Author
Suratman Suratman(1),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-10-24
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 364 times PDF Downloaded: 289 timesAbstract
Keywords
References
Abouraia, M. K., & Othman, S. M. (2017). Transformational Leadership, Job Satisfaction, Organizational Commitment, and Turnover Intentions: The Direct Effects among Bank Representatives. American Journal of Industrial and Business Management, 07(04), 404–423. https://doi.org/10.4236/ajibm.2017.74029
Afif, N., Ayuningrum, D., Imran, A., & Qowim, A. N. (2022). Inovasi Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Saintifik Untuk RA/PAUD di Provinsi Banten. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 79–102. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2244
Andini, Z. I. (2019). Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Dharma Indria 2 Jember. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103625
Anisa, D. L. N., & Maunah, B. (2022). Pembinaan terhadap Semangat Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 62–77. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.62-77
Annisa, S., Raharja, S. J., & -, R. (2022). Peran Teknologi bagi Perubahan Organisasi: Studi Bibliometrik. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2232
Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Bakker, A. B., Hetland, J., Kjellevold Olsen, O., & Espevik, R. (2022). Daily transformational leadership: A source of inspiration for follower performance? European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.04.004
Burhanudin, H., Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2022). Kreativitas guru ditinjau dari kepemimpinan tranformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal. Jurnal Manajemen Pedidikan, 10(1), 030–036. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5062
Fauzi Fahmi & Rahmi Wardah Ningsih. (2020). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230
Fitriana, D. (2021). Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan semangat kerja guru di SMA se Kabupaten dan Kota Mojokerto/DIta Fitriana [PhD Thesis]. Universitas Negeri Malang.
Gulo, A., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 339–343. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.452
Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99–110. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2095
Handayani, S. (2022). Peningkatan Semangat Kerja Guru TK Melati Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Kepala Sekolah Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 3(2), 34–41. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/1318
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pademi Covid-19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256–279. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/99
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Ilise, R. N., & Santi, N. (2022). Kreativitas guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 paud selama pandemi covid 19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(5), 817–826. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2431
Jakiyah, A., Sumardi, S., & Hidayat, R. (2018). Peningkatan produktivitas kerja guru melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 663–671. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.793
Karwanto, K. (2022). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5 tahun 2022), 1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44927
Kasmiati, K. (2018). Eksistensi ibu sebagai pendidik anak usia dini dan dampaknya bagi kualitas pendidikan anak. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.9
Katini, S. P. (2021). Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Pengawas Sekolah Di TK Sinar Putra Desa Nawangan Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(2), 1–7. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/925
Khasanah, A., & Werdiningsih, W. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Pencapaian Visi Lembaga (Studi Kasus Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo). Edumanagerial, 1(1), 64–81. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/493
Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam manajemen pendidikan islam. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=SivZDwAAQBAJ
Kim, H., I'm, J., & Shin, Y. H. (2021). Transformational leadership and commitment to change impact restaurant employees’ quality of work life during a crisis. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48, 322–330. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.07.010
Kurniawati, N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2021). Memadukan Inovasi dan Kearifan Lokal dalam Pengajaran Literasi pada Anak Usia Dini: Pendampingan Gerakan Literasi. JE (Journal of Empowerment), 2(1), 125–138. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1229
La, H., & Saleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Lilik, L., Baity, L. N., & Khoiri, A. (2022). Implementasi visi, misi, dan tujuan sekolah untuk mencapai sekolah bermutu di smp istiqomah sambas purbalingga. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–11. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/108
Lupi, N. Z. N. (2017). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 31. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3563
Mulyadi, Y. B. (2018). Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri berbasispola asuh demokratis orang tua. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/274
Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Penyuluhan model pembelajaran inovatif paud holistik integratif melalui aplikasi canva untuk guru paud. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/10339
Nursita, L., & Purwanto, B. S. E. (2022). Aplikasi Service Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendesain Visi Misi Sekolah dengan Canva. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 69–76. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.170
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Primayana, K. H. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya/article/view/428
Rabiul, M. K., & Yean, T. F. (2021). Leadership styles, motivating language, and work engagement: An empirical investigation of the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 92, 102712. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102712
Rahaju, A. (2022). Model kepemimpinan pengelola pos paud miana v. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 312–321.
Rasyid, M. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja pegawai pada dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata kabupaten tabalong. JAPB, 3(1). https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/255
Saputra, A. R. (2021). Analisis perubahan struktur organisasi terhadap kepuasan kerja kepemimpinan dan komitmen organisasi. STIE Yapan Surabaya. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/140
Sari, S. Y., & Nugroho, A. D. (2019). Pembentukan karakter pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(2), 56-62. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50
Scuotto, V., Nespoli, C., Tran, P. T., & Cappiello, G. (2022). An alternative way to predict knowledge hiding: The lens of transformational leadership. Journal of Business Research, 140, 76–84. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.11.045
Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209
Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 204–215. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1694
Suhaini, S. (2020). Erumusan visi, misi, tujuan dan program paud di tkit salsabila al-muthi’in yogyakarta. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). http://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/QURROTI/article/view/84
Sulhan, M., Abdurohim, N., & Hafiz, M. (2022). Korelasi Kepemimpinan Transformasional Dengan Kepuasan Kerja Dosen di Bandung. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 32–44. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.229
Sunardi, S., Sunaryo, W., & Laihad, G. H. (2019). Peningkatan keinovatifan melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan efikasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 740–747. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.959
Suprianto, D., & Agustina, R. (2021). Peningkatan kreatifitas dan inovasi pada guru tk dan paud di desa ngadirejo malang dengan metode problem base solving. JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 4(2). https://doi.org/10.51213/jmm.v4i2.95
Syamsudin, M. A. (2021). Eksistensi permainan tradisional yang memiliki manfaat bagi aspek perkembangan anak usia dini di ra kecamatan tegaldlimo. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 077-083. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/725
Tabiin, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244
Tanjung, H. P., Supriyanto, A., & Sunandar, A. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Penginternalisasian Nilai-nilai Kewirausahaan di Lembaga PAUD Swasta. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1405–1413. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14101
Trisnadewi, K. (2021). Tantangan pembelajaran daring pada pendidikan anak usia dini. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1930
Tuwo, C. L. D. (2022). Peranan kepala sekolah dalam menjalankan visi sekolah di sdtk pelangi kristus surabaya berdasarkan prinsip kepemimpinan kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.1.55-66
Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841
Uminar, A. N., Putri, A., Rusdiani, N. I., & Arifin, D. (2022). Inovasi pembelajaran pada lembaga paud di masa pandemi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 73–86. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/article/view/5290
Wahidin, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 151. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1274
Wijiati, W. (2022). Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Kepala Sekolah Di SDN 1 Wiyoro Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(1), 19–26. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1262
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110
Yapentra, A., & Novita, H. (2022). Pengaruh budaya organisasi terhadap semangat kerja guru mts. Darul muqomah pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 13(1), 64–78. https://ekobis.stieriau-akbar.ac.id/index.php/Ekobis/article/view/374
Yusnita, R., & Aslami, N. (2022). Strategi Pengelolaan Kepemimpinan dan Perubahan Organisasi. Sinomika Journal, 1(2), 127-136. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA/article/view/157
Zulfania, S. (2021). Analisis Rumusan Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2529
Refbacks
- There are currently no refbacks.