Author
Triana Rosalina Noor(1),
Manajemen Pendidikan Islam, STAI An Najah Indonesia Mandiri, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-08-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 483 times PDF Downloaded: 278 timesAbstract
Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berperan sebagai wadah optimalisasi perkembangan anak, salah satunya adalah pengembangan keterampilan motorik halus yang penting dalam mendukung peningkatan life skills anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas pengembangan motorik halus di KBIT Al-Aqsha melalui pendekatan penelitian kualitatif-studi kasus. Pengambilan data melalui teknik observasi, studi dokumen dan wawancara kepada tiga orang informan yang dipilih secara purposive sampling dengan teknik analisis data melalui proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pengembangan motorik halus anak di KBIT Al-Aqsha sudah mulai berkembang sejak satu bulan proses pembelajaran yang distimulasi melalui aktivitas menggambar bebas, kegiatan meniru obyek, kegiatan kombinasi, mengajarkan cara memegang alat makan dan alat tulis dengan benar, menggunting pola, melipat dan menempel gambar, mewarnai dan eksplorasi kegiatan dan penggunaan media yang unik. Evaluasi ketercapaian dilakukan melalui penilaian unjuk kerja, observasi dan pemberian tugas yang dilakukan sebagaimana indikator yang telah ditetapkan.
Keywords
References
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46–56. https://doi.org//10.46244/penjaskesrek.v8i1.1368
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teori dan Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya.
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.
Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical Activity and Motor Skills in Children: A Differentiated Approach. Psychology of Sport and Exercise, 54(May), 101916. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Fredrika, L., Wati, N., & Suryani, D. (2021). Effectiveness of Playing Origami Intervention on Improvement of Fine Motor Development Pre School Children. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(1), 1107–1112. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v15i1.13565
Furwanti, E., Apriani, N., Krismayanti, Y., Barlian, U. C., & Warta, W. (2022). Analisis Standar Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(1), 58. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v3i1.699
Hainstock, E. G. (1999). Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Pra-Sekolah : Panduan Praktis dan Efektif Mudah Dipelajari Untuk Mendidik Anak. Pustaka Delapratasa.
Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242–3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327
Hasil wawancara Ust. Badri selaku staf keagamaan UPTD Griya Werdha, Surabaya 5 Desember 2019 pukul 15.00 WIB. (n.d.).
Honrubia-Montesinos, C., Gil-Madrona, P., & Losada-Puente, L. (2021). Motor Development Among Spanish Preschool Children. Children, 8(1), 41. https://doi.org/10.3390/children8010041
Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit Erlangga.
Idhayanti, R. I. (2022). Mozaik Dan Puzzle Mampu Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Sains Kebidanan, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.31983/jsk.v4i1.8226
Imani, N. (2021). Hubungan Aktivitas Menggambar Menggunakan Teknik Kering Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6886
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. PT.Remaja Rosdakarya.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mardiana, E. I., Ali, M., & Miranda, D. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Lembaga Kesejahteraan Ibu dan Anak II, Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i9.49496
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. Sage Publications.
Moore, K. D. (2001). Classroom Teaching Skill. Mc. Graw-Hill.
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.
Nirmala, A. P. (2021). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini di Awal Era New Normal. Jurnal Psimawa, 4(2), 87–93. https://doi.org/10.1234/jp.v4i2.1432
Noor, T. R. (2022). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 34–44. https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i1.203
Novadela, N. I. T., & Valinda, N. (2021). Pengaruh Busy Book terhadap Motorik Haluspada Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Tunas Permata Kecamatan Way Halim Bandar Lampung Tahun 2021. Midwifery Journal, 1(4), 188–193. https://doi.org/10.33024/mj.v1i4.5618
Nuraeni, N. (2021). Implementasi Kegiatan Menggunting Pola Dalam Mengembangkan Kecermatan Dan Kerapian Anak Kelompok A Di RA Baitush Sholihin KOta Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 1(01), 1–19. https://doi.org/10.30984/ijece.v1i01.115
O’Dea, Á. E., Coote, S., & Robinson, K. (2021). Occupational therapy practice with children with developmental coordination disorder: An online qualitative vignette survey. British Journal of Occupational Therapy, 84(5), 307–316. https://doi.org/10.1177/0308022620944100
Oftaviani, D., Dianita, S. C., Riskiana, C., & Wijaya, I. P. (2021). Bermain Dengan Media TASRU (Kertas Kokoru) Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. Efektor, 8(2), 184–191. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16269
Prashanti, N. A. S., & Hafidah, R. (2021). Perkembangan Menulis Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 Di TK Darussalam 02. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 197–210. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8312
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362–7368. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2151
Rachmat, I. F. (2021). Pengaruh Kecanduan Gawai Terhadap Disregulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(2), 33–45. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2
Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah, K. (2022). Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2360–2370. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5080
Samadovna, A. K., & Islamovna, Z. D. (2022). Methods Of Teaching Preschool Children To Prepare Appliques. Open Access Repository, 8(1), 49–55. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/CU3TR
Santrock, J. W. (2018). Life-Span Development (Seventeent). Mc. Graw-Hill.
Silaen, S. M. J. (2022). Bermain Anak Usia Dini. Uwais Inspirasi Indonesia.
Storli, R., Sandseter, E. B. H., & Sando, O. J. (2020). Children’s Involvement in Free Play and the Use of Play Materials in the Outdoor Early Childhood Education and Care Environment. Children, Youth and Environments, 30(1), 66–82. https://doi.org/10.7721/chilyoutenvi.30.1.0066
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Prose Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, S. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.
Sulistianingsih, S. (2022). Bimbingan Dan Konseling Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edunity: Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(01), 33–37. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i01.3
Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Eco print di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775
Sutarman, M., & Asih, A. (2016). Manajemen Pendidikan Usia Dini : Filosofi, Konsep, Prinsip dan Aplikasi. PT. Pustaka Setia.
Suyadi, S. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Pedagogia.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Yildiz, C., & Yildiz, T. G. (2022). Investigation of Preschool Teachers’ Art Activity Practices. Kastamonu Eğitim Dergisi, 30(3), 562–575. https://doi.org/10.24106/kefdergi.920590
Refbacks
- There are currently no refbacks.