Author
Ida Yeni Rahmawati(1), Wahyudi Wahyudi(2), Hadi Cahyono(3), M. Fadlillah(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(1)
Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(2)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trunojo Madura, Indonesia(4)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-12-12
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 588 times PDF Downloaded: 327 timesAbstract
Keywords
References
Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prestasi Pustaka.
Anugerah, A., & Hodidjah, H. (2018). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Persegi Melalui Permainan Tradisional Dam-daman di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 178–194. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13147
Apriyono, F., Rosyidah, E. A., Purnomo, T., Sulityo, J., Munir, M. M., & Safitri, V. W. (2019). Eksplorasi Ethnomatematika pada Permainan Tradisional Egrang di Tanoker Ledokombo Jember. Sigma, 4(2), 51–58. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/593
Astuti, S. F. N., & Listyaningsih, L. (2022). Peran Pemuda Kampung Lali Gadget Dalam Mengenalkan Permainan Tradisional Sebagai Wujud Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Desa Pagar Ngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(3), 728 - 742. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/43658
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 55. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.580
Fauni, A. M. (2020). Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk Nusa Indah Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 40. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4179
Febrina, F., Fauzan, A., Jamaan, E. Z., & Arnelis, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Congklak Materi Operasi Hitung Pada Peserta Didik Kelas II SD/MI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 157–163. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/12035
Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika dan Budaya pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429
Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25623
Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom, K. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. Jurnal Basicedu, 6(5), 7978–7985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3716
Ilmiyah, N., Handayani, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 177–200). https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/258
Irawan, A. (2018). Penggunaan Ethnomatematika Engklek Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46–51. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/7
Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2020). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2299
Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138–151. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/16350
Kholil, M. (2018). Identifikasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 62–62. https://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIT/article/view/3
Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017). The role of ethnomathematics in West Java (a preliminary analysis of case study in Cipatujah). Journal of Physics: Conference Series, 893(1), 012020. https://doi.org/10.1088/1742-6596/893/1/012020
Lestari, D. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Permainan Tradisional dan Kontribusinya bagi Pendidikan di SD. Repository STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/163
Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploring the activities of culture festival. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012024
Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mumpuni, R. H., & Marsigit, M. (2022). Initial perception of junior high students on ethnomathematics-based online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(3), 1445. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.21822
Muslihatun, A., & Sugiman, S. (2022). PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ANAK TRADISIONAL INDONESIA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2131. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5111
Ningsih, E., Widyawati, S., Mahmudi, M., & Kusumaningtyas, W. (2020). February). Ethnomathematics in Traditional Games Java Jiting-Jitingan: An Approach to Improve the Quality of Mathematics Learning. Proceedings of the 2nd Workshop on Multidisciplinary and Applications (WMA. https://doi.org/10.4108/eai.24-1-2018.2292400
Nisa, K., & Halifah, S. (2021). Temu Baur Budaya dan Matematika : Kue Tradisional Konjo pada Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 445–456. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.936
Nugraha, T., Maulana, M., & Mutiasih, P. (2020). Sundanese Ethnomathematics Context in Primary School Learning. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1, pp. 93–105). Indonesia University of Education. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22452
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
Priyanto, A., Bimantara, A. R., & Juandi, J. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492–497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194
Prolesari, L. M., Madyawati, L., & Pujiastuti, F. (2014). Optimalisasi Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Egrang Tempurung Kelapa. Edukasi: Jurnal Pendidikan &Artikel Pendidikan, 6(13), 21–25. https://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/664
Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Roza, Y., Siregar, S. N., & Solfitri, T. (2020). Ethnomathematics: Design mathematics learning at secondary schools by using the traditional game of Melayu Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012051
Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Tradisional Suku Sasak Di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak: Nofrans Eka Saputra, Yun Nina Ekawati. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 47–53. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796
Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416–4423. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. Proceedings of the 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 431–435. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Utomo, U., & Murniaty, M. (2019). Permainan Tradisional Media Stimulasi & Intervensi AUDBK. PJJPOK FKIP ULM Press.
Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21678
Refbacks
- There are currently no refbacks.