Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini

Author


Fajri Aprilia(1Mail), Junita Dwi Wardhani(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 403KB]

Published : 2023-03-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1336 times PDF Downloaded: 548 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap kedisiplinan pada anak usia dini. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan sebanyak 20 anak, terdapat 15 anak belum mentaati peraturan yang ditetapkan oleh sekolah. Metode token ekonomi adalah bentuk modifikasi perilaku yang disusun dalam upaya guna meningkatkan perilaku yang ditargetkan serta menurunkan perilaku yang tidak dikehendaki melalui pemberian token (simbol). Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui keefektifan metode token ekonomi terhadap tingkat kedisiplinan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggaplikasikan desain quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik nonprobability sampling. Berdasarkan hasil uji N-Gain dinyatakan bahwa hasil dari penerapan metode token ekonomi terhadap tingkat kedisiplinan anak menunjukkan kategori cukup efektif. Kedisiplinan anak meningkat, dibandingkan sebelum di terapkannya metode token ekonomi kedisiplinan anak rendah.


Keywords


anak usia dini; tingkat kedisiplinan; token ekonomi

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Chotim, M., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., & Christiana, R. (2016). Penerapan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tk Kartika Iv-21 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.250

Chotimah, N. (2022). Penerapan teori behavior dengan teknik modifikasi perilaku dalam mengelola emosi anak di Desa Rejosari Kebonsari Madiun. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/53500

Doll, C., McLaughlin, T., & Barretto, A. (2013). The token economy: A recent review and evaluation. International Journal of Basic and Applied Science, 2, 131–149. http://insikapub.com/Vol-02/No-01/12IJBAS(2)(1).pdf

Faujiah, S., Mulyadi, S., & Sumardi. (2020). Analisis perilaku disiplin anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 346–357. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30453

Fitrah, R. (2020). Filial terapi dan token ekonomi untuk meningkatkan kemandirian menulis pada anak dengan problem kemandirian dalam belajar. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(2), 56. https://doi.org/10.22219/procedia.v8i2.13423

George, D., Nagarajan, P., Rajkumar, R. P., & Kavitha, R. R. (2015). Effect of Structured Teaching Programme on Knowledge Regarding Specific Learning Disabilities among Primary School Teachers. International Journal of Psychiatric Nursing, 1(1), 69. https://doi.org/10.5958/2395-180x.2015.00017.1

Handayani, D., & Hidayah, N. (2014). Pengaruh Token Ekonomi untuk Mengurangi Agresivitas pada Siswa TK. Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 44–52. https://doi.org/10.12928/empathy.v2i2.3015

Hidayati, L., Widiana, I. W., & Handayani, D. A. P. (2022). Korelasi Pola Asuh Demokratis Ibu dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 7–15. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.44662

Hurriyati, D., Butar Butar, N., & Arisandy, D. (2022). Penerapan Metode Reward Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di TK Melati Desa Air Rupik. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2392

Indriani, E. (2016). Penerapan Metode Token Economy Untuk Menurunkan Masalah Kesiapan Belajar Siswa Salah Satu Sd Di Tangerang Masalah Kesiapan Belajar Siswa Salah Satu Sd Di Tangerang. Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I http://repo.jayabaya.ac.id/id/eprint/1523

Karlina, L. (2018). Pengaruh Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Makan Sayur pada Anak Yang Mengalami Sulit Di TK PAUD Kusuma Bangka Kabupaten Bulukamba. Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/7220

Liana, S. (2013). Peningkatan Kemandirian Dengan Menggunakan Token Economy Pada 6 Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Bimbingan Konseling, 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/2319

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). 54 | Jurnal Pendidikan Nonformal Volume XIV, No. 1, Maret 2019. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume, XIV(1), 54–67. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8853

Madiyanah, A. N., & Farihah, H. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pemberian Reward. Jurnal Teladan, 5(1), 19. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/122

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Mirnawati. (2020). Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus. Oase Pustaka. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Prima, E., & Lestari, P. I. (2019). Penerapan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.324

Pujiati, N. I., & Dahlan, T. H. (2017). Innovative Counseling Modifikasi Perilaku Melalui Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia Dini. 1(2), 10–22. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/87

Ratnasari, F., Yulsyofriend, & Rakimahwati. (2020). Pengaruh metode token economy terhadap disiplin anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(2), 86–99. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/100292

Risma, D. (2015). Pemetaan Penerapan Modifikasi Perilaku Kognitif pada Anak Usia Dini Oleh Pendidik PAUD di Kota Pekanbaru. Educhild, 4(1), 64–71. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/2804

Sabartiningsih, M., & Muzakki, J. A. (2018). IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468

Saputri, A. I., & Widyasari, C. (2022). Application of Reward and Punishment to Develop Disciplinary Behavior of Early Childhood. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(1), 1–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i1.11784

Sholeha, E., & Widiyastuti, A. (2021). Membangun dan Melatih Karakter Disiplin dan Rasa Empati Pada Anak Usia Dini di TKIT YAPIDH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5221–5227. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2347

Sri Yatun, Salehudin, M., Komariah, D. L., Aminda, N. E. R., Hidayati, P., Latifah, N., & Aisyah. (2021). Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 1–10. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/13576

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Ulyah, S. (2020). Token ekonomi untuk mengurangi gejala perilaku pada anak ADHD. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020, 408–415. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/65

Yulianto, A. (2014). Pengembangan Uji Kompetensi Mandiri Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa the Development of Computer Based Self Competencies Test To Enlarge Student’S Self-Efficacy. Januari Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10, 1693–1246.

Zaizafun, N. I., Sari, D. K., & Santoso, A. (2022). Metode Learning By Painting Dan Token Economy Dalam Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Anak Putus Sekolah. JPPM : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 289-296. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3985


Refbacks

  • There are currently no refbacks.