Tingkat Kemampuan Orang Tua dalam Meregulasi Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini

Author


Grasela Cicilia Agranita Riwu(1Mail), Gendon Barus(2),
Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia(1)
Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 293KB]

Published : 2023-03-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 254 times PDF Downloaded: 157 times

Abstract


Penggunaan Smartphone pada anak usia dini memiliki dampak positif dan negatif. Maka dari itu orang tua perlu memiliki kemampuan meregulasi penggunaan smartphone yang baik untuk meminimalisir terjadinya dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorisasi tingkat kemampuan orang tua dalam meregulasi penggunaan smartphone pada anak usia dini serta mengidentifikasi item pengukuran kemampuan orang tua yang teridentifikasi belum optimal dalam meregulasi penggunaan smartphone pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 56 orang tua anak usia dini. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif kategori. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 70% orang tua memiliki kemampuan meregulasi penggunaan smartphone sangat tinggi, 23% dengan kemampuan tinggi, sedangkan sisanya 7% memiliki kemampuan sedang. Berdasarkan hasil analisis pada capaian skor terhadap 45 item pengukuran, terdapat 67% yang teridentifikasi sangat tinggi, 22% item masuk dalam kategori tinggi, dan 11% item masuk dalam kategori sedang


Keywords


anak usia dini; kemampuan orang tua; regulasi penggunaan smartphone;

References


Ain, N., Novianti, R., Solfiah, Y., & Puspitasari, E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Anak Usia Dini di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Riau. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 70–85.https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.6073

Ajilchi, B., Borjali, A., & Janbozorgi, M. (2011). The Impact of a Parenting Skills Training Program on Stressed Mothers and Their Children’s Self-Esteem Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 316–326. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.063

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan teknologi digital [parent mentoring of young children in the use of digital technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65-78. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/639

Chang, H. Y., Park, E.-J., Yoo, H.-J., Lee, J. won, & Shin, Y. (2018). Electronic Media Exposure and Use among Toddlers. Psychiatry Investigation, 15(6), 568–573. https://doi.org/10.30773/pi.2017.11.30.2

Febriani, Z., Setyowati, R. B., Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2021). Adaptation of Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) for parents of children aged 2-12 years. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(2), 137–152. https://doi.org/10.21580/pjpp.v6i2.7952

Fischer, S., Harris, E., Smith, H. S., & Polivka, R. J. (2020). Family visit coaching: Improvement in parenting skills through coached visitation. Children and Youth Services Review, 119, 105604. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105604

Hardiningrum, A., Shari, D., Asmara, B., Syaikhon, M., Djuwari, D., Rulyansyah, A., & Devi, I. K. (2023). Pelatihan Literasi Digital Bagi Orang tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Zaman Generasi Milenial. Indonesia Berdaya, 4(1), 7-12. https://doi.org/10.47679/ib.2023369

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341

Hiniker, A., Schoenebeck, S. Y., & Kientz, J. A. (2016, February). Not at the dinner table: Parents' and children's perspectives on family technology rules. In Proceedings of the 19th ACM conference on computer-supported cooperative work & social computing (pp. 1376-1389). https://doi.org/10.1145/2818048.2819940

Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35-49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201

Linovita, Y., & Syafriani, D. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak Pengemis Di Pantai Muaro Lasak Kota Padang. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora (JURRISH), 2(1), 124-138. http://www.prin.jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/JURRISH/article/view/730

Matthes, J., Thomas, M. F., Stevic, A., & Schmuck, D. (2021). Fighting over smartphones? Parents' excessive smartphone use, lack of control over children's use, and conflict. Computers in Human Behavior, 116, 106618. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106618

Nurfadilah, F., Zaman, B., & Romadona, N. F. (2019). Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 90-98. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21532

Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Smartphone Pada Remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40040

Okajima, J., Kato, N., Nakamura, M., Otani, R., Yamamoto, J., & Sakuta, R. (2021). A pilot study of combining social skills training and parenting training for children with autism spectrum disorders and their parents in Japan. Brain and Development, 43(8), 815–825.https://doi.org/10.1016/j.braindev.2021.04.007

Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orang tua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37-57.

Regulasi. 2016. Pada KBBI Daring. DIakses 24 Desember 2022 dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/regulasi

Septriani, E., Imron, K., & Oktamarina, L. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia 5-8 Tahun (Fenomenologi di Desa Air Gading Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1425–1431. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.587

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95

Soysal, A. (2020). Upaya Orang Tua dalam Mendampingi Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52233

Sun, H., Lim, V., Low, J., & Kee, S. (2022). The Development of a Parental Questionnaire (QQ-MediaSEED) on Bilingual Children’s Quantity and Quality of Digital Media Use at Home. Acta Psychologica, 229, 103668. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103668

Tso, W. W. Y., Reichert, F., Law, N., Fu, K. W., de la Torre, J., Rao, N., Leung, L. K., Wang, Y.-L., Wong, W. H. S., & Ip, P. (2022). Digital competence as a protective factor against gaming addiction in children and adolescents: A cross-sectional study in Hong Kong. The Lancet Regional Health - Western Pacific, 20, 100382. https://doi.org/10.1016/j.lanwpc.2022.100382

Unde, A. A., & Fatimah, J. M. (2023). Komunikasi Orang Tua Pekerja dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 39-51. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/736

Warisyah, Y. (2019, June). Pentingnya “pendampingan dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 130-138).

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orang tua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Zulfitria, Z., & Arif, Z. (2017). Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 13(2). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/685


Refbacks

  • There are currently no refbacks.