Persepsi Calon Guru dan Guru Laki-Laki sebagai Minoritas Gender di Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Novita Pancaningrum(1Mail), Pasiningsih Pasiningsih(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 409KB]

Published : 2023-03-03

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 606 times PDF Downloaded: 265 times

Abstract


Fenomena rendahnya partisipasi laki-laki sebagai pendidik Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) bukan hanya terjadi di lembaga PAUD melainkan juga di perguruan tinggi penyelenggara Program Studi PAUD. Hal ini menyebabkan lembaga PAUD kekurangan figur guru laki-laki bagi anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengekplorasi persepsi calon guru dan guru laki-laki sebagai minoritas gender PAUD. Ada enam subyek penelitian yang terdiri dari 2 calon guru laki-laki, dan 4 guru PAUD laki-laki di area Kudus. Peneliti menggunakan in-depth interview didukung dengan Focus Group Discussion (FGD). Partisipan memilih bidang PAUD karena motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Persepsi partisipan terkait keterlibatan laki-laki di PAUD positif meskipun ada berbagai tantangan. Stereotipe gender membuat pihak eksternal masih memandang negatif laki-laki yang memilih program studi PAUD atau bekerja di lembaga PAUD namun ada juga dukungan. Semua partisipan yakin berkarir di PAUD namun tindak lanjut dari program studi dan lembaga PAUD diperlukan untuk mengikis stereotipe yang ada termasuk pemenuhan kesejahteraan guru.


Keywords


guru laki-laki; gender; minoritas; Pendidikan Anak Usia Dini; persepsi

References


Al Baqi, S. (2021). Penguatan Identitas Gender pada Siswa Laki-laki Melalui Kehadiran Guru Laki-laki di Tingkat PAUD. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(2), 289–309. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.2.289-309

Atika, A. R., & Purnamasari, Y. M. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Layanan Guru Laki-Laki Dan Guru Perempuan Di Taman Kanak-Kanak. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2581–0413. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1532

Bastian, A., & Novitasari, Y. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4359–4366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2639

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Qualitative Research in Psychology Using thematic analysis in psychology Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Christin, J., & Mukzam, D. (2017). Pengaruh Motivasi Internal dan Eksternal terhadap Kinerja Karyawan PT. Indomarco Prismatama. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 108–112. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2062

Cole, K., Plaisir, J.-Y., Reich-Shapiro, M., & Freitas, A. (2019). Building a Gender-Balanced Workforce: Supporting Male Teachers. Young Children, 74(4). https://www.naeyc.org/resources/pubs/yc/sept2019/building-gender-balanced-workforce-supporting-male-teachers

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (5th Eds, Vol. 4). Pearson Australia. https://drive.google.com/file/d/1d5ZzlgJuCrwAyLpdBeK5dhKMZTpE2HNb/view

Dianita, E. R. (2020). Stereotip Gender Dalam Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Genius, 1(2), 87–105. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.20

Fajri, R. (2019). Teologi dan Motivasi Kerja Telaah tentang Calvinisme dan Asy’ariyah di Indonesia. Sufiks.

Fauzan, F., Fathurrohman, M., & Syamsuri, S. (2020). Perbedaan Persepsi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gender. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 136. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8901

Gomes, F. de. (2008). Dampak Dominasi Perempuan Dalam Profesi Guru Paud. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 86–97. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/258

Ho, D., & Lam, H. (2014). A study of male participation in early childhood education: Perspectives of school stakeholders. International Journal of Educational Management, 28(5), 498–509. https://doi.org/10.1108/IJEM-02-2013-0024

Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Isrona, L. (2022). Selamat Datang Mahasiswa Baru 2022. Antara Sumbar. https://sumbar.antaranews.com/berita/522025/selamat-datang-mahasiswa-baru-2022

Lusi, M., Firdausyi, A. N., & Tisnawati, N. (2020). Emansipasi Guru Laki-Laki Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Metro (Perspektif Stakeholder). Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–125. https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/15

Magolda, P. M. (2007). Doing Case Study Research: A Practical Guide for Beginning Researchers. Journal of College Student Development, 48(1), 123–125. https://doi.org/10.1353/csd.2007.0003

Marquette University. (2022). Challenges Students Face. Marquette University. https://www.marquette.edu/student-affairs/diversity-committee/challenges.php

Maulana, R. A., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). Apa Yang Menyebabkan Rendahnya Keberadaan Guru Laki-Laki Di Paud. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 23–32. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.3

Mukhlis, A. (2019). Dominasi Guru Perempuan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi Stakeholder. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 117–134. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-01

Puspitarani, P., & Masykur, A. M. (2020). Makna Menjadi Guru Taman Kanak-Kanak (Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal EMPATI, 7(1), 308–314. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20225

Putri, W. P., Kusumastuti, N., Wijayanti, A., Stkip, M., & Ngawi, I. (2022). Peran Guru Laki-Laki Pada Lembaga PAUD Ditinjau dari Perspektif Fungsi Afeksi di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 1 Ngawi. JECED, 4(1), 88–99. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1792

Rachman, B., Pranoto, Y. K. S., & Formen, A. (2022). Faktor Minat Laki-Laki Memilih Profesi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4735–4744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2701

Sairah, S., & Chandra, A. (2022). Daycare dan Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4181–4188. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2498

Sinaga, J. V., & Asriwandari, H. (2019). Konsep Diri Mahasiswa Laki-laki Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Riau. JOM Fisip, 6(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/24973

Sriyono, H., Rizkiyah, N., & Widiyarto, S. (2022). What Education Should Be Provided to Early Childhood in The Millennial Era? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5018–5028. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2917

Sumsion, J. (2005). Male teachers in early childhood education: Issues and case study. Early Childhood Research Quarterly, 20(1), 109–123. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2005.01.001

Thérèse, B., & Ayşe, D. (2010). Perseverance of male students in early childhood educator training. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3206–3218. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.490

Widayati, W. (2016). Guru Laki-laki pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 185–200. https://doi.org/10.21009/jpud.101.11

Xu, T. (2019). Exploring the Experiences of Male Early Childhood Aspiring Teachers. 4(June). https://www.researchgate.net/publication/333176352_Exploring_the_Experiences_of_Male_Early_Childhood_Aspiring_Teachers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.