Bentuk Perilaku Agresif Anak Setelah Menonton Televisi pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak

Author


Nisaaul Hanifah(1Mail), Rakimahwati Rakimahwati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 196KB]

Published : 2021-09-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 685 times PDF Downloaded: 491 times

Abstract


Perkembangan prilaku anak usia dini merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh anak dalam perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku agresif anak yang muncul setelah menonton televisi, untuk mengetahui tayangan televisi yang disaksikan anak agresif, untuk mengetahui peran dan tanggapan orang tua terhadap anak agresif ketika menonton televisi di rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan subjek sebanyak 12 orang yaitu terdiri dari lima orang tua anak, dua anggota keluarga anak, dua guru kelas dan tiga orang anak yang berperilaku agresif. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dokumentasi berupa foto kegiatan peneliti dalam mewawancara dan mengobservasi anak berperilaku agresif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapati munculnya perilaku agresif anak secara fisik dan agresif verbal. Anak sukan menonton jenis tayangan kartun dan tayangan sinetron perkelahian

Keywords


perilaku agresif; menonton televisi; anak usia dini

References


Abdul, A. R. (2013). Psikologi Sosial. PT Raja Grafindo Persada.

Agustina, D. (2016). Pengaruh Intensitas Menonton Televisi Terhada Kedisiplinan Anak Dalam Membagi Waktu Belajar Di MIN 2 Model Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 305-319. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/08/Jurnal Dewi (08-24-16-04-13-50).pdf

Arifin, Bambang, S. (2015). Psikologi Sosial. CV Pustaka Setia.

Bestbook. (2013). Friendly & firm parenting-Mendisiplinkan Anak Secara Bersahabat dan Tegas. G-Media.

Fitriyah, F. K. (2019). Pengaruh Perilaku Agresif Pada Anak Usia Dini Terhadap Kecemasan Dan Empati. Education and Human Development Journal, 4(1), 95-102. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1088

Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883-1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713

Hildayani, R. (2015). Materi Pokok Penanganan Anak Berkelainan. Universitas Terbuka Press.

Juntika, A., & Agustin, M. (2013). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan Psikologi. In Pendidikan dan Bimbingan Bandung PT Refika …. Refika Adiutama.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Masitoh, L. (2015). Pengaruh tayangan televisi terhapa perilaku agesif anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak kecamatan jati kabupaten kudus. EduTech, 2(1).

Mayrizki, Y. (2013). Pengaruh Media Televisi Terhadap Perilaku Anak. Fakultas Ilmu Pendidikan (PGRA). Universitas Negeri Semarang.

Mursy, S. (2001). Seni Mendidik Anak. Pustaka Alkausar.

Musbikin, I. (2007). Mendidik Anak Nakal. Mitra Pustaka.

Nasution, N. K. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan Solusi. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 130-143. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1425

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Palupi, T. N., & Budiyanto, R. (2016). Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Sinetron Terhadap Perilaku Hedonisme Para Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan SDM, 4(1). https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.460

Raihan, F., Rachman, F., Gita Saputra, I., & Iqbal Afghan, M. (2020). Pengaruh Tayangan Kartun di TV Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Communications, 2(1), 51-66. https://doi.org/10.21009/Communications.2.1.4

Risti, D. (2019). Pengaruh Sinetron Terhadap Perilaku Anak di Dalam Kehidupan Sehari-hari. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 42-43.

Rusman, L., & Yustiatie, U. (2015). Siaran televisi non-drama : kreatif, produksi, public relations, dan iklan. Kencana.

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150-162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Siahaan, Y. E., Sutapa, P., & Yus, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1472-1486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.890

Silva, lintang dian, Pranajaya, syatria adymas, & Hadi, S. (2021). Imajinasi Tontonan Televisi Terhadap Tuntunan Diri Anak. Borneo Journal of Primary Education, I(1), 37-53. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/bjpe/article/view/3135/1239

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprihatin, T. (n.d.). Agresivitas Anak (Suatu Studi Kasus). Proyeksi, 6 (1)(1), 53-61.

Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (N. Nur (ed.)). remaja rosdakarya.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. PT Raja Grafindo Persada.

Tandry, N. (2016). Happy parenting with Novita Tandy. PT Buana Ilmu Populer.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wiyani, N. A. (2014). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.