Peningkatan Perilaku Prososial melalui Media : Studi Eksperimental

Author


Lita Ariani(1), Ceria Hermina(2), Fikrie Fikrie(3Mail),
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(2)
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 330KB]

Published : 2023-07-07

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 978 times PDF Downloaded: 361 times

Abstract


Perkembangan perilaku prososial anak terancam seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Media audio visual yang mengandung konten kekerasan justru mengarahkan anak kepada perilaku agresif. Kompetensi sosial yang penting dimiliki oleh anak salah satunya adalah perilaku prososial.  Selain berdampak negatif, konten media audio visual seharusnya dapat memunculkan dampak positif bagi perkembangan anak khususnya perkembangan perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan perilaku prososial pada anak melalui pemberian video yang bermuatan perilaku prososial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen one grup Pretest-Postest Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Muhammadiah 09. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jumlah subjek sebanyak 10 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Prosocial Behaviour Questionairre (PBQ). Pemberian perlakuan dilakukan sebanyak 4 kali setiap dua minggu. Durasi video selama 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku prososial sebelum dan sesudah pemberian video perilaku prososial.


Keywords


: perilaku prososial; video prososial; anak usia dini

References


Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (edisi 10) jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Boduszek, D., Debowska, A., Jones, A. D., Ma, M., Smith, D., Willmott, D., Trotman Jemmott, E., Da Breo, H., & Kirkman, G. (2019). Prosocial video game as an intimate partner violence prevention tool among youth: A randomised controlled trial. Computers in Human Behavior, 93, 260–266. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.12.028

Coyne, S. M., Warburton, W. A., Essig, L. W., & Stockdale, L. A. (2018). Violent video games, externalizing behavior, and prosocial behavior: A five-year longitudinal study during adolescence. Developmental Psychology, 54(10), 1868–1880. https://doi.org/10.1037/dev0000574

Dayakisni, T., & Hudaniah, P. S. (2009). Malang. UMM Press.

de Leeuw, R. N. H., Kleemans, M., Rozendaal, E., Anschütz, D. J., & Buijzen, M. (2015). The impact of prosocial television news on children’s prosocial behavior: An experimental study in the Netherlands. Journal of Children and Media, 9(4), 419–434. https://doi.org/10.1080/17482798.2015.1089297

Drabman, R. S., & Thomas, M. H. (2006). Children’s imitation of aggressive and prosocial behavior when viewing alone and in pairs. Journal of Communication, 27(3), 199–205. https://psycnet.apa.org/doi/10.1111/j.1460-2466.1977.tb02148.x

Erindana, F. U. N., Nada, T. Q., Lestari, T. S., Jannah, N. M., & Nuurachmawati, D. (2018). Pengaruh Pemberian Video “Prososial” Terhadap Perilaku Prososial Pada Masa Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi, 439(1982), 1–10. https://osf.io/p8kz7/download

Farida, N. (2021). Implementasi Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Lentera Anak, 2(1), 85–96.

Hamzah, N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. IAIN Pontianak Press.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Lai, F. H. Y., Siu, A. M. H., & Shek, D. T. L. (2015). Individual and Social Predictors of Prosocial Behavior among Chinese Adolescents in Hong Kong. Frontiers in Pediatrics, 3(April). https://doi.org/10.3389/fped.2015.00039

Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3992?show=full

Ma, T. L., Zarrett, N., Simpkins, S., Vandell, D. L., & Jiang, S. (2020). Brief report: Patterns of prosocial behaviors in middle childhood predicting peer relations during early adolescence. Journal of Adolescence, 78(October 2019), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.11.004

Mares, M., Woodard, E., & Woodard, E. (2017). Positive Effects of Television on Children ’ s Social Interactions : A Meta-Analysis Positive Effects of Television on Children ’ s Social Interactions : A Meta-Analysis. 3269(July). https://doi.org/10.1207/S1532785XMEP0703

Milla, M. N. (2002). Pengaruh Terpaan Kekerasan Media Audio Visual Pada Kognisi Agresif dan Afeksi Agresif Studi Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 33(2), 1–16. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7076

Myers, D. G. (2010). Social psychology 10th ed. McGraw Hill.

Padilla-Walker, L. M., Fraser, A. M., Black, B. B., & Bean, R. A. (2015). Associations between friendship, sympathy, and prosocial behavior toward friends. Journal of Research on Adolescence, 25(1), 28–35. https://doi.org/10.1111/jora.12108

Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 191–203. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2

Prot, S., Gentile, D. A., Anderson, C. A., Suzuki, K., Swing, E., Lim, K. M., Horiuchi, Y., Jelic, M., Krahé, B., Liuqing, W., Liau, A. K., Khoo, A., Petrescu, P. D., Sakamoto, A., Tajima, S., Toma, R. A., Warburton, W., Zhang, X., & Lam, B. C. P. (2014). Long-Term Relations Among Prosocial-Media Use, Empathy, and Prosocial Behavior. Psychological Science, 25(2), 358–368. https://doi.org/10.1177/0956797613503854

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup (13th ed.). Erlangga.

Selomo, C. (2020). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Pengaruh Teman Sebaya Dengan Empati Sebagai Variabel Antara Pada Generasi Z. Universitas 17 Agustus 1945.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Swit, C., & McMaugh, A. (2012). Relational aggression and prosocial behaviours in Australian preschool children. Australian Journal of Early Childhood, 37(3), 30–34. https://doi.org/10.1177/183693911203700305

Vaughan, G. M., & Hogg, M. A. (2013). Social psychology. Pearson Higher Education AU.

Weir, K., & Duveen, G. (1981). Further Development And Validation Of The Prosocial Behaviour Questionnaire For Use By Teachers. Child Psychology & Psychiatry & Allied Disciplines, 22(4), 357–374. https://psycnet.apa.org/doi/10.1111/j.1469-7610.1981.tb00561.x

Zhang, Q. (2021). Positive Effects of Prosocial Cartoon Viewing on Aggression Among Children: The Potential Mediating Role of Aggressive Motivation. Frontiers in Psychology, 12(December). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.742568


Refbacks

  • There are currently no refbacks.