Pelatihan Parenting sebagai Upaya Pemberdayaan Pengelola SPS di CLC Kinabalu

Author


Puji Yanti Fauziah(1), Adin Ariyanti Dewi(2Mail), Tristanti Tristanti(3),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 361KB]

Published : 2023-10-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 133 times PDF Downloaded: 65 times

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi anak khususnya anak usia dini. Hal ini membutuhkan dukungan dari peran orang tua dan lembaga pendidikan untuk mengoptimalkannya. Akan tetapi masih ada beberapa kasus terkait belum adanya kolaborasi antara lembaga dengan orang tua untuk saling mendidik anak. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelatihan dan pendampingan kegiatan parenting yang dilakukan kepada pengelola SPS sebagai upaya pemberdayaan pengelola CLC. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method yang merupakan gabungan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Pemilihan sample menggunakan teknik porposive sampling yaitu merupakan teknik pengumpulan data kuantitaif menggunakan aplikasi google form yang disebar secara online kepada 50 orang responden melalui aplikasi whatsapp group. Selanjutnya peneliti mengambil data kualitatif dengan melakukan wawancara melalui aplikasi whatsapp kepada 5 orang responden yang telah dipilih untuk mewakili populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya pelatihan parenting telah mampu meningkatkan peran pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan lembaga SPS, yakni antara lembaga SPS dan orang tua bersama-sama membangun hubungan yang lebih dekat untuk saling bekerjasama mendidik anak.


Keywords


pemberdayaan pengelola sps; clc; pelatihan parenting

References


Daftar Pustaka

Aboud, F. E., & Akhter, S. (2011). A Cluster-Randomized Evaluation of a Responsive Stimulation and Feeding Intervention in Bangladesh. Pediatrics, 127(5), 1191–1197. https://doi.org/https://doi.org/10.1542/peds.2010-2160

Aboud, F. E., Singla, D. R., Nahil, M. I., & Borisova, I. (2013). Effectiveness of a parenting program in Bangladesh to address early childhood health, growth and development. Social Science & Medicine, 97, 250–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.socscimed.2013.06.020

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Anastasia Christie, D. (2016). Upaya Indonesia Dalam Menangani Pendidikan Anak Tenaga Kerja Indonesia Di Sabah Malaysia. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 4(4), 1161–1176. http://www.antarakl.com

Brooks, G. (2016). What works for children and young people with literacy difficulties? (Fifth edition). Published by the Dyslexia-SpLD Trust.

Depnakertrans. (2001). AKTA Perburuhan pada tahun 2001 tentang TKI.

Dewi, A. A. (2018). Regenerasi Proses Belajar Kreativitas Melalui Manjing (Studi Fenomenologi Pengenalan Usaha dan Manajemen Pemasaran Pengrajin Marmer di Desa Gamping Kabupaten Tulungagung). Universitas Negeri Malang

Dishion, T. J., Brennan, L. M., & Shaw, D. S. (2013). Prevention of Problem Behavior Through Annual Family Check-Ups in Early Childhood: Intervention Effects From Home to Early Elementary School. J Abnorm Child Psychol, 42, 343–354. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10802-013-9768-2

Fauziah, P. Y., Izzaty, R. E., & Kusumawardani, E. (2022). Child Nurture and Learning Assistance for Children in The Family During the Covid -19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2258–2265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1809

John W. Santrock. (2017). LIFE-SPAN Development (13th ed.). In McGraw-Hill, 91(2).

Kemendikbud. (2001). Akta Pendidikan tahun 2001 tentang Persyaratan Sekolah.

Kemendikbud. (2019). Data Pendidik di CLC Serawak. Kemendikbud.Go.Id.

Kemenlu. (2016). Upaya Pemerintah dalam Merintis CLC. Kemenlu.Go.Id.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan bahasa pada Anak. Kencana.

Migrantcare. (2019). Data Pekerja Buruh di Luar Negeri Tahun 2019. Migrantcare.Net.

Miles, M. B., Huberman, A Michael, & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition.

Nahar, B., Hossain, M. I., Hamadani, J. D., Ahmed, T., & Huda, S. N. (2012). Effects of a community-based approach of food and psychosocial stimulation on growth and development of severely malnourished children in Bangladesh: a randomised trial. European Journal of Clinical Nutrition (EJCN), 66, 701–709. https://doi.org/https://doi.org/10.1038/ejcn.2012.13

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Shaw, D. S., Dishion, T. J., Connell, A. M., Wilson, M. N., & Gardner, F. (2009). Improvements in maternal depression as a mediator of intervention effects on early child problem behavior. Development and Psychopathology, 21, 417–439. https://doi.org/10.1017/S0954579409000236

Sinta, T., Fauziah, P., & Kusumawardani, E. (2019). The Concept of Innovation Classes Through The Parent Partnership Model at School. Journal of Nonformal Education , 2, 189–196. https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.18432

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Dewi, A. A. (2021). Study on Needs Analysis of Family Multiliteracy Competence from Program Keluarga Harapan. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v6i2.9976

Tribunnews. (2020). Data Migran Care menurut Kementerian Dalam Negeri. Tribunnews.Com.

Vazir, S., Engle, P., & Balakrishna, N. (2013). Cluster-randomized trial on complementary and responsive feeding education to caregivers found improved dietary intake, growth and development among rural Indian toddlers. Maternal & Child Nutrition, 9, 99–117. https://doi.org/10.1111/j.1740-8709.2012.00413.x

Yousafzai, A. K., Rasheed, M. A., Rizvi, A., Armstrong, R., & Bhutta, Z. A. (2014). Effect of integrated responsive stimulation and nutrition interventions in the Lady Health Worker programme in Pakistan on child development, growth, and health outcomes: a cluster-randomised factorial effectiveness trial. The Lancet, 384(9950), 1282–1293. https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736%2814%2960455-4/fulltext


Refbacks

  • There are currently no refbacks.