Author
Desni Yuniarni(1), Annisa Amalia(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-11-23
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 568 times PDF Downloaded: 347 timesAbstract
Pendidikan inklusi penting untuk anak usia dini, karena memberikan pendidikan yang sesuai dengan usia perkembangan tanpa memandang derajat, kondisi ekonomi ataupun kelainannya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku saku panduan layanan inklusi untuk anak usia dini yang valid, praktis dan efektif, menggunakan modelpenelitian dan pengembangan 4D dan mengunakan teknik analisis deskriptif dengan statistik deskriptif. Subyek penelitiannya adalah orang tua dan terapis di layanan pendidikan inklusi. Data validasi ahli materi diperoleh dari psikologyang memberikan jasa pelayanan inklusi dan data validasi ahli media diperoleh dari dosen di prodi PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura maupun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Metode pengumpulan data berbentuk wawancara dan kuesioner dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku dikategorikan sangat layak, yaitu memenuhi unsur valid, efektif dan praktis dengan skor 3,6 (skor maksimal 4) dalam hal kesesuaian media dan dikategorikan layak dengan skor 3 (skor maksimal 4) dalam hal kesesuaian materi
Keywords
References
Amka, H. (2020). Manajemen Sarana Sekolah Penyelenggara Inklusi (Cetakan pe). Nizamia Learning Center.
Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522
Bektiningsih, K. (2009). Program Terapi Anak Autis di SLB Negeri Semarang. Jurnal Kependidikan, XXXIX. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/96
Binarani, B. B., Zahara, D., & Setiawan, D. A. (2021). Asesmen perkembangan sosio-emosi pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa, April, 71–77. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1226
Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 237–242.
Fernandes, R. (2018). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16
Fitrianasari, H., & Budiyanto. (2015). Persepsi guru terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai latar pendidikan di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–5.
Hutabri, E. (2022). Validitas Media Pembelajaran Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 296–300. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5363
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kurnianingsih, I., Wardiyono, W., Rosini, R., & Kangko, D. D. (2021). Program Literasi Perpustakaan Desa Ciseeng Berbasis Inklusi Sosial Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 241. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.22495
Kurniawan, D., Dewi, S. V., & Kerja, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/193
Laras, D. S., Salim, I., & Sulistyarini. (2016). Interaksi Sosial Asosiatif Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25354
Lestari, D. D., Mawardi, & Jati, S. N. (2016). Pendampingan Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak Al-Madani Pontianak Tenggara. Edukasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/598
Muji. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Pancaran, 3(4), 1–14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/980
Najahah, I., & Oemar, E. A. B. (2016). Perancangan Buku Pop-up sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah dan Pakaian Adat Nusantara di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(03), 494–501.
Najikah, F., & Christina, I. (2018). Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar Untuk Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 75–86. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/4766
Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sop Penataan Produk Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Pada Peserta Didik Kelas Xi Pemasaran Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9(2), 1230–1236. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36126
Nuraini. (2020). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Edukatif, 9(12), 1–6. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/62
Pangestuti, L., Aspin, & Arifyanto, A. T. (2018). Implementasi Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus SLB AC Mandara Kendari. Bening, 2, 57–67. http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/10580
Permana, C. D., & Puspasari, D. (2020). Perancangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 121–131. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p121-131
Putri, D. R., Setyawan, H., & Triratma, B. (2017). Pusat Layanan Anak Usia Dini Terpadu Sebagai Tempat Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur Di Surakarta. Arsitektura, 14(1), 235–243. https://doi.org/10.20961/arst.v14i1.9162
Sely Anisah Hanan, M. R. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Mitigasi Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 09(02), 1–15. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2495
Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p305-317
Sine, J. G. L., & Manongga, S. (2019). Konseling Gizi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Ibu Dalam Perbaikan Pola Konsumsi Anak Autisme. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 41(1), 31–40. https://doi.org/10.22435/pgm.v41i1.1858
Tirtayani, L. A., Ambara, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Pendampingan Penguatan Layanan Pendidikan Inklusi Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Proceeding Senadimas Undiksha, 2251–2257. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/306.pdf
Ulaiqoh, N. (2016). Layanan Fisioterapi Pada Anak Cerebral Palsy Di Slb G Daya Ananda, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(5), 9–21. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/5424
Viranti, & Hastuti, H. (2022). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Yang Disusun Secara Kronologis untuk Pembelajaran sejarah Di SMA. Jurnal Kronologi, 1(1), 1–14. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/365
Yeyen, & Habibah, S. (2020). Manajemen sarana pembelajaran di uptd slb negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1, 103–108. https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10928
Refbacks
- There are currently no refbacks.