Mengoptimalkan Pembentukan Karakter untuk Anak Usia Dini

Author


Lilianti Lilianti(1Mail), Nurul Idhayani(2), Rohmiati Rohmiati(3), Adam Adam(4), Hermanto Hermanto(5), Risnajayanti Risnajayanti(6), Sitti Salma(7),
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendar, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(7)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 652KB]

Published : 2023-03-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 457 times PDF Downloaded: 344 times

Abstract


Karakter tidak hanya dibentuk untuk mengejar kecerdasan akademik saja, namun dibentuk untuk kebutuhan anak di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran yang diterapkan pendidik dalam membangun karakter siswa. Pendekatan kualitatif digunakan pada kegiatan penelitian ini dengan melibatkan informan sebanyak 5 orang guru. Cara mengumpulkan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti mereduksi data dengan cara membuat rangkuman serta memilih data yang dapat menjawab tujuan penelitian. Tahap selanjutnya  menyajikan data dalam bentuk matriks dan digabungkan dengan informasi yang sudah tersusun agar mudah dicapai, kemudian disimpulkan dan divalidasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakter yang dibentuk di sekolah dilakukan melalui peran-peran yang telah diterapkan oleh guru pada saat proses pembelajaran.  Setelah itu, sekolah melibatkan para orang tua siswa untuk mengawasi anaknya ketika berada di rumah. Akan tetapi dalam hal ini yang menjadi faktor penentu adalah kerjasama antara kedua bela pihak.


Keywords


peran pendidik; pembentukan karakter anak; anak usia dini

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The Effect of Parenting Style and Genetic Personality on Children Character Development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151

Badu, R. (2019). Family as the Key of Children Character Building. Internasional Journal of Innovative Science and Research Technology., 4(5), 337–340. https://ijisrt.com/wp-content/uploads/2019/05/IJISRT19MY337.pdf

Chasanah, R. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Percobaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini. Kreasi Wacana.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (alih bahasa, Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23

Juwairiah. (2017). Membentuk Karakter Anak Usia Dini dengan Mengenalkan Cerita Rakyat Dari Aceh. Journal Pendidikan Anak Bunayya, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705

Kaimuddin, K. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Journal Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 132–152. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. Jurnal Etika Demokrasi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.2966

Lickona, T. (2021). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter. (2), 543-554.

Lilianti, Rosida, W., Adam, Said, H., Kabiba, & Arfin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Din. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2191–2200. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1151

Lubis, Rahmat, R., & Nasution, Miftahul, H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Megawangi, R. dkk. (2014). Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan. Indonesia Heritage Foundation. http://opac.depok.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=4168

Misnan, Sari, N., Siagian, R., & Nazifah, N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini di RA. An Nur Medan. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 121–134. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/issue/view/10

Mulianah, K. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82–89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. In Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Erlangga.

Pagarwati, Lia, D, A., & Rohman, A. (2020). Grand Parenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831

Prasanti, D., & Fitriani, D, R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ., 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Kemendiknas.

Rahayuningsih, S., & Sholikhan, S. (2016). Disciplinary Character Education At Early Age. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME)., 6(5), 42–49. https://doi.org/10.9790/7388-0605024249

Rahmat, Farah, A, G. (2018). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 3 Kembaran Banyumas. Digital Repository Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 1–41. Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/e print/4694

Ramdan, A, Y., & Fauziah, P, Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter., 1(1), 48. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316

Sukmawati, A. (2015). Peran Guru dalam Pengembangan Moral bagi Anak Usia Dini. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, VIII(1), 88–96. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.61

Suratmi N., & Munhaji, U. (2015). Model Pembelajaran “Unfold Circles” Untuk Membangun Pendidikan Karakter dan Potensi Anak di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 183–191. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i2.185

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(4), 570–577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran,. Jurnal UIN (Universitas Islam Negeri) Alauddin Makassar, 5(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480


Refbacks

  • There are currently no refbacks.