolah dalam menjalankan visi sekolah di sdtk pelangi kristus surabaya berdasarkan prinsip kepemimpinan kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.1.55-66

Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841

Uminar, A. N., Putri, A., Rusdiani, N. I., & Arifin, D. (2022). Inovasi pembelajaran pada lembaga paud di masa pandemi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 73–86. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/article/view/5290

Wahidin, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 151. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1274

Wijiati, W. (2022). Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Kepala Sekolah Di SDN 1 Wiyoro Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(1), 19–26. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1262

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110

Yapentra, A., & Novita, H. (2022). Pengaruh budaya organisasi terhadap semangat kerja guru mts. Darul muqomah pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 13(1), 64–78. https://ekobis.stieriau-akbar.ac.id/index.php/Ekobis/article/view/374

Yusnita, R., & Aslami, N. (2022). Strategi Pengelolaan Kepemimpinan dan Perubahan Organisasi. Sinomika Journal, 1(2), 127-136. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA/article/view/157

Zulfania, S. (2021). Analisis Rumusan Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2529


Refbacks

  • There are currently no refbacks.