Author
Lilianti Lilianti(1), Nurul Idhayani(2), Rohmiati Rohmiati(3), Adam Adam(4), Hermanto Hermanto(5), Risnajayanti Risnajayanti(6), Sitti Salma(7),
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendar, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(7)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-03-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 457 times PDF Downloaded: 344 timesAbstract
Karakter tidak hanya dibentuk untuk mengejar kecerdasan akademik saja, namun dibentuk untuk kebutuhan anak di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran yang diterapkan pendidik dalam membangun karakter siswa. Pendekatan kualitatif digunakan pada kegiatan penelitian ini dengan melibatkan informan sebanyak 5 orang guru. Cara mengumpulkan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti mereduksi data dengan cara membuat rangkuman serta memilih data yang dapat menjawab tujuan penelitian. Tahap selanjutnya menyajikan data dalam bentuk matriks dan digabungkan dengan informasi yang sudah tersusun agar mudah dicapai, kemudian disimpulkan dan divalidasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakter yang dibentuk di sekolah dilakukan melalui peran-peran yang telah diterapkan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Setelah itu, sekolah melibatkan para orang tua siswa untuk mengawasi anaknya ketika berada di rumah. Akan tetapi dalam hal ini yang menjadi faktor penentu adalah kerjasama antara kedua bela pihak.
Keywords
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The Effect of Parenting Style and Genetic Personality on Children Character Development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151
Badu, R. (2019). Family as the Key of Children Character Building. Internasional Journal of Innovative Science and Research Technology., 4(5), 337–340. https://ijisrt.com/wp-content/uploads/2019/05/IJISRT19MY337.pdf
Chasanah, R. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Percobaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini. Kreasi Wacana.
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (alih bahasa, Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar.
Hulu, Y. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23
Juwairiah. (2017). Membentuk Karakter Anak Usia Dini dengan Mengenalkan Cerita Rakyat Dari Aceh. Journal Pendidikan Anak Bunayya, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705
Kaimuddin, K. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Journal Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 132–152. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549
Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. Jurnal Etika Demokrasi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.2966
Lickona, T. (2021). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter. (2), 543-554.
Lilianti, Rosida, W., Adam, Said, H., Kabiba, & Arfin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Din. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2191–2200. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1151
Lubis, Rahmat, R., & Nasution, Miftahul, H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Megawangi, R. dkk. (2014). Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan. Indonesia Heritage Foundation. http://opac.depok.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=4168
Misnan, Sari, N., Siagian, R., & Nazifah, N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini di RA. An Nur Medan. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 121–134. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/issue/view/10
Mulianah, K. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82–89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. In Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Erlangga.
Pagarwati, Lia, D, A., & Rohman, A. (2020). Grand Parenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831
Prasanti, D., & Fitriani, D, R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ., 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2
Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Kemendiknas.
Rahayuningsih, S., & Sholikhan, S. (2016). Disciplinary Character Education At Early Age. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME)., 6(5), 42–49. https://doi.org/10.9790/7388-0605024249
Rahmat, Farah, A, G. (2018). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 3 Kembaran Banyumas. Digital Repository Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 1–41. Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/e print/4694
Ramdan, A, Y., & Fauziah, P, Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter., 1(1), 48. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316
Sukmawati, A. (2015). Peran Guru dalam Pengembangan Moral bagi Anak Usia Dini. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, VIII(1), 88–96. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.61
Suratmi N., & Munhaji, U. (2015). Model Pembelajaran “Unfold Circles” Untuk Membangun Pendidikan Karakter dan Potensi Anak di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 183–191. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i2.185
Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(4), 570–577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran,. Jurnal UIN (Universitas Islam Negeri) Alauddin Makassar, 5(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
Refbacks
- There are currently no refbacks.