Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini

Author


Desni Yuniarni(1Mail), Annisa Amalia(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 665KB]

Published : 2022-11-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 568 times PDF Downloaded: 347 times

Abstract


Pendidikan inklusi penting untuk anak usia dini, karena memberikan pendidikan yang sesuai dengan usia perkembangan tanpa memandang derajat, kondisi ekonomi ataupun kelainannya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku saku panduan layanan inklusi untuk anak usia dini yang valid, praktis dan efektif, menggunakan modelpenelitian dan pengembangan 4D dan mengunakan teknik analisis deskriptif dengan statistik deskriptif. Subyek penelitiannya adalah orang tua dan terapis di layanan pendidikan inklusi. Data validasi ahli materi diperoleh dari psikologyang memberikan jasa pelayanan inklusi dan data validasi ahli media diperoleh dari dosen di prodi PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura maupun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Metode pengumpulan data berbentuk wawancara dan kuesioner dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku dikategorikan sangat layak, yaitu memenuhi unsur valid, efektif dan praktis dengan skor 3,6 (skor maksimal 4) dalam hal kesesuaian media dan dikategorikan layak dengan skor 3 (skor maksimal 4) dalam hal kesesuaian materi


Keywords


buku saku; panduan layanan inklusi; anak usia dini

References


Amka, H. (2020). Manajemen Sarana Sekolah Penyelenggara Inklusi (Cetakan pe). Nizamia Learning Center.

Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522

Bektiningsih, K. (2009). Program Terapi Anak Autis di SLB Negeri Semarang. Jurnal Kependidikan, XXXIX. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/96

Binarani, B. B., Zahara, D., & Setiawan, D. A. (2021). Asesmen perkembangan sosio-emosi pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa, April, 71–77. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1226

Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 237–242.

Fernandes, R. (2018). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16

Fitrianasari, H., & Budiyanto. (2015). Persepsi guru terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai latar pendidikan di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–5.

Hutabri, E. (2022). Validitas Media Pembelajaran Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 296–300. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5363

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Kurnianingsih, I., Wardiyono, W., Rosini, R., & Kangko, D. D. (2021). Program Literasi Perpustakaan Desa Ciseeng Berbasis Inklusi Sosial Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 241. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.22495

Kurniawan, D., Dewi, S. V., & Kerja, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/193

Laras, D. S., Salim, I., & Sulistyarini. (2016). Interaksi Sosial Asosiatif Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25354

Lestari, D. D., Mawardi, & Jati, S. N. (2016). Pendampingan Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak Al-Madani Pontianak Tenggara. Edukasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/598

Muji. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Pancaran, 3(4), 1–14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/980

Najahah, I., & Oemar, E. A. B. (2016). Perancangan Buku Pop-up sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah dan Pakaian Adat Nusantara di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(03), 494–501.

Najikah, F., & Christina, I. (2018). Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar Untuk Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 75–86. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/4766

Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sop Penataan Produk Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Pada Peserta Didik Kelas Xi Pemasaran Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9(2), 1230–1236. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36126

Nuraini. (2020). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Edukatif, 9(12), 1–6. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/62

Pangestuti, L., Aspin, & Arifyanto, A. T. (2018). Implementasi Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus SLB AC Mandara Kendari. Bening, 2, 57–67. http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/10580

Permana, C. D., & Puspasari, D. (2020). Perancangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 121–131. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p121-131

Putri, D. R., Setyawan, H., & Triratma, B. (2017). Pusat Layanan Anak Usia Dini Terpadu Sebagai Tempat Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur Di Surakarta. Arsitektura, 14(1), 235–243. https://doi.org/10.20961/arst.v14i1.9162

Sely Anisah Hanan, M. R. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Mitigasi Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 09(02), 1–15. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2495

Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p305-317

Sine, J. G. L., & Manongga, S. (2019). Konseling Gizi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Ibu Dalam Perbaikan Pola Konsumsi Anak Autisme. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 41(1), 31–40. https://doi.org/10.22435/pgm.v41i1.1858

Tirtayani, L. A., Ambara, D. P., & Astawan, I. G. (2021). Pendampingan Penguatan Layanan Pendidikan Inklusi Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Proceeding Senadimas Undiksha, 2251–2257. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/306.pdf

Ulaiqoh, N. (2016). Layanan Fisioterapi Pada Anak Cerebral Palsy Di Slb G Daya Ananda, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(5), 9–21. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/5424

Viranti, & Hastuti, H. (2022). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Yang Disusun Secara Kronologis untuk Pembelajaran sejarah Di SMA. Jurnal Kronologi, 1(1), 1–14. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/365

Yeyen, & Habibah, S. (2020). Manajemen sarana pembelajaran di uptd slb negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1, 103–108. https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10928


Refbacks

  • There are currently no refbacks.