Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah

Author


Novia Hera Herawati(1Mail), Sri Katoningsih(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 343KB]

Published : 2023-03-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2643 times PDF Downloaded: 851 times

Abstract


Pada anak prasekolah keterampilan berbahasa sangat penting, karena bahasa anak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungan. Kemampuan bahasa bisa berkembang baik karena sering adanya komunikasi yang terjalin antara orang tua maupun orang lain disekitarnya. Kemampuan bahasa anak prasekolah saat ini mampu berkembang dengan baik karena komunikasi anak dengan orang tua dan lainnya baik.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan bahasa anak prasekolah saat ini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengumpulan data merupakan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksiidata, interpretasi, penyajianndata, dan kesimpulan. Hasil dari wawancara yanggdiperoleh adalah rata-rata sudah baik tetapi masih ada kemampuan bahasa anak yang masih kurang. Faktor yang menjadi pendukung dalam mempengaruhi peningkatan ini, karena anak-anak sering melakukan komunikasi ketika dirumah maupun disekolah.


Keywords


kemampuan bahasa; usia prasekolah; anak usia dini

References


Alstad, G. T., & Sopanen, P. (2021). Language orientations in early childhood education policy in Finland and Norway. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 7(1), 30–43. https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1862951

Ahla, A., Setyawan, D. A., & Siswanto, A. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Prasekolah di Raudhathul Athfal Bina Anaprasa Kota Banjarmasin Kalimantan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13697–13706. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4655

Andika, Y., & Sunarti, V. (2018). Hubungan antara Komunikasi Keluarga dengan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Desa Rambai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 547. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101656

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Arfa, U., Arifin, A. A., & Abdurahman, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Telepon Kaleng Sebagai Media Pembelajaran Di Kelompok A PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate 4(2), 15-36. http://dx.doi.org/10.33387/cp.v4i2.5338

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159

Aulia Setyaningsih. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/86623

Barone, C., Fougère, D., & Pin, C. (2021). Social Origins, Shared Book Reading, and Language Skills in Early Childhood: Evidence from an Information Experiment. European Sociological Review, 37(1), 18–31. https://doi.org/10.1093/esr/jcaa036

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 116–125. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181

Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205–2213. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1564917

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/22444

Meutia Mega Syahputri, & Dewi Retno Suminar. (2021). Efektivitas Metode Repeated Interactive Read-Aloud dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(2), 116–131. https://doi.org/10.35891/jip.v8i2.2625

Mulvey, N., & Jenkins, L. (2021). Language Skills as Predictors of Social Skills and Behaviors in Preschool Children. Contemporary School Psychology, 25(4), 503–514. https://doi.org/10.1007/s40688-020-00281-1

Nabila, P. A., Sukamti, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung Kota Depok. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(2), 224–233. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6000

Nadirahsyahla, S., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Pengaruh Permainan Bowling Huruf terhadap Kemampuan Mengenal Kata pada Anak Usia Dini. In PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 03, pp. 16–24). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8922

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335. https://www.ijicc.net/images/vol5iss6/5634_Nahdi_2019_E_R.pdf

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019b). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Nuzula Apriliyana, F. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14594

Pristikasari, E., Mustaji, & Jannah, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam dengan Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak TK Elza. Jurnal Basicedu, 6(5), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3985

Psikologi, F., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). Digital storytelling untuk kemampuan bahasa anak. 14, 129–140. http://repository.uin-malang.ac.id/12496

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2018). Control Group Pretest-Posttet. Kemampuan Bercerita Anak Prasekolah (5-6 Tahun), 7. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/24458

Sri Mulatsih, Y. L., Suharno, S., & Anitah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Melalui Alat Peraga Gambar Seri Di Tk Negeri Pembina Kabupaten Sragen. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 190 - 200. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.16

Sukma, M. (2019). Hubungan antara Komunikasi Orang tua terhadap Anak dengan Temper Tantrum Anak di TK Nurul Hidayah. e-Journal Pustaka Kesehatan, 7(2), 2019. https://doi.org/10.19184/pk.v7i2.19122

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Tifani, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Pada Anak Kelompok a Melalui Bermain Arisan Kata Di Tk Aba Labbaik Ap Iii Ngestiharjo Kasihan Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, IX(6), 537–546. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/16984

Triningsih, R. W., Aryani, H. R., & Mutoharoh, Q. (2022). Musik Sebagai Stimulasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini : Literature Review. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 1. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2969

Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877

Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review: Implementasi STEAM di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1545-1555. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268

Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908

Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168–2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.