Author
Fidesrinur Fidesrinur(1), Nila Fitria(2), Astri Lestari(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-04-24
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 770 times PDF Downloaded: 218 timesAbstract
Berkembang pesatnya IPTEK, tingginya arus globalisasi dan kurangnya pembelajaran moral ketika pandemi menjadi penyebab fenomena merosotnya moral di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran moral pada anak usia 4- 6 tahun. Penelitian ini meruapaka penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu anak usia 4-6 tahun, kepala sekolah, guru, dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran moral pada anak usia 4- 6 tahun bertujuan membentuk anak menjadi generasi yang beradab dengan menyusun rencana pembelajaran, metode, media, dan penilaian dalam pembelajarannya. Terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar, kegiatan rutin, kegiatan program, dan kegiatan spontan.
Keywords
References
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Busthami, S. H. (2018). Pendidikan Berbasis Adab Menurut a. Hassan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-01
Cibubur, T. A. A. 20. (2023). Kata Mereka tentang TK Islam Al Azhar 20 Cibubur. TK Al Azhar 20 Cibubur. https://www.youtube.com/watch?v=sf-JKFuRO0A
Elis, K. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Seklah di TK Khalifah. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205–218. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1217
Erdreich, L. (2021). Managing parent capital: Parent-teacher digital communication among early childhood educators. Italian Journal of Sociology of Education, 13(1), 135–159. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2021-1-6
Gunadha, R. (2021). Viral! Hanya Demi Konten, Siswa Sekolah Lakukan Hal Tak Sopan Ini ke Guru. beritahits.id. https://hits.suara.com/read/2021/02/04/132109/viral-hanya-demi-konten-siswa-sekolah-lakukan-hal-tak-sopan-ini-ke-guru
Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2021). Planting Values through Character Education for Early Childhood. KnE Social Sciences, 2020(58), 97–108. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194
Hermuttaqien, B. P. F., & Mutatik, M. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645
Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Lely Noormindhawati, J. E. (2015). 8 Tahun Yang Menakjubkan. Gramedia.
Lestari, S. P., Sunaryanto, H., & Nopianti, H. (2019). Keputusan Dalam Memilih Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Dari Perspektif Orang Tua (Studi pada Orang Tua yang Menyekolahkan Anaknya di TKIT Auladuna, Kota Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 3(1), 19–36. https://doi.org/10.33369/jsn.3.1.19-36
Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran AUD. Adjie Media Nusantara.
Masitoh. (2016). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Universitas Terbuka
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. 7(2).
Musdalifa, D. H., Lahmi, A., & Rahmi, R. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Islam Bakti 53 Tanjung Harapan. Jurnal Eduscience, 9(2), 350–367. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/2751
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Campustaka.
Nurani, Y. (2020). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. 34.
Nutbrown, C. dan C. P. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Sejarah, Filosofi, dan Pengalaman. Pustaka Pelajar.
Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rusli. (2021). Pengaruh Teknologi Terhadap Dekadensi Moral Anak. Jurnal Umbuton.
Sabi’ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al Atfal Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–14. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1223
Sasaki, H. (2017). A Discussion of Teaching Method in Moral Instruction and a Lesson Practice to Educate Students in Information Ethics. CHUGOKUGAKUEN Journal, 16, 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/151370618.pdf
Sholichah, A. S., Alwi, W., & Fajri, A. (2021). Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Akhlak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di Smp Islam An-Nasiriin Jakarta Barat. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 163–182. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.130
Sit, Masganti, A. W. A. dan N. K. (2021). Development Of Education Model For Advanced Children 4-10 Years In The Qur’an And Hadist On Parenting Activities In TK Itbunayya 7 Al-Hijrah. Dharmawangsa International Journals of the Social Science, Education and Humanities, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.46576/ijsseh.v2i1.1420
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sulis, H. (2016). Terjadi juga pada korban yang sama dan pelaku yang sama yaitu korban di dorong dan bekalnya di jatuhkan ke tanah dan kemudian di injak-injak. https://lampung.tribunnews.com/2016/01/24/kasus-bullying-di-lampung-anak-tk-rebut-bekal-temannya-lalu-diinjak-injak
Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8625
Syah, I., & Anjani, N. (2022). Metode Penanaman Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mantup Lamongan. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 206-221. https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/1096
Wahyuni, Y. (2021). Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 240–259. https://doi.org/10.15575/jpiu.12792
Wisudayanti, K. A. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Wadah Pembentuk Calon Pendidik Yang Berkarakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2312
Yuniarni, D. (2012). Character Education in Early Childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 129–138. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333
Zuriah, N. (2013). Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.