Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Author


Annisha Erdaliameta(1Mail), Rizka Khurotunisa(2), Nana Nana(3), Entoh Tohani(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 468KB]

Published : 2023-08-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 468 times PDF Downloaded: 492 times

Abstract


Sikap orang tua terhadap anak-anak mereka dan lingkungan emosional dimana perilaku tersebut ditampilkan membentuk gaya pola asuh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tau pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu Simple random sampling  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara angket skala likert yang disebar secara online. Data kemudian dianalisis menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga pola asuh authoritative, authoritarian, dan permissive secara simultan berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak. Dari ketiga pola asuh, Pola asuh authoritarive adalah pola asuh yang berpengaruh secara positif. Pola asuh orang tua mempengaruhi kecerdasan emosional anak sehingga penting bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh yang dapat mendukung tumbuh kembang anak


Keywords


pola asuh; kecerdasan emosional; anak usia dini

References


Adekeye, O. A., Alao, A. A., Adeusi, S. O., Odukoya, J., & Godspower, C. S. (2015). Correlates Between Parenting Styles and the Emotional Intelligence: a Study of Senior Secondary School Students in Lagos State. Iceri2015: 8th International Conference of Education, Research and Innovation, November, 8076–8084. https://core.ac.uk/download/pdf/186349357.pdf

Al-Elaimat, A., Adheisat, M., & Alomyan, H. (2020). The relationship between parenting styles and emotional intelligence of kindergarten children. Early Child Development and Care, 190(4), 478–488. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1479403

Baumrind, D. (1966). Effect of authoritative parental control on child behavior. Child Developmental.https://doi.org/10.2307/1126611

Baumrind, D. (1967). Child care practice anteceding three patterns of preschool behavior. 12. https://psycnet.apa.org/record/1967-05780-001

Berk, L. E. (2013). Development through the lifespan (6th ed.). Pearson Education. https://www.academia.edu/44089180/Development_Through_the_Lifespan

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed method approaches. Sage Publications. https://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf

Goleman, D. (1994). Emotional Intelligence. Gramedia.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence :Why it can matter more than IQ. Bantam Books.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosi untuk mencapai puncak prestasi (A. T. Kuntjoro, Ed.). Gramedia.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence Why It Can Matter More Than IQ. Bloomsbury Publishing. https://www.academia.edu/37329006/Emotional_Intelligence_Why_it_Can_Matter_More_Than_IQ_by_Daniel_Goleman

Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai spss. panduan praktis mengolah data penelitian. Deepublish CV. Budi Utama.

Hartati, S. (2005). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta. Depdiknas. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2648

Hurlock, E. B. (1972). Child development. In How to Grow a Playspace (5th ed.). Library of Congress Cataloging. https://doi.org/10.4324/9781315695198-ch26

Joseph, M. v, & John, J. (2008). Impact of parenting styles on child development. Global Academic Society Journal: Social Science Insight, 1(5), 16–25. www.ScholarArticles.net

Khan, R. I. (2021). Relevansi pola asuh dengan kecerdasan emosi anak. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif, 8. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/877

Kholifa. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Aud Tk Muslimat Nu 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24446

Pallant, J. (2016). SPSS survival manual : a step by step guide to data analyisi using ibm spss. In Automotive Industries AI (6th ed., Vol. 181, Issue 4). Open University Press. http://library.lol/main/76ACCE444C525DCCE8FE4107995AD291

Pradipta, D., Mulyadi, S., & Rahman, T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 8. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Reyes-Wapano, M. R. (2021). Does Parenting Style predict Emotional Intelligence? International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(07), 649–657. https://doi.org/10.47772/ijriss.2021.5732

Robinson, C. C., Mandleco, B., & Roper, S. O. (2001). The parenting styles and dimenions questionnaire (psdq) type 1 diabetes-family adaptation view project parenting styles view project. https://www.researchgate.net/publication/284239814

Sa’diyah, R. (2018). Urgensi Kecerdasan Emosional Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10375

Santrock, J. W. (2010b). Child development (M. Ryan, Ed.; 13th ed.). McGraw Hill. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Soliha, S. M., B, G. A., & Suryati. (2020). Hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak pra sekolah (3-6 tahun). Jurnal Keperawatan, 12. https://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/view/27

Sulistiyani, W. P. (2021). Mengukir Asa dari Anak Usia Dini. Jatengdaily.Com. https://jatengdaily.com/2021/mengukir-asa-dari-anak-usia-dini

Talib, J., Mohamad, Z., & Mamat, M. (2011). Effects of Parenting Style on Children Development. In World Journal of Social Sciences (Vol. 1, Issue 2). https://www.researchgate.net/publication/265025870

Wahyuni., Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan orang tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. In T. Fiktorius (Ed.), Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang. Klik Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.